1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. HOT NEWS
Diberi nama La Lembah Manah, ini arti nama dan potret cantiknya cucu ketiga Jokowi

Penulis : Queen

16 November 2019 10:44

Di twitter trending La Lembah Manah

Twitter sedang trending dengan obrolan dan sorotan soal arti nama La Lembah Manah, cucu ketiga Presiden Jokowi dan Iriana yang merupakan anak kedua Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda, lahir Jumat 15 November 2019. Keluarga Jokowi mendapat banyak pujian karena unsur nama kearifan lokal untuk cucu-cucu mereka dengan makna mendalam. Pasalnya nama La Lembah Manah berarti sosok yang rendah hati.

"Gua akuin sih keluarga besar Jokowi ngasih namanya jago2. Namanya tetep kearifan lokal tp keren2, cocok bgt jd nama keluarga presiden/kerajaan. Gibran Rakabuming, Kahiyang, Jan Ethes, Kaesang. La lembah manah. Sedah Mirah," kicau pemilik akun Twitter @robby_sanro .

"Selamat atas kelahiran putri pertama Mas Gibran & Mba Selvi, cucu ke-3 dari Bapak Presiden Jokowi, LA LEMBAH MANAH, sebuah nama indah yg berarti "Dia Yang Rendah Hati".

"Semoga Ibu dan bayinya selalu sehat dan Putri tercinta tumbuh menjadi yg berguna bagi keluarga dan Bangsa," sahut akun Twitter lainnya.

2 dari 9 halaman

Gibran akhirnya umumkan kelahiran anak kedua

Setelah dinanti banyak kalangan, akhirnya Gibran Rakabuming Raka akhirnya mengumumkan nama bayi perempuannya. Gibran menyematkan nama yang sangat cantik pada anak keduanya yang lahir di RS PKU Muhammadiyah Solo, Jumat (15/11/2019).

3 dari 9 halaman

Makna nama anak kedua Gibran

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu memberikan nama La Lembah Manah untuk bayi perempuannya. La merupakan singkatan. Sementara Lembah Manah yang berarti rendah hati.

Lembah manah merupakan kata dalam bahasa Jawa. Bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, lembah manah berarti rendah hati, menerima, dan mengalah.

4 dari 9 halaman

Kondisi La Lembah Manah saat dilahirkan


Diketahui, Selvi Ananda melahirkan anak keduanya tepat pada pukul 15.46 WIB. Bayi perempuan yang dilahirkan Selvi memiliki berat badan 2,290 gram, panjang 46,5 cm, dan lingkar kepala 31,5 cm.

"Alhamdulillah, sore ini, anak kami yang kedua telah lahir. Semuanya berjalan dengan lancar. Jenis kelaminnya perempuan," ujar Gibran dalam konferensi pers.

5 dari 9 halaman

Karakter La Lembah Manah dalam cerita Jawa

Dalam penanggalan Jawa, hari Jumat (15/11/2019) hari ini adalah Jemuah Wage yang masuk 17 Mulud 1953 wawu atau Wuku Wayang, Windu sengara. Diketahui weton cucu ketiga Presiden Jokowi ini adalah Jemuah Wage.

Menurut Dosen Pendidikan Bahasa Jawa FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Dr Djoko Sulaksono, seseorang yang lahir pada weton Jemuah Wage memiliki watak mengagumkan, menarik, dan setia. Neptu untuk Jemuah Wage adalah 10. Sementara itu, dari penelusuran, seseorang yang lahir pada hari Jumat memiliki watak enerjik dan mengagumkan.

6 dari 9 halaman

Nama sudah disiapkan Bu Iriana

Dalam jumpa pers ditemani Ibu Negara Iriana Jokowi, Gibran mengaku sudah menyiapkan nama. Namun, ia meminta agar menunggu pengumuman selanjutnya sebab sang kakek, Jokowi sedang dalam perjalanan.

"Nama sudah ada, tapi nanti tunggu aja, soalnya Mbahnya sedang dalam perjalanan," kata Gibran.

Namun, Gibran memberi kode bila anak perempuannya mirip dengan kakaknya, Jan Ethes. Gibran mengucapkan terima kasih pada semua pihak, terlebih ada Menteri Kesehatan, dr Terawan Agus Putranto yang ikut mendampingi.

7 dari 9 halaman

Selvi melahirkan dengan proses caesar


Sementara itu, dokter dari RS PKU Muhammadiyah Solo, dr Soffin Arfian menjelaskan, Selvi melahirkan dengan proses caesar. Namun kini kondisi ibu dan bayi, sehat.

"Ada indikasi kuat yang menyebabkan harus caesar, tapi kondisi ibu dan bayi semuanya sehat," kata dr Soffin.

"Insya Allah, sesuai rata-rata persalinan caesar, kita rawat selama tiga hari pasca-operasi," tambahnya.
8 dari 9 halaman

Jokowi Terus Pantau Kelahiran Cucu Ketiganya

Presiden Jokowi tidak ikut mendampingi proses kelahiran cucu ketiganya di RS PKU Muhammadiyah, Solo, Jumat (15/11/2019) sore. Hari ini, Jokowi tetap bekerja seperti bisa melakukan kunjungan kerja ke Lampung tanpa didampingi Ibu Negara Iriana.

Iriana lebih dulu bergegas ke Solo untuk mendampingi proses persalinan Selvi Ananda dan Gibran Rakabuming Raka. Di sela-sela pekerjaan selama di Lampung, rupanya Jokowi terus memantau perkembangan kelahiran dari anak kedua Selvi dan Gibran.

"Saya juga terus mengikuti," ujar Jokowi di Lampung.
9 dari 9 halaman

Jawaban Jokowi saat ditanya soal nama cucu ketiganya


Selama di Lampung, Jokowi meresmikan jalan tol terpanjang pada Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung di Gerbang tol Simpang Pematang, Kilometer 240 Mesuji hingga ‎sidak Layanan BPJS kesehatan. Ditanya apakah ia sudah menyiapkan nama untuk cucu ketiganya, Jokowi meminta pertanyaan itu baiknya ditanyakan pada Gibran.

"Bapaknya dong masa saya, tanyanya ke bapaknya," jawab Jokowi lanjut tertawa

Dengan lahirnya anak kedua Selvi dan Gibran, kini Jokowi resmi memiliki tiga cucu. Pertama Jan Ethes, Sedah Mirah (anak dari Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution), dan cucu ketiga yang namanya belum diungkap ke publik, menunggu kehadiran Jokowi.
  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : queen

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam