1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. GADGET
Cara Membuat Nada Dering WhatsApp dengan FreeTTS

Penulis : SEO

10 April 2021 11:48

Planet Merdeka - Hampir semua orang saat ini mengandalkan aplikasi WhatsApp sebagai media komunikasi. Sebagai salah satu platform instant messaging terpopuler yang digunakan hampir semua orang, tentu terkadang kamu ingin memiliki nada dering ucapan unik yang berbeda dari yang lain. Untuk mewujudkan hal tersebut, freeTTS sebagai aplikasi yang dapat mengubah tulisan menjadi suara dalam format mp3 dapat membantu kamu membuat nada dering ucapan yang unik dan berbeda dari nada dering WA orang lain.

Mengenal freeTTS Text to Speech Multi-Bahasa
Sebenarnya, FreeTTS.com nada dering whatsapp  tidak hanya dapat membaca bahasa Indonesia saja, melainkan bahasa populer alinnya seperti Inggris, China, Rusia, bahkan Arab serta Spanyol. Bahkan, untuk setiap bahasa, Free TTS menawarkan beragam gaya bicara yang berbeda-beda. Sebagai contoh, untuk bahasa Indonesia sendiri, ada 3 pilihan voice style yang bisa kamu pilih termasuk suara berdasarkan gender orangnya:
* id-ID-Standard-A (Suara wanita)
* id-ID-Standard-B (Suara pria dengan baca cepat)
* id-ID-Standard-C (Suara pria dengan baca normal)

Keunggulan lainnya dari freTTS.com ini adalah platform yang disediakan secara gratis bahkan hingga 6000 karakter setiap minggunya. Selain itu, file audio dari suara yang dihasilkan juga otomatis dapat kamu download dalam format mp3 sehingga dapat diputar di beragam device termasuk laptop, pc maupun ponsel.

Cara Membuat Nada dering dengan freeTTS

Tidak sulit untuk dapat membuat nada dering WhatsApp menggunakan freeTTS. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah siapkan teks atau tulisan yang hendak diubah menjadi suara untuk dipasang menjadi nada dering nantinya. Jika kamu belum memiliki teks tersebut, berikut contoh teks yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi:

Setelah kamu sudah memiliki tuulisan sendiri, silakan ikuti tutorial berikut untuk membuat nada dering versi kamu sendiri dengan bantuan freeTTS.com:

1. Buka situs freetts.com lalu klik tombol Start text to speech free yang ada di tengah halaman tersebut.

2. Salin dan tempel atau ketik langsung teks yang ingin kamu buat menjadi suara nada dering pada kolom putih yang tersedia.

3. Pilih bahasa dari tulisan yang kamu masukkan, jika kamu memasukkan bahasa Indonesia, pilih opsi Indonesian lalu pilih gaya bahasa sesuai deksripsi yang sudah kami jelaskan diatas.

4. Klik Convert lalu tunggu hingga tulisan kamu dikonversi menjadi Audio. Tekan tombol play setelah muncul MP3 player dibagian bawah kolom untuk mendengarkan suara yang dihasilkan.

5. Tekan Download untuk mengunduh suara dalam format mp3 dan simpan ke dalam folder tertentu. Ingat-ingat dimana Anda menyimpannya karena nanti file tersebut akan digunakan sebagai nada dering atau notifikasi di aplikasi WhatsApp.

6. Langkah selanjutnya, pindahkan file mp3 tersebut ke dalam ponsel Anda lalu tambahkan sebagai ringtone dengan cara masuk ke Settings > Ringtone > Klik Icon + > Pilih File mp3 lalu klik Done seperti panduan gambar dibawah ini.

7. Setelahnya, kamu tinggal mengatur file mp3 tersebut sebagai nada dering atau notifikasi WA masuk di aplikasi WhatsApp. Pertama, buka aplikasi WhatsApp, lalu klik titik tiga (pengaturan) yang ada di pojok kanan atas aplikasi WA.

8. Pilih menu Notifications > Notification tone > Pilih nama mp3 yang tadi sudah kamu simpan ke dalam ponsel seperti gambar dibawah ini. Setelahnya, kamu sudah berhasil mengganti nada dering WhatsApp menggunakan suara Google atau suara robot yang dihasilkan tools text-to-speech freeTTS.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : seo

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya