1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. HOT NEWS
Detik-detik Peselancar Filipina Selamatkan Atlet Indonesia yang Nyaris Tenggelam Di Sea Games 2019

Penulis : Queen

7 Desember 2019 13:43

Peselancar Filipina selamatkan atlet Indonesia

Planet Merdeka - Gelaran SEA Games 2019 membawa cerita menyentuh dari cabang olahraga selancar. Publik dibuat kagum dengan aksi penyelamatan atlet Indonesia bernama Arip Nurhidayat oleh peselancar Filipina bernama Roger Casugay. Berkat diselamatkan Roger Casugay, Arip Nurhidayat yang sempat terhantam ombak akibat lepas dari papan seluncurnya bisa terselamatkan.

Peristiwa tersebut terjadi saat pertandingan SEA Games 2019 cabang selancar pada Jumat (6/12/2019). Momen tersebut disiarkan langsung melalui unggahan akun resmi SEA Games 2019 di Facebook.

2 dari 7 halaman

Tali Arip rusak

Dalam sebuah unggahan yang dibuat akun Jefferson Ganuelas, aksi Roger Casugay saat menyelamatkan Arip Nurhidayat tersebut menyita perhatian publik. Pertandingan selancar di SEA Games 2019 itu rupanya tak berjalan dengan lancar. Sebab, salah seorang atlet asal Indonesia, Arip Nurhidayat mengalami insiden. Tali pengikat pada papan selancar Arip Nurhidayat dikabarkan rusak. Alhasil, Arip Nurhidayat terlempar dan terjatuh ke laut.

Selama beberapa saat, Arip Nurhidayat terhantam ombak besar di laut Filipina. Mengetahui rekan sesama peselancarnya mengalami kecelakaan, atlet asal Filipina, Roger Casugay spontan berbalik arah.

Menuju ke arah Arip Nurhidayat, Roger Casugay langsung menyelamatkan rekannya itu. Usai dekat, Roger Casugay mengajak Arip Nurhidayat berbagi papan selancar. Alhasil, Roger Casugay dan Arip Nurhidayat secara bersamaan berselancar menuju garis finish.
3 dari 7 halaman

Roger rela lepas medali emasnya

Aksi Roger Casugay yang rela menyelamatkan Arip Nurhidayat itu la menjadi perhatian khalayak. Sebab demi menyelamatkan nyawa Arip Nurhidayat, Roger Casugay rela melepas peluang mendapatkan medali emas.

"In the midst of the men’s longboard open competition for surfing, Indonesia’s Arip Nurhidayat broke his leash and was swept away by the waves. The Philippines’ Roger Casugay came to the rescue, setting aside the ongoing battle for the gold

(Di tengah-tengah kompetisi openboard longboard pria untuk berselancar, Arip Nurhidayat Indonesia mematahkan tali pengikatnya dan tersapu oleh ombak. Roger Casugay atlet dari Filipina pun datang untuk menyelamatkan, mengesampingkan pertempuran yang sedang berlangsung untuk mendapatkan emas)," tulis akun 2019 SEA Games.
4 dari 7 halaman

Orang-orang yang menonton sempat panik


Tak hanya foto-foto, di akun Instagram nya, Roger Casugay dan Arip Nurhidayat kompak membagikan momen detik-detik saat peristiwa bersejarah itu terjadi. Seperti yang terekam dalam video akun @beamanlulo di Instagram. Akun tersebut merekam detik-detik saat Arip Nurhidayat terjatuh di laut.

Sempat membuat penonton cemas, Arip Nurhidayat tampak bertahan di tengah gulungan ombak. Hingga akhirnya beberapa saat kemudian, Roger Casugay pun datang dengan papan selancarnya untuk menyelamatkan Arip Nurhidayat.

5 dari 7 halaman

Banyak yang kagum atas aksi Roger


Melihat aksi Roger Casugay menyelamatkan Arip Nurhidayat, penonton di pinggir pantai bersorak. Mereka berteriak seraya bersyukur sekaligus kagum dengan sikap Roger Casugay yang rela menyelamatkan Arip Nurhidayat dan mengesampingkan lomba.
6 dari 7 halaman

Unggahan Arip Hidayat:

"Trus sportmanship at its finest ! Earlier today, during their heat, @mencosss broke his leash while paddling out. Roger, being closest to him, came to him, came to his rescue and paddled back to the shore tandem surfing the beach break.

(@mencosss mematahkan tali pengikatnya saat mengayuh keluar. Roger, yang paling dekat dengannya, datang kepadanya, datang untuk menyelamatkannya dan mendayung kembali ke pantai bersama-sama)," tulis akun @beamanlulo.

7 dari 7 halaman

Berikut adalah video detik-detik penyelamatan Arip Nurhidayat oleh Roger Casugay :

Tim campuran Indonesia ini sukses mengalahkan Thailand di partai final. Sambo menjadi cabang olahraga penyumbang medali emas terbanyak untuk Indonesia pada Jumat (6/12/2019), yaitu tiga. Dua emas sebelumnya didapat oleh Ridha Ridwan yang turun di kelas -80kg putri dan Fajar di nomor -57kg putra. Berikut daftar lengkap peraih medali emas Indonesia pada Jumat (6/12/2019) hingga pukul 19.00 WIB:

1. Agus Prayogo (Atletik - Marathon)

2. Dea Salsabila Putri (Pentathlon - Triathle Pantai Putri)

3. Aldila Sutjiadi (Tenis - Tunggal Putri)

4. Agus Damosarjito (Menembak - Mixed Metallic Silhoutte Air Pistol)

5. Maizir Ryondra ( Kayak - K1 1000m Putra)

6. Anwar Tarra/Yuda Firmansyah ( Kano - ganda 100m putra)

7. Gedhe Soetama (Judo -100kg Putra)

8. Fajar (Sambo -57kg Putra)

9. Ridha Ridwan (Sambo -80kg Putri)

10. I Gede Wardana (Judo +100kg Putra)

11. Ade Rachmawan, Mohammad Ashfiya, Gilang Ramadhan, Danangsyah Pribadi ( Voli Pantai Putra)

12. Desiana Safitri, Erik Gustam, Rio Bahari, dan Senie Kristian (Sambo - Campuran)

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : queen

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam