1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. HOT NEWS
Dipenjara Karena Kasus Sianida Yang menewaskan Mirna Salihin, Perilaku Jessica Kumala Wongso Berubah Drastis

Penulis : Aleolea Sponge

13 November 2019 16:59

Perilaku Jessica Kumala Wongso Berubah Drastis

Kasus mendera Jessica Kumala Wongso masih bergulir hingga hari ini. Peristiwa kematian Wayan Mirna Salihin pada 2016 menyeret dirinya menjadi tersangka. Seperti diketahui Jessica Kumala Wongso terpidana kasus Kopi sianida yang menewaskan Wayan Mirna Salihin.

2 dari 7 halaman

Kepribadian Jessica Kumala Wongso menjadi pendiam

Wayan Mirna Salihin meninggal beberapa saat usai meminum kopi yang dibelikan Jessica. Terhitung sudah mendekam selama tiga tahun Jessica Kumala Wongso mengalami perubahan.

Usai divonis 20 tahun penjara kepribadian Jessica Kumala Wongso menjadi pendiam. Gelagat perubahan Jessica Kumala Wongso kini sering berdiri di dalam kamar selnya.

Hal itu pernah diungkap oleh Kepala Rutan Pondok Bambu, Ika Yusanti, Sabtu (19/11/2016). Petugas lapas pun tak mengetahui pasti perubahan Jessica Kumala Wongso.

"Jessica belakangan ini setelah sidang putusannya jadi lebih banyak di kamar aja,"

"Mungkin merenung atau berdoanya sekarang di kamar. Jess (Jessica Kumala Wongso)
3 dari 7 halaman

Perilaku Jessica Iskandar diungkap

Keluar kamar kalau dibesuk sama orangtuanya aja," Ika Yusanti. Sebelumnya, Jessica terbilang rajin bersembahyang di Vihara. Namun kini perubahan kepribadian Jessica Kumala Wongso terlihat menjadi pendiam.

4 dari 7 halaman

Kepribadian Jessica Kumala Wongso pernah diuji oleh Psikolog

Sebelumnya kepribadian Jessica Kumala Wongso pernah diuji oleh Psikolog dan ahli Kriminolog. Hasil pemeriksaan kepribadian Jessica pun mengejutkan. Seperti diungkap oleh saksi Ahli Kriminolog Prof Ronny Nitibaskara. Prof Ronny Nitibaskara menilai sikap Jessica Kumala Wongso membahayakan.

5 dari 7 halaman

Kepribadian Jessica Kumala Wongsi tidak stabil

Ia menilai Jessica Kumala Wongso memiliki kepribadian tidak stabil atau unstable personality. Saat diuji, dilihat dari raut muka dan gesturnomi sifat karakter Jessica menunjukkan kepribadian keras kepala. Selain itu, Jessica dinilai impulsif, obsesif, posesif hingga narsis.

"Yang perlu saya sampaikan, dia unstable personality atau kepribadian yang tidak stabil dan itu bahaya," kata Ronny saat dihubungi di Semanggi, Jakarta Selatan, Jumat (16/9).

Menurut Prof Ronny Nitibaskara, Jessica termasuk dangerous personality.

6 dari 7 halaman

Menurut ahli psikolog itu kepribadian amorous narcissist

"Berbahaya kalau bersahabat tidak ingin ditinggalkan oleh teman-temannya," katanya.

Bahkan diungkap Ronny, kepribadian seseorang dengan tipe tersebut dapat membahayakan dirinya sendiri.

Kecenderungannya dapat melakukan kekerasan terhadap diri sendiri atau orang lain. Senada dengan ahli psikolog, Antonia Ratih Andjayani, kepribadian Jessica dikategorikan memiliki kepribadian amorous narcissist.

Hal itu diungkap Antonia Ratih Andjayani memberi kesaksian di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (15/8/2016). Menurut ahli psikolog itu kepribadian amorous narcissist adalah kepribadian yang seringkali menggunakan kebohongan yang rumit.
7 dari 7 halaman

Jessica sebagai pribadi yang cerdas

Kebohongan akan beralih dari satu hubungan ke hubungan yang lain. Sewaktu-waktu pernyataannya akan tidak sinkron dengan pernyataan sebelumnya.

Demikian menurut Antonia, butuh kecerdasan luar biasa untuk mengungkap kebenaran dari setiap pernyataan dengan kepribadian dengan kategori amorous narcissist tersebut. Antonia juga mengungkapkan Jessica sebagai pribadi yang cerdas. Jessica dapat merespon pertanyaan secara tegas dan tanggap.

Selain itu Jessica bisa menjawab pertanyaan secara kritis dan tenang. Karena pembawaannya itu Jessica juga dinilai sebagai pribadi yang percaya diri. Antonia saat itu mengungkapkan Jessica sehat secara mental.

Bahkan Antonia menilai pribadi Jessica mengagumkan. Dalam kondisi di bawah tekanan besar sekalipun ia menampilkan dirinya yang tenang dan seolah natural.
  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : aleole

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam