1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. HOT NEWS
Bagaimana Ekonomi Indonesia Bila Dibandingkan dengan Negara Lain ?

Penulis : Samuel Estomi Situmorang

25 Agustus 2021 11:04

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia yang Pesat

Pandemi Covid-19 telah berlangsung selama lebih dari satu tahun yang tentu memberi dampak negatif terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara tak terkecuali Indonesia. Berbagai cara telah dilakukan dalam memulihkan perekonomian yang sempat memburuk sebagai dampak dari pandemi Covid-19 saat ini.

Berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), pada kuartal ke-II tahun 2021 ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat sebesar 7,07 persen (yoy), yang sebelumnya pada kuartal ke-II tahun 2020 berada di angka -5,32 persen (yoy).

Hal ini menandakan bahwa Indonesia berhasil lepas dari zona resesi di tengah lonjakan kasus Covid-19 yang masih merebak hingga saat ini. Pertumbuhan ekonomi ini didukung oleh meningkatnya konsumsi masyarakat di masa pandemi saat ini. Apabila dilihat dari sisi produksi, lapangan usaha transportasi dan pergudangan mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 25,10 persen.

Pertumbuhan (yoy) triwulan II-2021 terjadi di semua kelompok pulau. Hal ini dapat dilihat pada kelompok provinsi di Pulau Jawa, memberikan  kontribusi sebesar 57,92 persen, dan pertumbuhan (yoy) sebesar 7,88 persen. Pulau Sumatera memberikan kontribusi sebesar 21,73 persen, dan pertumbuhan (yoy) sebesar 5,27 persen. Pulau Kalimantan memberikan kontribusi sebesar 8,21 persen, dan pertumbuhan (yoy) sebesar 6,28 persen. Pulau Sulawesi memberikan kontribusi sebesar 6,88 persen, dan pertumbuhan (yoy) sebesar 8,51 persen. Bali dan Nusa Tenggara memberikan kontribusi sebesar 2,85 persen, dan pertumbuhan (yoy) sebesar 3,70 persen. Sedangkan, Maluku dan Papua memberikan kontribusi sebesar 2,41 persen, dan pertumbuhan (yoy) sebesar 8,75 persen. (Sumber : Badan Pusat Statistik)

Baca Selanjutnya: Ekonomi Indonesia Bila Dibandingkan...

Halaman

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : estomi-situmorang

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya