1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. HOT NEWS
Resep dan Cara Membuat Klepon Cake Kekinian Untuk Kaum Milenial

Penulis : Nando Rifky

23 Agustus 2021 12:42

Klepon cake adalah kue beras tradisional Indonesia yang identik dengan warna hijau dan juga memiliki cita rasa yang tinggi. Kue Klepon biasanya berbentuk bulat dan di isi sama gula merah atau gula aren cair. Kue tersebut biasanya di sajikan dengan parutan dari kelapa.

Dengan berkembangnya zaman, makanan khas Indonesia ini sudah memiliki kemajuan dan sedang populer sehingga nama makanan tersebut menjadi Klepon cake.

Namun, cake klepon ini berbentuk yang lebih besar dari pada kue klepon biasanya. Banyak sekali yang menjual kue ini seperti restoran dan toko kue. Kue tersebut juga menjadi menu utama di beberapa restoran dan lainnya. Anda juga bisa mendapatkan melalui Nutaste Cake yang merukanan klepon cake specialist.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba salah satu kue ini. Tak terduga makanan tradisional Indonesia ini cukup menarik perhatian pecinta makanan yang diolah dari beras dan kelapa tersebut. Sehingga, kue ini merupakan salah satu kue yang lagi booming pada era milenial saat ini.

Resep Klepon Cake

Anda juga harus memperhatikan beberapa bahan untuk membuat Klepon Cake ini. Agar mendapatkan hasil yang memuaskan dan tentunya enak saat di makan. Berikut bahan untuk membuat kue tersebut.

  • 6 telur ayam.
  • 300 gr tepung terigu segitiga.
  • 200 gr gula putih.
  • 2 sdt emulsifier ovalet.
  • 1/4 sdt garam.
  • 150 cc santan kental.
  • 150 cc minyak sayur.
  • 1 sdt toffieco pasta pandan.
  • 150 gr gula jawa.
  • 100 cc air putih.
  • 1/2 butir kelapa muda.
Itulah beberapa bahan yang Anda siapkan untuk membuat klepon cake tersebut. Anda bisa peroleh bahan tersebut di toko atau pasar terdekat Anda.

Cara Membuat Klepon Cake

Cara membuat klepon ini juga mudah dan butuh kesabaran agar membuahkan hasil yang cukup baik. Dengan mengumpulkan bahan bahan tersebut maka Anda dapat membuat nya. Berikut cara membuat Klepon Cake kekinian mudah.

  1. Pertama, campurkan gula, emulsifier ovalet dan telur. Mixer bahan tersebut hingga mengembang.
  2. Kedua, masukkan bahan tersebut seperti tepung terigu, susu kental manis, garam, baking powder, vanili, minyak sayur, sari pandan dan pewarna makanan. Mixer bahan tersebut hingga merata.
  3. Ketiga, jika sudah merata maka tuang adonan tersebut ke loyang dan jangan lupa olesi minyak serta tambahkan alas kertas. Kukus kue tersebut dengan waktu 30 menit.
  4. Keempat, keluarkan kue tersebut dari loyang dan dinginkan.
  5. Kelima, potong menjadi beberapa bagian dan olesi whipped cream sama taburi gula merah cair.
  6. Keenam, taburi kue tersebut dengan kelapa parutan yang sudah di olesi whipped cream dan hidangkan.
Ikuti beberapa langkah yang di atas maka Anda sudah bisa membuat kue klepon cake kekinian. Namun, cara tersebut membuang waktu Anda yang cukup lama. Anda dapat membeli nya di beberapa toko yang sudah tersedia.

Demikian informasi tentang cara membuat klepon cake kekinian ini. Dengan membuat kue tersebut maka Anda dapat memakannya bersama keluarga Anda.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : nandorifky

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya