1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. HOT NEWS
Jabar Bergerak Majalengka Tebar Kebaikan Ramadan Bersama Gerakan Nasi Bungkus

Penulis : Jaja Sumarja

18 April 2021 18:52

Merdeka.com Pandemi Covid-19 saat Bulan Ramadan membangkitkan semangat kebersamaan. Apalagi dampak pandemi ini membuat banyak orang alami kesulitan.

Hal tersebut mendorong Jabar Bergerak Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, untuk berbagi bersama. Mereka membuat gerakan 'Nasi Bungkus' Berkah Ramadan.

Menurut Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Majalengka, Dedeh Nurhayati, melalui Sekretaris Umum, Suryapragala, bahwa inisiator gerakan ini, gerakan nasi bungkus yang menyasar warga tidak mampu dan warga yang terdampak Covid-19.

"Nasi bungkus kita bagikan kepada masyarakat yang sedang beraktifitas mencari rezeki di sejumlah titik di jalan jalan Majalengka, saat mendekati waktu berbuka puasa," kata Suryapragala, Minggu (18/4/2021)

Gerakan Nasi Bungkus merupakan salah satu amal non-profit yang rutin melakukan aksi berbagi kebaikan kepada sesama. Karena bersifat non-profit, kata dia, program amal yang diusung Jabar Bergerak ini tak memungut keuntungan sepeser pun.

"Di bulan yang penuh dengan kebaikan ini, alangkah lebih baik jika kita mengasah empati dengan membantu mereka yang sedang dilanda kesulitan. maka tak ada salahnya untuk menyisihkan sebagian rezeki kita agar mereka tetap bisa bertahan hidup di bulan Ramadan," jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa sasaran yang utama pada gerakan Nasi Bungkus Berkah Ramadan ini, membantu yatim piatu dan kaum dhuafa, juga pekerja harian yang termasuk di dalamnya, seperti pemulung, petugas kebersihan, tukang becak, dan tukang ojek serta lainnya.

"Gerakan Nasi Bungkus ini, seolah kita mengingatkan kembali, bahwa ketika ada kesempatan baik di depan mata, walaupun itu kecil sekali, maka manfaatkanlah. Sebab, pada saat itu pula Allah akan permudah jalan kita," jelasnya. (*)

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : jaja-sumarja

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya