1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. HOT NEWS
Cara agar Koneksi Internet Stabil saat Bermain Game Online PC tanpa Hambatan

Penulis : Ardiyansah

13 Oktober 2021 21:56

Cara agar Koneksi Internet Stabil saat Bermain Game Online

Menikmati permainan game online tentu tidak akan terasa lengkap jika koneksi internet tidak stabil. Dibutuhkan koneksi internet yang lancar agar gamer bisa merasakan sensasi permainan seutuhnya. Ada cara agar koneksi internet stabil saat bermain game online PC yang bisa dicoba. Kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai cara yang bisa dicoba untuk mendapatkan koneksi yang stabil.

Cara agar Koneksi Internet Stabil

Ada beberapa pilihan cara yang bisa dicoba untuk membuat koneksi internet stabil saat bermain game. Tentunya setiap solusi harus disesuaikan dengan penyebab ketidakstabilan internet itu sendiri. Berikut adalah beberapa cara agar koneksi internet stabil saat bermain game online PC:

  1. Tutup aplikasi lain yang menghambat akses koneksi untuk bermain game, seperti Youtube dan aplikasi browser
  2. Hindari pemakaian wifi karena biasanya lebih lambat daripada koneksi internet yang memakai kabel
  3. Jangan mengunduh aplikasi lain ketika bermain game karena akan memakan koneksi yang lebih banyak
  4. Gunakan provider yang tepat dan bisa menjamin stabilitas koneksi saat bermain game

Cara Menstabilkan Ping Game Online

Bagi gamer yang tidak menggunakan PC, melainkan memakai Android maka penting sekali untuk menstabilkan ping pada game online tersebut. Ping ini merupakan respon dari internet dengan game yang dimainkan.  Ada nilai standar ping yang akan membuat akses game menjadi lancar. Paling tidak nilai ping adalah 30-90 ms agar game bisa berjalan lancar. Jika nilai ping mencapai 100 ms atau lebih maka game akan lag.

Berikut adalah cara cepat agar ping game online stabil Android:

1. Gunakan Aplikasi Ping Game

Gamer bisa mencoba menstabilkan ping game dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi ping akan bekerja untuk menstabilkan koneksi internet. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  1. Pasang aplikasi Ping Game Mobile
  2. Buka aplikasinya lalu klik Start
  3. Tutup aplikasi dan biarkan berjalan di belakang

2. Ubah Tipe Koneksi

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah mengubah tipe koneksi internet yang dipakai. Ketidakstabilan koneksi bisa saja disebabkan oleh jenisnya yang tidak tepat. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  1. Buka setelah pada HP
  2. Pilih menu Kartu SIM
  3. Klik pengaturan jaringan
  4. Pilih tipe koneksi yang sesuai (disarankan memilih tipe 4G yang lebih stabil dibandingkan 3G)

3. Gunakan Aplikasi Ping Server

Gamer juga bisa mencoba memakai aplikasi ping server. Aplikasi ini akan mengirimkan data menuju server berulang kali dan bisa menyediakan stabilitas ping yang bagus untuk game online. Berikut langkah-langkah mudah yang bisa diikuti:

  • Install aplikasi Ping di smartphone
  • Klik tombol start pada menu Ping
  • Pilih close kemudian pindah ke background

Perlu dicatat bahwa menurut Situs Infokuota.com cara ini hanya untuk membuat ping stabil bukan untuk mempercepat koneksi internet. Metode Lainnya yang bisa dilakukan adalah mencoba memakai server lokal atau server Indonesia. Tentunya cara ini bisa dilakukan jika memang tersedia server lokal. Teorinya sudah, semakin jauh lokasi server maka akan sulit untuk mendapatkan stabilitas. Pilih server lokal paling stabil maka koneksi untuk bermain game juga akan stabil.

Itulah bagaimana cara agar koneksi internet stabil saat bermain game online PC serta cara agar ping game online stabil. Jika semuanya berjalan stabil maka game online bisa diakses dengan lancar. Gamer pun bisa menikmati game dengan keseruan optimal tanpa harus mengalami lag. Selamat mencoba semoga bermanfaat bagi para gamer!

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : ardiyansah

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya