1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. INSPIRA
5 Tips Membeli Furniture Bekas yang Perlu Anda Ketahui Supaya tidak Sampai Rugi

Penulis : Redaksi Harian

15 April 2021 13:46

Tips Membeli Furniture Bekas Agar tidak Merugi

Bujet yang minim kerap kali membuat kita harus memeras otak saat isi interior rumah. Pengeluaran untuk furniture umumnya yang terbanyak meresap bujet. Seringkali, banyak yang berpindah cari alternative seperti membeli furniture bekas daripada membeli furniture baru. Furniture bekas atau secondhand furniture menjadi jalan keluar untuk mengirit atau memaksimalkan bujet yang terbatas.

Walau tidak tampil pada kondisi prima, banyak furniture bekas yang mempunyai kualitas tidak berbeda jauh dengan furniture baru. Tetapi, diperlukan kecermatan dan ketelitian saat membeli furniture bekas. Karena ada furniture bekas yang keliatannya tampil prima, tetapi tanpa diakui ada cacat di sejumlah titik, hingga turunkan nilai perannya.

Terbatasinya opsi dan pengecekkan keadaan fisik furniture bekas yang detil mengambil alih beberapa waktu dan alasan. Tanpa tutorial yang efisien, proses belanja furniture bekas dapat makin memerlukan waktu dan berbuntut bikin rugi. Karena itu, ikuti tips membeli furniture bekas ini supaya terbebas dari pembelian yang percuma.


Periksa Kualitas Furniture Bekas

Sekalinya sedang belanja furniture bekas, tetapkanlah standard yang serupa semestinya kamu akan membeli furniture baru. Lepas barang yang dibeli ialah furniture bekas atau furniture Jepara, bagaimana juga furniture ialah investasi periode panjang, ketahanan material dan kenyaman masih jadi yang paling penting.

Coba pikir, untuk apa membeli sofa minimalis dari kulit pada harga miring, bila tidak lebih dari dua minggu sofa itu harus dibuang karena elemen penyusunnya sudah ringsek semenjak awalnya dibeli? Kerusakan furniture bekas bukan hanya terlihat di luar saja, oleh karena itu tidak boleh sangsi untuk mengecek semua sisi, atau bahkan juga mencoba langsung kenyaman furniture bekas itu.

Perhatikan Kondisi Furniture Bekas

Membeli furniture bekas bukan memiliki arti tanpa penyiapan karena seringkali kerusakan pada furniture bekas tidak bisa dijauhi. Bila memang ada kerusakan pada furniture bekas, lihat berapa kronis kerusakan itu.

Apa kamu cuman berlu lakukan sedikit pembaruan untuk menutupinya? Atau harus mengambil kantong lebih dalam buat menangani kerusakan furniture bekas. Beberapa kerusakan pada furniture bekas lalu memanglah tidak bisa ditolerir, kerusakan yang perlu kamu jauhi salah satunya ialah:
  • Matras bekas yang telah bau buruk sekali untuk kesehatan. Berbau yang karena furniture bekas ini bisa saja disebabkan karena tungau dan bakteri yang bersarang didalamnya.
  • Ada elemen furniture bekas yang raib atau ada kerusakan susunan pada furniture bekas, seperti kaki bangku atau meja yang patah.
  • Furniture bekas yang tinggi periode pemakaiannya. Sofa bekas yang telah sering ditempati alami pengurangan periode pada pengisinya hingga tak lagi nyaman dipakai.

Sesuaikan dengan Bujet

Tulis tipe furniture apa yang kira-kira kamu butuhkan untuk isi interior rumah. Furniture bekas kemungkinan dipasarkan pada harga yang lebih murah dibanding furniture baru, tetapi bukan memiliki arti kamu jadi gampang tergoda sampai keluarkan uang secara gratis. Ketahui keperluan lebih dulu dapat percepat proses berbelanja furniture bekas.

Disamping itu, mengaplikasikan langkah yang serupa seperti saat membeli furniture baru bisa menolongmu pilih furniture bekas lebih detil. Yakinkan furniture bekas betul-betul pas dengan ide interior desain dan ukuran juga tidak melewati atau habiskan ruang kosong yang ada di dalam rumah.

Poles Ulang Furniture Supaya Terlihat Baru Lagi

Tidak ada kelirunya untuk memberi sedikit sentuhan baru pada furniture bekas yang kamu membeli, khususnya untuk furniture bekas yang berwarna semakin menghilang.

Lakukan refinishing, pernis, atau pengecatan ulangi pada furniture bekas bisa membuat furniture bekas tampil sama menariknya dengan furniture baru. Untuk sofa bekas, bahan sofa bisa dibikin bersih atau ditukar, selanjutnya disamakan polanya dengan kombinasi warna di ruang.

Padukan Furniture Bekas dengan Furniture Baru


Furniture bekas memang rekat dengan kesan-kesan vintage, karena itu tidaklah aneh banyak yang menyengaja menggunakan furniture bekas untuk membuat interior yang bertopik vintage. Tetapi kesan-kesan kedaluwarsa dari style vintage yang didatangkan bisa saja membuat ruang berkesan terlampau muram dan kaku.

Tunjukkan kesan-kesan ruang yang aktif dengan menyisipkan furniture baru dengan design yang lebih kekinian di tengah formasi furniture bekas. Sebagai contoh, kamu dapat memadukan sofa baru dengan meja bekas yang telah dipoles.

Mulai saat ini kamu tak perlu sangsi isi tempat tinggal mimpimu dengan furniture bekas. Dengan lakukan penyeleksian furniture bekas yang pas dan memberi sedikit sentuhan menarik, ruang di dalam rumah dapat tampil secantik dan sefungsional ruang yang diisi furniture baru. Mudah-mudahan berguna dan terima kasih.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : redaksiharian

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya