1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. HOT NEWS
Warga Bongkar Sikap dan Kebiasaan Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan

Penulis : Moana

13 November 2019 16:14

Bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan

Rabu (13/11/2019) pagi tepatnya sekitar pukul 08.40 WIB petugas dan warga dikejutkan dengan ledakan yang terjadi di Markas Komando (Mako) Polrestabes Medan. Ledakan tersebut terjadi diduga dari bom bunuh diri yang dilakukan oleh seorang pria yang memakai atribut ojek online (ojol). Terduga pelaku pun masuk ke kompleks Mako Polrestabes Medan.

Tak berselang lama setelah terduga pelaku masuk kemudian terdengar suara ledakan di sekitar kantin. Dalam foto-foto yang beredar di dunia maya, tampak bahwa terduga pelaku sudah dalam kondisi tak bernyawa. Badannya pun nampak hancur terutama di bagian perutnya.

2 dari 8 halaman

Densus 88 lakukan investigasi

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan bahwa hingga kini pihak kepolisian dan Tim Densus 88 sedang melakukan investigasi di lokasi kejadian. Dan Mako Polrestabes Medan pun kini sudah disterilkan oleh petugas.

"Saat ini sedang dilaksanakan olah TKP oleh Densus dan Polda Sumut. Menunggu hasil investigasi lanjut," ujarnya.

etelah melakukan identifikasi akhirnya, pihak kepolisian berhasil mengungkap sosok terduga pelaku bom bunuh diri di Mapolresta Medan tersebut. Terduga pelaku diketahui bernama Rabbial Muslim Nasution.

Polisi berhasil mengungkap identitas terduga pelaku setelah melakukan pemeriksaan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mencocokan data e-KTP. Dan dari situ diketahui identitas terduga pelaku.
3 dari 8 halaman

Identitas terduga pelaku

Rabbial diketahui merupakan seorang pria kelahiran Medan. Usianya kini masih terbilang cukup muda yakni 24 tahun.

Dari data yang berhasil dihimpun, diketahui bahwa Rabbial merupakan warga Medan Petisah, Kota Medan. Saat mendatangi Mapolrestabes Medan, Rabbial mengenakan jaket ojek online dan membawa sebuah tas ransel.

4 dari 8 halaman

Polisi datangi rumah terduga pelaku

Setelah diketahui identitasnya, pihak kepolisian kemudian mendatangi tempat tinggal terduga pelaku yang berada di Jalan Jangka, Medan Petisah, Kota Medan. 

Warga sekitar rumah Rabbial pun mengaku terkejut karena pria berusia 24 tahun tersebut terlibat aksi bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan tersebut. Warga mengaku bahwa selama ini mereka mengenal Rabial adalah sosok pemuda yang baik.
5 dari 8 halaman

Dikenal sebagai sosok yang baik

Hal itu diungkapkan juga oleh seorang warga bernama Muhammad Fajrijal Lubis, yang ikut menyaksikan polisi mendatangi rumah keluarga Rabbial. Fajrijal membenarkan bahwa foto pria yang diduga menjadi pelaku bom bunuh diri tersebut sama persis dengan Rabbial. Fajrijal mengungkap bahwa Rabbial adalah sosok yang enak diajak bergaul. 

“Ih betul kali kak (wajah Rabbial). Kagetlah saya. Orangnya asyik, enak bergaul,“ ujarnya.
6 dari 8 halaman

Rajin beribadah

Bukan hanya itu, Fajrijal mengatakan bahwa selama ini, ia mengenal Rabbial sebagai sosok yang rajin beribadah dan bergabung dengan remaja masjid. Selain itu, Fajrijal juga mengungkapkan bahwa Rabbial adalah sosok yang sopan dengan orang yang lebih tua. 

“Rajin salat, dan aktif kalau ada kegiatan remaja masjid. Baik sama yang lebih tua,“ jelasnya.
7 dari 8 halaman

Terakhir bertemu saat narik ojol

Fajrijal sendiri mengaku bahwa dirinya sudah lama tak bertemu dengan Rabbial sejak pria 24 tahun tersebut menikah. Fajrijal mengungkapkan bahwa ia terakhir kali bertemu dengan Rabbial saat lelaki yang tewas dalam aksi bom bunuh diri tersebut tengah menjalani tugasnya sebagai seorang ojek online. 

“Sejak nikahlah. Memang terakhir ketemu dia narik ojek online,” ungkapnya.
8 dari 8 halaman

Sosok yang baik dan aktif di lingkungan

Sementara itu,  Supiansyah yang juga merupakan warga sekitar menyebut bahwa sejak lahir dan saat masih kecil Rabbial memang tinggal di Jalan Jangkar. 

“Orang lama sinilah. Tapi itulah sudah tidak di sini lagi,“ ujarnya.

Sementara itu, Kepling Lingkungan III, Poetra menyebut bahwa dirinya merasa kaget lantaran Rabbial disebut-sebut sebagai terduga pelaku.  Poetra mengungkapkan bahwa Rabbial adalah sosok yang baik dan aktif di lingkungannya. 

“Anaknya baik, suka aktif dan ikut kegiatan di lingkungan sini,” pungkasnya.
  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : moana

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam