1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. BACKPACKER

1001 Cerita di Tempat Wisata Kuliner Cianjur

Penulis : civopras

26 Januari 2018 10:22

Cianjur kini menjadi kiblat pemberdayaan petani di Indonesia.

Planet Merdeka - Pernah dengar daerah penghasil beras terbesar di Indonesia? Benar, jawabannya adalah Kabupaten Cianjur. Dilihat dari topografi-nya Cianjur memang terletak di dataran tinggi yang subur dimana hasil pertanian cukup melimpah di daerah ini. Sementara mayoritas penduduk dengan mata pencaharian sebagai petani, kini Cianjur menjadi kiblat pemberdayaan petani di Indonesia.

Selain hasil bumi yang melimpah, potensi alam di Cianjur sebagian besar telah dieksplorasi menjadi tempat wisata yang telah dikenal banyak orang. Gunung Gede Pangrango, Kebun Raya Cibodas, Danau Leuwi Soro, Pantai Sereg, pantai Jayanti, Curug Citambur, Curug Cikondang adalah tempat wisata alam yang melengkapi popularitas Cianjur di mata dunia. Ini sekaligus membuktikan bahwa destinasi wisata di Jawa Barat bukan hanya Bandung dan Bogor, namun Cianjur juga layak disejajarkan dengan dua kota tersebut.

Tempat Wisata Kuliner di Cianjur Paling Populer

Cianjur tidak hanya kaya hasil pertanian dan tempat wisata namun kota ini juga terkenal dengan kulinernya yang beragam. Begitu masuk daerah ini kita akan disambut jagung bakar lezat aneka rasa untuk menemani perjalanan wisata kita. Tentu saja tidak hanya itu, masih banyak tempat wisata kuliner di Cianjur paling populer yang harus kita singgahi.

RM “Sate Shinta” dan Kedai “Maranggi Pacet”

Dilihat dari namanya, kuliner unggulan di rumah makan ini adalah sate. Memang benar disini menyediakan sate kambing dan sate ayam yang konon paling lezat di Cianjur. Menu ini biasanya disajikan dengan nasi putih hangat khas Cianjur lengkap dengan karedok dan Ca Kangkung. Tentunya sajian mengenyangkan ini mampu memulihkan stamina setelah seharian melakukan perjalanan.

Selain RM “Sate Shinta” ada lagi warung kuliner bernama “Maranggi Pacet”. Tempat makan ini berupa kedai sederhana yang buka mulai pagi hingga lepas Maghrib. Sama seperti rumah makan sebelumnya disini juga menyediakan menu sate. Bedanya, disini menyediakan Sate Sapi Maranggi Khas Cianjur, bukan sate kambing atau sate ayam pada umumnya. Untuk melengkapi sajian sate kita bisa memilih nasi uduk atau kuliner lain seperti Ketan Bakar kenyal yang rasanya gurih.

Informasi selengkapnya disini ...


http://www.surgawisata.id
  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : civopras

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya