1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. HOT NEWS
Ini dia Alasan Telkom Membutuhkan Waktu Sebulan untuk Memperbaiki Kabel Bawah Laut

Penulis : Yuli Astutik

27 September 2021 18:23

Planet Merdeka - Belum lama ini, Telkom Group memberikan penjelasan terkait  sejumlah alasan mengapa perlu waktu sebulan untuk memperbaiki kabel bawah laut Jasuka (Jawa, Sumatera, Kalimantan) yang berimbas pada koneksi internet Indihome dan Telkomsel.

Putusnya kabel laut itu berefek langsung pada gangguan di sistem komunikasi bawah laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan ruas Batam-Pontianak yang pertama kalinya terjadi pada Minggu (19/9) sore.

Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengungkapkan bahwa  proses perbaikan kabel laut yang terganggu itu berlangsung selama satu bulan.

"Diperkirakan proses perbaikan kabel laut yang terganggu akan berlangsung sekitar sebulan," kata Pujo lewat keterangan pers, Rabu (22/9). 

2 dari 3 halaman

Waktu sebulan itu disebutkan oleh Pujo dibutuhkan untuk menyambungkan kabel bawah laut yang perlu dijalankan di berbagai persiapan. Seperti penyiapan cableship yang akan dioperasikan menuju titik gangguan, penyiapan peralatan serta kelengkapan yang dibutuhkan pengajuan perizinan untuk pengerjaan perbaikan kabel laut yang merupakan sumber gangguan.

Sementara itu, pihak Telkom pun mengalihkan rute trafik internet pengguna yang dilalui kabel laut yang terputus. Hal itu dijalankan guna memulihkan layanan internet pengguna yang terdampak.

3 dari 3 halaman

Pihaknya pun berujar akan menambah kapasitas jaringan di beberapa wilayah yang mempunyai lalu lintas layanan internet yang padat.

"Upaya-upaya yang kami lakukan untuk peningkatan kualitas layanan antara lain dengan melakukan rerouting (perubahan rute) trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam. Di samping itu, juga melakukan penambahan kapasitas link (sambungan) untuk beberapa destinasi yang masih menunjukkan occupancy (pengguna) tinggi," tandasnya.
  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : yuli-astutik

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya