1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. HOT NEWS
Babinsa Koramil 0815/14 Dlanggu Lakukan Pengamatan Hama Tanaman Jagung

Penulis : Anan Al-Karawangi

8 Oktober 2018 21:09

Babinsa Koramil Dlanggu Lakukan Pengamatan Hama Tanaman Jagung

Mojokerto, - Kodim 0815 Mojokerto  melalui Koramil jajarannya terus melaksanakan pendampingan ketahanan pangan di wilayah.  Kali ini Babinsa Koramil 0815/14 Dlanggu, Kopda I Kadek Warnata bersama petani melakukan kegiatan pengamatan hama tanaman jagung milik Saiful, Poktan Tani Jaya 2, Dusun Kasiyan Desa Pohkecik Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (08/10/2018).
 
Kegiatan pengamatan hama ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hama atau penyakit tanaman yang menyerang.  Bila sejak awal sudah diketahui jenis hama atau penyakit yang menyerang maupun luas kerusakan yang diakibatkan, maka dengan segera ditangani.
 
Menurut Kopda 1 Kadek Warnata, hama yang menyerang tanaman jagung biasanya ulat grayak, belalang, kumbang bubuk, lalat bibit, penggerek tongkol, penggerek batang dan kutu daun yang berakibat menurunnya hasil panen.  
 
“Selain hama tersebut, biasanya tanaman jagung diserang penyakit bulai yang disebabkan jamur. Bila tanaman jagung diserang bulai ditandai dengan adanya daun yang berwarna kuning keputih-putihan.  Tanaman jagung yang terkena penyakit bulai akan mengalami gangguan pertumbuhan, tanaman akan kerdil dan tidak akan berbuah,” terangnya.
 
Masih lanjutnya, hama atau penyakit tersebut dapat berpotensi menurunkan hasil panen bahkan bila dalam skala luas dan tidak tertangani bisa menggagalkan panen. “Untuk mengurangi resiko tersebut maka kami (Babinsa,-red) terjun langsung ke lapangan bersama petani melakukan pengamatan hama secara berkala.  Selain itu para petani atau Poktan harus sering konsultasi dengan PPL agar diperoleh informasi cara budidaya jagung dan pengendalian hama yang tepat sehingga produksi jagung meningkat,”tandasnya.
 
“Sesuai hasil pengamatan kali ini di lahan seluas 0,5 hektar milik Saiful yang ditanami jenis jagung Hibrida ADV 777, tidak terdapat adanya hama atau penyakit tanaman jagung yang menyerang, mudah mudahan kondisi ini bisa bertahan hingga masa panen tiba,” pungkas Babinsa.
 
Masih di wilayah binaan Koramil 0815/14 Dlanggu, kegiatan pendampingan juga dilakukan Babinsa Jrambe Kopka Robert Ndao berupa pengairan lahan dan perawatan tanaman jagung di lahan seluas 0,5 hektar yang ditanami jagung Hibrida ADV 777 milik Ngadiman, Poktan Tani Maju Makmur, Dusun Jrambe Desa Jrambe.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : anan-al-karawangi

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam