1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. HOT NEWS
Usai Skandal Dirut Garuda Mencuat, Pramugari Bernama Sisi Asih Ungkap Ketidakadilan yang Terjadi

Penulis : Queen

10 Desember 2019 13:35

Viral curhatan Sisi Asih soal ketidakadilan

Planet Merdeka - Sosok Sisi Asih adalah seorang yang disebut sebagai seorang pramugari, parasnya yang cantik, dan suaranya sangat merdu, mendapat platinum tiket dalam Ajang Pencarian Bakat Indonesian Idol.

Sosok Asih yang disebut-sebut menjadi korban penonaktifan oleh "WIL" oknum petinggi Garuda yang terlibat kasus, lantaran kalah pamor.

Laman media sosial facebooknya terakhir aktif tahun 2015 lalu, namun kini tiba-tiba ada beredar curhatan pilu di akun instagram bernama Sisi Asih. Saat ramainya pemberitaan Ari dan Puteri muncul di media, Asih seolah memberi sinyal tentang buah dari kesabaran para awak kabin dan pramugari Garuda Indonesia yang selama ini dipermainkan oleh para petingginya.

Mantan Pramugari Garuda Indonesia yang juga merupakan jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2018, Asih Kurniati atau akrab disapa Sisi Asih membuat sebuah puisi pilu yang bercerita tentang ketidakadilan. Puisi tersebut ditulis Sisi Asih dalam unggahan di akun Instagram pribadinya.

2 dari 9 halaman

Sisi Asih unggah sebuah puisi

Dalam sebuah unggahan di akun bernama Sisi Asih, tertulis puisi tentang sikap seseorang dalam menghadapi suatu ketidakadilan atau pun kebohongan. Ia menuliskan bahwa dalam menghadapi suatu ketidakadilan seseorang sering sekali bersikap pura-pura buta, bisu, dan tidak tahu.

3 dari 9 halaman

Berikut unggahan Sisi Asih

"Mata melihat, namun pura-pura buta.
.
Bibir bisa berucap, namun pura-pura bisu.
.
Telinga mendengar, namun pura-pura tidak tahu.
.
Apakah hidup ini hanya untuk berpura-pura hidup ?
.
Entahlah apa jadinya ketika hidup manusia dipenuhi dengan “berpura-pura”.
.
Pura-pura tidak bisa, oh malu sekali ketika semua orang tau kalau kamu bisa," tulis Sisi Asih di akun Instagram pribadinya.

4 dari 9 halaman

Sisi Asih mengaku tak bisa berpura-pura tidak melihat ketidakadilan

Menurutnya sikap 'pura-pura tidak tahu' ini dilakukan seseorang untuk mendapatkan suatu keuntungan pribadi. Tentunya hal ini dapat membuat kerugian bagi orang lain yang ada di sekitarnya.

"Pura-pura tidak tahu, nyaris menjadi kebiasaan yang mendarah daging ketika seorang manusia punya kepentingan, keegoisan, dan mencari keuntungan.
.
Walaupun mengorbankan banyak orang ? Mereka tidak perduli. Mungkin tidak akan pernah ambil peduli.
.
Banyak orang yang dirugikan ?
Yang penting mereka tidak rugi," tambah Sisi Asih.

5 dari 9 halaman

Sisi Asih percaya roda kehidupan terus berputar

Sisi Asih juga tidak bisa membayangkan jika setiap terus bersikap pura-pura saat melihat suatu ketidakadilan. Namun di sisi lain Sisi Asih percaya bahwa roda kehidupan berputar sangat cepat, dan kebohongan akan segera terbongkar. Di akhir puisi tersebut Sisi Asih memberikan sebuah tagar #savepramugari dan #savesaveflightattendants.

"Percayalah, roda kehidupan berputar sangat cepat.
.
Cepat atau lambat, semua akan melihat.
.
Apapun akan dilakukan untuk merubah kebusukan menjadi seputih mutiara.
.
Mari kita lihat, dan biarkan SEMESTA BERBICARA.
.
#savepramugari #saveflightattendants," ungkap Sisi Asih.

6 dari 9 halaman

Curhatan Sisi Asih muncul bersamaan skandal Dirut Garuda

Disaat yang bersamaan Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Ashkara juga tengah menjadi sorotan publik. Hal tersebut lantaran pemecatannya oleh Menteri BUMN Erick Thohir karena terbukti melakukan penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton di pesawat baru milik Garuda berjenis Airbus A3330-900 NEO.

"Dengan itu, saya akan memberhentikan Saudara Direktur Utama Garuda dan tentu proses ini kami, karena Garuda adalah perusahaan publik, akan ada prosedur lainnya," ujar  Erick Thohir ketika memberikan keterangan pers di Jakarta, Kamis (5/12/2019).

7 dari 9 halaman

Erick Thohir resmi pecat Ari Akshara

Erick juga memaparkan, Ari Ashkara telah melakukan instruksi untuk mencari motor Harley Davidson klasik tahun 1972 sejak tahun 2018. Selain itu, yang bersangkutan juga telah melakukan transfer dana ke rekening pribadi finance manager Garuda Indonesia berinisial IJ di Amsterdam.

"Ini menyedihkan. Ini proses menyeluruh di BUMN bukan individu, tapi menyeluruh. Ini Ibu (Sri Mulyani) pasti sangat sedih," ujarnya.
8 dari 9 halaman

Para karyawan bahagia Ari Akshara dipecat

Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (IKAGI) mendatangi Kantor Kementerian BUMN untuk mengadukan “dosa-dosa” mantan Dirut Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara selama memimpin maskapai pelat merah tersebut. Sekretaris IKAGI Jacqueline Tuwanakotta mengatakan, para awak kabin Garuda bahagia setelah mendengar Ari Akshara dicopot oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

“Saat ini karyawan sudah merasa senang ketika yang terjadi Ari Askhara diturunkan, dicopot, banyak karyawan yang bersyukur, bahagia, karena selama beliau memimpin banyak sekali kerusakan di PT Garuda Indonesia,” ujar Jacqueline di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Jacqueline menjelaskan, di masa kepemimpinan Ari, awak kabin Garuda merasa bekerja dalam tekanan. Sebab, jika melakukan kesalahan sedikit saja, manajemen Garuda langsung memindah tugaskan para awak kabin tersebut.

“Mereka (awak kabin) takut ada yang terancam, contoh, lakukan kesalahan sedikit langsung dipindahkan ke Papua, kemudian kesalahan yang harusnya masuk dalam pembinaan, tiba-tiba di-grounded, tidak boleh terbang,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, di era Ari Ashkara jam kerja para awak kabin di luar batas. Misalnya, saat bertugas melayani penerbangan Jakarta-Sydney.

“Contoh schedule Sydney-Jakarta-Sydney, itu harusnya tiga hari, tapi jadi PP (pulang pergi). Itu beri dampak tidak bagus kepada awak kabin, sekarang sudah ada delapan orang yang diopname,” ucapnya.
9 dari 9 halaman

IKAGI akan berbicara dengan kementerian BUMN

Atas dasar itu, ia bersama anggota IKAGI lainnya ingin bertemu dengan pihak Kementerian BUMN.

“Kami akan bicara soal kondisi awak kabin yang ada di Garuda Indonesia, kondisi general, dan perusahaan,” lanjutnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir resmi mencopot Ari Askhara pada Kamis, (5/12/2019) pekan lalu. Ari dicopot karena telah menyelundupkan onderdil motor Harley Davidson keluaran 1972 dengan kisaran harga Rp 800 juta.

Setelah mencopot Ari, Erick mengangkat Fuad Rizal sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Garuda Indonesia menggantikan Ari Ashkara. Sebelumnya, Fuad merupakan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda Indonesia
  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : queen

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam