1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. INSPIRA

Apa Sih Tugas dari Pengacara Perceraian?

Penulis : wartawan

31 Juli 2022 14:13

apa itu pengacara perceraian

Sewa Pengacara Perceraian

Tahun 2017 lalu menjadi tahun melonjaknya angka perceraian di Indonesia, angka pada tahun itu mencapai ┬▒300.000 kasus perceraian yang masuk kepengadilan agama. Angka tersebut dinilai terus mengalami kenaikan bahkan sampai dengan tahun ini. Kasus perceraian ini didorong oleh beberapa faktor pemicu, mulai dari KDRT, perselingkuhan, hingga masalah keuangan. Sehingga, gugatan dari masing-masing kasus juga berbeda. Artinya, lain masalah lain pula prosedur serta gugatan yang dilontarakan pihak pemohon. Oleh karena itu, tingkat kebutuhan akan sewa pengacara perceraian ikut meningkat bersamaan dengan meningkatnya angka perceraian di negara ini.

Bagi mereka yang paham dan mengerti tentang landasan hukum tentang perceraian mungkin tidak akan menemukan kesulitan, namun berbeda bagi mereka yang tidak atau awam dengan apa yang menjadi landasan hukum perceraian. Selain itu, percerain memiliki prosedur yang rumit apalagi jika gugatan/kasus tersebut diajukan akibat KDRT yang menimbulkan korban. Ketika persidangan berlangsung pihak penggugat dan pihak yang tergugat diperkenankan untuk menunjuk wakil atau pengacara perceraian mereka. Selama proses persidangan, pengadilan pasti akan memberikan waktu mediasi atau pemikiran ulang kepada masing-masing pihak agar memikirkan kembali keputusan mereka untuk bercerai dengan harapan keduanya mampu menyelesaikan permasalahan diantara keduanya, sehingga mencabut gugatan perceraian dan rujuk kembali. Jika selama proses mediasi tersebut kedua pihak atau salah satunya enggan melakukan mediasi secara langsung yang disebabkan oleh  sara trauma atau takut akan adanya ancaman dari pihak lainnya, maka pihak tersebut bisa mengutus pengacaranya untuk mewakilinya atau menemaninya menghadiri proses mediasi tersebut. Hal-hal tersebut yang membuat banyak pasangan yang ingin bercerai, lebih memilih untuk menyewa pengacara perceraian dari pada menangani kasusnya secara individu.

Menyewa pengacara pereceraian bukan semata-mata untuk mempercepat proses persidangan saja, akan tetapi dengan adanya pengacara perceraian masing-masing pihak akan merasa mendapat perlindungan dari pengacaranya dan gugatan-gugatan dari masing-masing pihak akan tersampaikan dengan jelas oleh pengacara. Selain itu, ketika anda menyewa pengacara perceraian anda tidak perlu khawatir akan rahasia anda diketehui oleh orang lain, karena para pengacara yang kompenten akan sangat menjaga rahasia dari klien-kliennya.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : wartawan

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya