1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. HOT NEWS
Babinsa Koramil Gondang Kawal Distribusi Benih Jagung Di Tujuh Desa

Penulis : Anan Al-Karawangi

12 April 2019 19:01

Koramil 0815/18 Gondang Kawal Distribusi Benih Jagung

Mojokerto, - Koramil 0815/18 Gondang Kodim 0815 Mojokerto mengerahkan para Babinsa untuk melaksanakan pengawalan dan pendampingan pendistribusian benih jagung bantuan Distan Propinsi Jatim bagi kelompok tani di wilayah Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (11/04/2019) sore.

Pendistribusian benih jagung bantuan Distan Propinsi Jatim tersebut dilakukan Koordinator PPL Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Gondang, Hj. Muslikhah, SP beserta PPL dengan didampingi Babinsa Koramil 0815/18 Gondang Serka Suliadi beserta enam Babinsa lainnya.

Danramil 0815/18 Gondang Kapten Inf Wiyanto, mengatakan, sejumlah 3.050 kilogram benih jagung Super Hibrida BISI-228 didistribusikan bagi 10 kelompok tani tani yang mengelola lahan seluas 200 hektar yang tersebar di tujuh desa, dan setiap hektar lahan mendapat alokasi benih jagung sebanyak 15 kilogram.

“Tujuh desa tersebut, yaitu Desa Pugeran, Pohjejer, Centong, Padi, Jatidukuh, Wonoploso dan Desa Gondang. Pendistribusian benih bantuan tersebut diterimakan langsung ke masing-masing Ketua Poktan,” terang Danramil 0815/18 Gondang, Kapten Inf Wiyanto.

Pantauan di lapangan, untuk Poktan yang menerima bantuan benih jagung, yaitu Poktan Margo Tani Mulyo Desa Pugeran dengan volume 150 kilogram untuk lahan 10 hektar, Poktan Tani Utomo 1 Desa Pugeran dengan volume 225 kilogram untuk lahan 15 hektar, Poktan Tani Utomo 2 Desa Pugeran dengan volume 375 kilogram untuk luas 25 hektar.

Berikutnya, Poktan Bakti Tani Desa Pohjejer dengan volume 225 kilogram untuk lahan seluas 25 hektar, Poktan Telaga Sari volume 600 kilogram untuk lahan 40 hektar, Poktan Tlaten 1 Desa Centong volume 375 untuk lahan seluas 25 hektar, dan Poktan Dewi Sri Desa Padi, volume 300 kilogram untuk lahan seluas 20 hektar.

Sementara Poktan Sri Nganti Desa Jatidukuh, dengan volume 150 kilogram, untuk lahan seluas 10 hektar, Poktan Mulyosari Desa Wonoploso,volume 300 kilogram untuk lahan 20 hektar dan Poktan Klaten-2, volume 300 kilogram untuk lahan 20 hektar.

Koordinator PPL Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Gondang, Hj. Muslikhah, SP., saat menyerahkan benih jagung berpesan, agar para petani memanfaatkannya secara maksimal sehingga dapat meningkatkan produksi pangan yang sekaligus berdampak positif bagi pendapatan petani.

“Namun tentunya tidak hanya ketersediaan benih, karena untuk mendapatkan hasil yang optimal dibutuhkan beberap faktor, diantaranya, pengolahan lahan, jaringan irigasi, perawatan serta pemupukan yang tepat, baik waktu, jenis dan dosis,” ungkapnya.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : anan-al-karawangi

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam