1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. BACKPACKER
Eksotisme Wisata Pantai Watu Karung di Pacitan

Penulis : Bella Julianti

28 Desember 2018 10:48

Wisata Pantai Watu Karung Pacitan

erbicara mengenai Pacitan, Jawa Timur orang akan otomatis teringat dengan Goa Gong sebagai salah satu objek wisata kenamaan di tempat ini.

Padahal, bila kita gali lebih dalam ada banyak objek wisata di Pacitan yang tak kalah menarik dan menawarkan sejumlah pemandangan yang menakjubkan. Salah satunya adalah wisata pantai di Pacitan.

Ya, wisata pantai di Pacitan memang cukup terkenal. Deretan pantai asri dengan pemandangan yang eksotis ditambah hamparan pasir yang lembut menjadi daya tarik orang banyak untuk bisa mengunjungi pantai di Pacitan.

Salah satu pantai yang dikenal dengan pemandangannya yang aduhai adalah wisata Pantai Watu Karung. Yang unik dari Pantai Watu Karung adalah ombaknya yang besar bahkan kualitas ombak di Pantai ini disebut-sebut sekelas dunia.

Maka dari itu, tak heran bila anda akan dengan mudah menjumpai turis asing yang juga ikut menikmati keindahan Pantai Watu Karung. Terletak di Desa Watukarung, yang ada di Kecamatan Pringkulu di Kabupaten Pacitan, di Jawa Timur, posisi dari Pantai Watu Karung menghadap langsung ke Samudera Hindia. Oleh karenanya, tidak heran bila ombak di pantai ini terbilang cukup besar.

Ombak di Pantai Watu Karung


Tercatat ombak di Pantai Watu Karung kurang lebih bisa mencapai ketinggian hingga 4 meter dengan tipe ombak reef break. Tipikal ombak ini amat di sukai oleh para peselancar.

Bahkan pada tahun 2009 lalu, seorang peselancar top dari Indonesia bernama Rizal Tanjung sampai mengundang Bruce Irons, seorang juara Rip Curl Pro Search di tahun 2008 untuk menjajal dan membuktikan kualitas ombak di Pantai Watu Karung.

Dari sana pulalah, Pantai Watu Karung kini semakin tersohor dengan kualitas ombak dunia. Sehingga menjadi spot terbaik untuk para peselancar bermain di pantai ini. Bahkan salah satunya, menjadikan foto seorang juara selancar dunia terpajang di sampul majalah Waves.

Wilayah Pantai Watu Karung


Selain dikenal karena pemandangan dan kualitas ombaknya yang juara. Pantai Watu Karung pun sebenarnya terbagi ke dalam beberapa bagian pantai yang bisa anda kunjungi bersama dengan keluarga.

Pantai di bagian Barat adalah pantai yang cocok untuk pada pelancong yang senang bermain air dan sekedar menikmati pasir di pantai ini. Sementara waktu terbaik untuk menikmati pantai Barat di Pantai Watu Karung adalah pada saat sore hari. Sebab pada saat ini air laut sedang surut dan meninggalkan pemandangan karang yang indah dan mempesona.

Di bagian pantai pun terdapat bagian yang dikenal sebagai Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Tempat ini merupakan tempat transaksi jual beli ikan yang biasa dilakukan oleh para nelayan setempat. Anda yang tertarik untuk berburu aneka hasil tangkapan laut yang segar maka anda pun bisa mampir ke tempat ini. Selain ikan yang didapat segar, tentunya di tempat pelelangan ikan harganya akan jauh lebih murah.

Harga Tiket dan Alamat Pantai Watu Karung


Untuk bisa sampai ke Pantai Watu karung anda bisa mengakses alamat berikut ini, Ketro, Watukarung, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552.

Adapun harga masuk ke tempat ini cukup murah yakni sekitar Rp. 2.000 untuk anak-anak dan Rp. 3.000 untuk orang dewasa. Harga tersebut adalah harga untuk hari-hari biasa sementara untuk hari libur atau akhir pekan biasanya harganya lebih mahal. Untuk itu, anda perlu mempersiapkan sebesar Rp. 5.000 untuk berjaga-jaga.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : bella-julianti

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam