1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. GADGET
5 Fitur Tersembunyi Xiaomi Redmi 5 yang Jarang Diketahui Penggunanya

Penulis : Rini Anggraeni

27 Februari 2019 17:20

5 Fitur Tersembunyi yang ada di Xiaomi Redmi 5

Xiaomi Redmi 5 merupakan salah satu smartphone besutan Xiaomi yang disebut-sebut sebagai "perusak harga pasar". Pasalnya, smartphone besutan perusahaan asal Tiongkok ini hadir dengan jeroan yang gahar, namun dijual dengan harga yang murah.

Tak hanya pada sektor hardware saja, Xiaomi juga menyematkan beragam fitur menarik yang dapat membuat pengguna menjadi lebih profuktif. Akan tetapi fitur-fitur tersebut jarang digunakan oleh para penggunanya, sebagian besar dari mereka tidak menyadari keberadaan fitur-fitur tersebut.

Oleh karena itu, kali ini saya akan mengulas beberapa fitur tersembunyi yang jarang diketahui oleh penggunanya. Berikut ini ulasannya:

1. Memindahkan Beberapa Aplikasi Sekaligus


Hampir sebagian besar pengguna smartphone tentunya sudah pernah menata susunan aplikasi yang ada di layar beranda, umumnya kita menyusun aplikasi-aplikasi tersebut satu per satu. Tentu saja semakin banyak aplikasi, maka akan semakin lama pula proses penyusunannya.

Nah di Xiaomi Redmi 5 Anda bisa memindahkan beberapa aplikasi sekaligus, tanpa harus memindahkannya satu per satu. Anda hanya tinggal menekan tombol recent apps beberapa saat, pilih semua aplikasi yang ingin disusun atau di masukkan ke dalam folder, dan seret aplikasi tersebut ke tempat yang sesuai dengan keinginan Anda.

2. Buka Kamera dengan Tombol atau Gestur


Jika Anda suka mengambil gambar menggunakan kamera smartphone secara tiba-tiba, atau Anda sering menemukan momen langa dan ingin mengabadikannya dalam waktu yang cepat tanpa harus membuka kunci layar smartphone fitur ini wajib untuk diaktifkan.

Dengan menggunakan fitur ini, kamera smartphone bisa langsung diluncurkan hanya dengan menekan tombol tertentu atau dengan gerakan isyarat. Anda bisa mengaktifkan fitur ini melalui Additional settings > Button and gesture shorcutes > Launch camera, lalu pilih salah satu opsi yang sesuai dengan keinginan Anda.

3. Blokir Panggilan yang Mengganggu


Sering mendapatkan panggilan masuk "mama minta pulsa" atau risih dengan telpon mantan yang suka ngajak balikan? Jika Anda menggunakan Xiaomi Redmi 5, Anda tak perlu khawatir, karena smartphone tersebut sudah dibekali dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan nomor telepon tertentu ke daftar hitam.

Dengan mengaktifkan fitur ini, nomor telepon yang Anda masukkan ke daftar hitam tidak akan masuk dan mengganggu lagi. Anda bisa mengaktifkan fitur melalui aplikasi telepon, kemudian tap dan tahan pada nomor telepon yang ingin diblokir, setelah itu pilih opsi Blokir.

4. Buka Kunci Layar dengan Face Unlock


Fitur Face Unlock menjadi salah satu fitur yang diunggulakan pada Xiaomi Redmi 5, tentu sangat disayangkan jika Anda tidak mengaktifkan fitur keren yang satu ini. Dengan menggunakan Face Unlock, Anda tak perlu ribet mengetik sandi atau pola, hanya dengan menunjukkan wajah pada kamera depan saja kunci layar akan otomatis terkunci.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda bisa mengaktifkannya di menu Settings > Lock screen & password > Add Face Data, lalu daftarkan wajah Anda supaya ketika Anda berhadapan dengan kamera depan Xiaomi Redmi 5 kunci layar akan otomatis terbuka.

5. Lebih Mudah Menavigasi dengan Quick Ball


Fitur ini sangat cocok diaktifkan jika tangan Anda punya ukuran yang kecil dan sulit untuk menavigasi smartphone Xiaomi Redmi 5 yang dihadir dengan layar yang cukup luas. Kalau Anda pernah menggunakan iPhone pasti sudah tak asing lagi dengan fitur ini.

Dengan mengaktifkan fitur Qick Ball, tombol kembali dan beberapa menu yang lainnya bisa diakses melalui tombol melayang yang bisa dipindahkan ke bagian sisi smartphone. Untuk mengaktifkan fitur ini buka menu Settings > Additional settings > Qick ball > Turn on Quick ball.

Itulah beberapa fitur yang jarang diketahui oleh para pengguna smartphone Xiaomi Redmi 5, padahal fitur-fitur tersebut bisa membuat kita menjadi lebih produktif ketika menggunakan smartphone.

Sebetulnya masih ada beberapa fitur keren lainnya, salah satunya adalah pengganda aplikasi. Dengan menggunakan fitur ini, tentunya Anda tidak perlu mengunduh aplikasi ganda pihak ketiga. Sudahkah Anda mengaktifkan fitur-fitur tersebut?

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : rini-anggraeni

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam