1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. GADGET
Keunggulan Miliki Website Toko Online Pribadi Bagi Bisnis Lokal

Penulis : Rahmad

5 Desember 2018 21:57

Nilai pasar e-commerce di Indonesia pada tahun 2017 diperkirakan mencapai 8 miliar dollar AS

Planet Merdeka - Angka penjualan ritel online di Indonesia meroket pesat sejak tahun 2016. Menurut data dari McKinsey, nilai pasar e-commerce di Indonesia pada tahun 2017 diperkirakan mencapai 8 miliar dollar AS (119 triliun rupiah) dan akan menembus angka 65 miliar dollar AS (948 triliun rupiah) pada tahun 2022.

Hal ini disebabkan dari berbagai faktor, seperti jumlah populasi, tingkat penetrasi internet, dan kepemilikan ponsel pintar yang semakin tinggi, terutama di kota-kota metropolitan dari tahun ke tahun.

Di Indonesia terdapat sejumlah perusahaan e-commerce raksasa, penjualan online juga banyak disumbangkan oleh toko-toko online pribadi. Sekitar 38% (3 miliar dollar AS) penjualan tahun lalu berasal dari informal commerce yang didominasi oleh industri fashion dan apparel.

Tren ini semakin populer di kalangan penjual berkat tersedianya layanan e-commerce enabler seperti SIRCLO.

Salah satu pemilik bisnis yang mengikuti tren online store pribadi tersebut adalah Regina Rafika, yang merupakan pemilik label busana lokal ATS The Label.

Ia mengungkapkan beberapa alasan memilih SIRCLO Store untuk membantu bisnis lokal membangun online store pribadi untuk membangun situs bisnisnya.

“Melalui website sendiri, kami dapat mempresentasikan keunggulan brand dengan lebih kuat. Kami bisa memantau dan meningkatkan pengalaman setiap customer, melakukan kustomisasi seperti ukuran foto produk, komposisi peletakan, penambahan keranjang belanja, hingga pembayaran." jelas Regina

Regina juga menambahkan, saat ini dirinya fokus pada pengembangan produk dan desain inovatif, sehingga dirinya menyerahkan sistem penjualan sepenuhnya pada SIRCLO Store.

Ada beberapa keuntungan dari kepemilikan online store milik pribadi. Selain dari sisi branding bisa lebih kuat, penjual juga tidak perlu bersaing dengan ribuan toko lain dalam sebuah marketplace yang sama.

Pembeli yang mengunjungi situs toko online tertentu dapat merasakan keunikan dan keunggulan setiap produk, sehingga pada akhirnya menjadi lebih loyal terhadap brand tersebut. Lain halnya dengan marketplace, dimana pembeli cenderung melakukan perbandingan harga, kualitas, dan model produk dari satu lapak ke lapak lain - sehingga lebih mudah berpindah-pindah.

Di sisi lain, bagi Uma Hapsari, pendiri fashion accessories brand Amazara, mengungkapkan bahwa pengalaman pengguna merupakan prioritas utama.

“Kami mengembangkan situs penjualan mandiri karena memahami dan memaksimalkan pengalaman pengguna, mulai dari saat mereka berkunjung hingga menyelesaikan transaksi. Dari sana, kami mendapatkan data dan insight penting untuk digunakan sebagai acuan strategi pemasaran. Data inilah yang tidak bisa didapatkan dari marketplace, padahal sebagai pemilik brand, kami perlu memahami betul siapa pelanggan kami, dan apa yang paling mereka inginkan,” kata Uma.

Uma memilih untuk menggunakan SIRCLO Store karena dukungan teknis yang ditawarkan sangat paripurna, mulai dari template, back-end, hingga fitur unik seperti program membership, diskon, e-mail marketing, dan promosi.

“Sebelumnya, kami pernah menggunakan platform lain, namun website kami sempat down ketika kunjungan melonjak. Untungnya, disini juga menyediakan server pribadi yang kuat dan terjangkau untuk menghindari terulangnya hal tersebut,” lanjutnya.

2 dari 2 halaman
  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : rahmad

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam