1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. BACKPACKER
Menelusuri Pemandangan Menakjubkan di Gua Gong Pacitan

Penulis : Bella Julianti

31 Desember 2018 10:54

Wisata Goa Gong di Pacitan Lengkap dengan Ulasan

Lagi-lagi, Pacitan terkenal dengan objek wisatanya yang menarik. Selain barisan pantai dan Gunung Bromo yang menjadi salah satu ikon di Jawa Timur, rupanya di Pacitan pun ada banyak destinasi wisata yang bisa di kunjungi.

Adalah Gua Gong, sebuah gua kapur bawah tanah di Pacitan yang diberkahi dengan keindahan menakjubkan untuk dinikmati. Banyak orang tertarik untuk mengunjungi objek wisata Gong Pacitan yang merupakan sebuah gua ini di Jawa Timur.

Bahkan saking terkenalnya, Gua Gong sudah tersohor sampai ke Asian Tenggara. Tidak sedikit turis luar yang akan anda jumpai bila mengunjungi tempat yang satu ini.

Dinamakan Gua Gong dikarenakan gua kapur yang satu ini dapat mengeluarkan suara seperti sebuah alat musik tradisional gong ketika batuan di sekitarnya di pukul atau di tabuh.

Bukan hanya unik, pemandangan yang ada di Gua Gong pun menjadi menawarkan sebuah pengalaman yang tak biasa yang mungkin tidak pernah anda rasakan sebelumnya.

Karena popularitas Gua Gong yang semakin hari semakin naik daun, pemerintah setempat sampai membangun akses jalan yang dilengkapi dengan pegangan. Sehingga jalan ini akan lebih memudahkan para pengunjung ketika menyusuri keindahan di dalam gua secara keseluruhan.

Waktu yang Dibutuhkan Untuk Menelusuri Gua Gong


Menurut data kedalaman Goa Gong mencapai 256 meter dan untuk pengunjung bisa menelurusuri gua dibutuhkan waktu setidaknya 2 jam. Durasi perjalanan yang cukup lama ini akan tentu memberikan anda kepuasan ketika berkunjung menikmati keindahan bawah tanah yang satu ini.

Hanya saja, untuk menjaga keamanan anda sewaktu berjalan menelurusi area goa sebaiknya bawa penerangan tambahan. Agar anda bisa lebih leluasa menikmati keindahan yang ada di sekitarnya.

Biasanya, ada fasilitas sewa senter yang akan menghampiri anda ketika anda hendak masuk ke dalam pelataran gua. Nah, tidak ada salahnya menggunakan fasilitas berbayar ini sebab manfaatnya akan sangat membantu anda. Selain itu, harga sewanya pun tidaklah terlalu mahal.

Harga Tiket ke Gua Gong


Selain beberapa hal diatas yang perlu diperhatikan dengan baik. Anda pun akan tentu penasaran berapa sih biaya yang harus di keluarkan untuk bisa masuk ke dalam goa dan menikmati keindahan alam yang ada di dalamnya.

Harga tiket masuk ke dalam Goa Gong dihargai sebesar Rp. 5.000 untuk satu orang. Namun demikian, harga tersebut hanyalah untuk tiket saja belum termasuk retribusi parkir, sewa penerangan tambahan dan perlengkapan lainnya.

Jadi mungkin untuk anda yang ingin menikmati perjalanan menelusuri goa dengan nyaman. Maka siapkanlah budget sebesar Rp. 15.000 sampai dengan Rp. 20.000.

Keindahan di Dalam Gua Gong


Dengan harga terjangkau yang anda bayar untuk bisa sampai ke dalam Goa Gong sebenarnya terlalu murah untuk pemandangan sekelas megah nan langka seperti yang akan anda temui di dalam goa. Bahkan pada saat pertama kali memasuki pelataran goa anda akan di sambut dengan formasi stalaktit dan stalakmit yang begitu mempesona.

Dibantu dengan penerangan yang memadaiĀ  anda akan dapat masuk lebih dalam menyusuri goa sepanjang 256 meter. Perjalanan yang dihabiskan sepanjang ini dibutuhkan waktu selama 2 jam dengan ujung lorong anda akan menemukan alasan kenapa gua ini disebut-sebut sebagai gua terindah di Asia Tenggara.

Bawa pula serta keluarga dan kerabat bila anda mampir ke tempat ini karena tentunya berekreasi bersama dengan keluarga akan lebih menyenangkan.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : bella-julianti

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam