1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. GADGET
Kelebihan HTML5 untuk Perkembangan Teknologi

Penulis : Jan Oky

31 Maret 2017 05:04

HTML5 dapat membantu perusahaan Anda menciptakan situs web yang sangat dinamis

Situs web yang ada saat ini sudah menggunakan bahasa markah HTML5. Ini adalah versi kelima dan merupakan versi yang sudah stabil. Sebelumnya, situs web menggunakan teknologi HTML4 yang masih memiliki fitur sangat minim dan standar. HTML5 dikembangkan karena tulisan atau konten yang statis tidak lagi menarik, dan konten harus lebih interaktif dan dinamis. Dengan adanya HTML5 ini, Anda dapat menikmati dukungan terhadap berbagai teknologi multimedia terkini. Secara garis besar, Anda dapat menjadikan situs web lebih hidup! Lalu, apa saja fitur HTML5 untuk teknologi saat ini?

Situs web untuk bisnis

Saat ini sudah semakin banyak perusahaan yang memiliki situs web sendiri. Tentu, sebagai perusahaan, Anda tidak mau sekadar menyajikan konten sederhana yang hanya berisi teks informasi dan gambar saja. Situs web adalah representasi dari perusahaan itu sendiri. HTML5 dapat membantu perusahaan Anda menciptakan situs web yang sangat dinamis. Kelebihan pertama adalah satu set kode dapat digunakan pada berbagai macam perangkat sehingga pemeliharaan dan pengembangan lebih lanjut dapat lebih terukur dan terarah. Biaya pemeliharaan akan sangat terjangkau karena tidak perlu menggunakan berbagai macam kode berbeda untuk semua perangkat yang dimiliki. Waktu pengembangan pun akan lebih singkat karena tidak perlu menulis ulang berbagai set kode.

Kelebihan kedua yaitu dukungan penyimpanan berkas sehingga halaman situs web dapat diakses tanpa koneksi internet. Diperlukan konfigurasi terlebih dahulu untuk menentukan halaman mana saja yang ingin disimpan. Setelah konfigurasi dilakukan, pengguna yang mengakses halaman tersebut akan mengunduh cache aplikasi yang akan disimpan dalam memori dan akan diunggah ketika mengakses situs web tanpa internet. Hal tersebut tentu akan sangat memudahkan pelanggan potensial ataupun pelanggan tetap yang ingin mengetahui lebih banyak tentang perusahaan atau produk ketika sedang berada di daerah tanpa internet.

Kelebihan ketiga adalah dukungan lokasi. Pemilik situs web dapat mengaktifkan akses untuk menanyakan lokasi pengguna. Setelah pengguna menyetujuinya, lokasi pengguna akan diketahui. Hal ini sangat berguna ketika suatu bisnis menyediakan jasa atau barang berbasis lokasi. Penyediaan layanan berbasis lokasi kini kian marak ditawarkan karena pengguna lebih menyukai layanan yang personal dan dapat diakses dengan cepat.

Kelebihan keempat adalah kemampuan untuk menyesuaikan tampilan situs web dan memberikan sesuatu yang dinamis. Hal ini sangat penting di mata pengguna karena tampilan yang sangat menarik tentu meningkatkan minat pelanggan untuk semakin berinteraksi dengan situs web. Tampilan situs web yang kurang menarik dan navigasi yang sulit dapat menjauhkan perusahaan dari calon pembeli.

Situs web untuk game online berbasis web

Game online berbasis web tidak ketinggalan zaman, dan malah terus berkembang dengan dukungan teknologi yang semakin maju. Awal mula teknologi game online berbasis web adalah Flash yang masih menampilkan gambar dan animasi 2D sederhana hingga saat ini yang sudah menggunakan teknologi WebGL yang dapat menampilkan gambar 3D nyata.

Apakah Anda pernah memainkan game seperti Wormate.io atau Agar.io? Kedua game tersebut adalah contoh game yang menggunakan teknologi berbasis HTML5. Saat ini penggunaan Flash pada situs game online sudah menurun drastis, dan sekarang sudah banyak game online HTML5 yang beredar. Salah satu kelebihannya adalah dukungan multiperangkat yang memungkinkan game berbasis HTML5 untuk dimainkan baik pada peramban desktop maupun smartphone, tetapi dengan catatan game tersebut juga diperuntukkan bagi smartphone. Game dengan kontrol menggunakan anak panah atau WASD pada papan ketik tidak dapat dimainkan pada peramban smartphone, kecuali memang memiliki opsi tambahan untuk dimainkan di smartphone, misalnya penggunaan anak panah diganti menjadi anak panah virtual pada layar.

Untuk game 3D dengan grafika intens, WebGL adalah teknologi tepat. WebGL memungkinkan penggunaan kartu video yang terdapat pada komputer untuk meningkatkan performa dan kualitas grafika yang ditampilkan. Beberapa game WebGL dapat disandingkan dengan game standalone yang harus dipasang pada perangkat komputer. Salah satu contoh game WebGL populer adalah Madalin Stunt Cars 2. Ini adalah game mobil yang memungkinkan Anda melakukan berbagai aksi menggunakan platform yang tersedia di arena.

Berbagai kombinasi kompleks pun terus dikembangkan oleh para developer game untuk menciptakan berbagai game menarik dan interaktif. Teknologi Realitas Maya pun sepertinya tidak lama lagi dapat dinikmati pada game online berbasis web karena teknologi ini sudah semakin populer untuk game standalone dan konten digital lainnya.

Ke depannya, teknologi pemrosesan bahasa pemrograman akan terus berkembang. Apa pun situs web yang ada, kemungkinan dapat terus menikmati perkembangan ini. Karena teknologi tidak pernah berhenti dan terus berkembang, kita harus jeli dan ikut serta dalam mengambil bagian di dalamnya.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : jan-oky

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya