1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. GADGET
Cara Melindungi Keamanan Smartphone yang Perlu Anda Ketahui

Penulis : Redaksi Harian

15 April 2021 16:20

Di era tehnologi digital ini smarthone sudah jadi sisi di kehidupan seorang. Bagus untuk mendukung keproduktifan kerja atau sebagai alat berkomunikasi dan selingan. Demikian jumlahnya pendayagunaan handphone di kehidupan setiap hari membuat ponsel berisi sebagian besar data personal dan beberapa hal bernilai.

Dimulai dari photo ke permainan, dari contact ke musik, dan lain-lain. Sebagai berita teknologi terbaru kami akan memberi cara-cara untuk mengecek keamanan handphone secara reguler untuk diaplikasikan di ponsel pintar Android dengan teratur.

1. Periksa Aplikasi

Telusuri dengan jeli dan selekasnya meniadakan apa saja aplikasi yang tidak dipakai. Cara ini berguna untuk kosongkan ruangan pada ponsel pintar Anda dan tingkatkan performa. Ini karena memory tidak bekerja dengan maksimal pada kemampuan yang penuh.

Selain itu periode gunakan baterei bisa juga dinaikkan bila beberapa aplikasi yang tidak terpakai dihapus. Tentunya, Anda tidak jadi sasaran prospektif untuk mata-mata dan maling, bila ada aplikasi yang mempunyai potensi beresiko di ponsel Anda.

Bahkan juga program yang syah sekalinya menjadi sumber infeksi bila diretas, atau bila pengembangnya tanpa sadar memakai elemen beresiko dalam code aplikasi. Makin berkurang aplikasi memiliki arti makin kecil kesempatan berlangsungnya kejadian keamanan.

2. Periksa Izin Aplikasi

Sebagai ketentuan khusus, tidak boleh membagi hak yang tak perlu saat menempatkan aplikasi baru. Makin banyak ijin yang dipunyai aplikasi, makin beberapa hal yang bisa dilaksanakan pada piranti Anda. Terutamanya, makin banyak data personal yang bisa dihimpun.

Maka cuman beri ijin tiap aplikasi seminimal kemungkinan untuk operasionalisasi dan keramahan pemakai. Beri perhatian khusus pada ijin yang berkaitan dengan aplikasi admin piranti (piranti admin apps) dan aksesbilitas. Beri ijin cuman bila Anda memercayai aplikasi itu 100%.

Satu kali lagi, jangan sampai takut untuk mengambil ijin. Bila Anda mengambil ijin dan aplikasi stop berperan secara baik atau beberapa feature raib, Anda selalu bisa menerbitkannya kembali.

3. Pembaruan

Pembaruan penting karena bisa membenahi liabilitas, yang memiliki arti sanggup membuat perlindungan Anda dari gempuran. Aplikasi dari Google Play biasanya diperbaharui secara automatis, tetapi untuk pastikan, Anda bisa berkunjung langsung dan mengambil versus terkini.

Bila mengambil suatu hal yang tidak dari toko sah, Anda akan bertanggungjawab untuk mencari penyempurnaan lewat cara manual. Penyempurnaan untuk mekanisme Android ialah hal berlainan.

Dengan mengecek penyempurnaan dengan manual, Anda dapat memperolehnya saat sebelum ponsel pintar menginstal sepanjang penyempurnaan automatis selanjutnya. Itu memiliki arti pelindungan awal pada bahaya prospektif.

4. Pindai dengan Antivirus

Google Play mempunyai antivirusnya sendiri yakni Google Play Proteksi, yang mengecek aplikasi yang bakal diupload ke toko sah. Dalam kata lain, bila Anda mengambil aplikasi dari toko sah, kemungkinan aplikasi itu aman.

Tapi bila Anda memasang aplikasi dari toko lain atau mengambilnya ke ponsel pintar dengan manual sebagai file APK, tidak ada agunan jika aplikasi itu aman. Karena itu dianjurkan untuk scan content ponsel pintar secara periodik dengan utilitas antivirus mobile.

5. Periksa Kebocoran Data

Perangkat Android kemungkinan simpan banyak info individu, dari photo sampai aplikasi media sosial dengan semua pembicaraan yang Anda punyai. Dan, sayang, kebocoran data jadi lebih umum. Info mengenai kebocoran sekarang banyak ada.

Dalam beberapa kasus, perusahaan memberitahu konsumen setia mereka. Tetapi, sejumlah besar kasus kebocoran berasal perusahaan dan service yang tidak Anda kenali atau pakai. Untuk meminimalisir hal yang tak perlu.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : redaksiharian

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya