1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. INSPIRA
Brand Fashion Lokal Mampu Bersaing di Tengah Pandemi

Penulis : SEO

14 September 2021 12:13

Bandung, (planet.merdeka.com) - Pandemi Covid-19 berdampak kepada hampir semua sektor di Indonesia. Terutama bagi para pelaku bisnis, entah itu industri berskala besar maupun industri kecil menengah (IKM). Tidak sedikit di antara mereka yang terpaksa gulung tikar.

Hal ini bukan hanya terjadi pada brand lokal saja, namun juga brand impor. Oleh karena itu, mereka harus pintar-pintar mengatur strategi agar tetap bisa bertahan di tengah pandemi. 

Kendati demikian, Muldhan Pribadi, owner dari salah satu brand fashion lokal Indonesia, Svggest mengatakan, produk lokal sebenarnya justru diuntungkan di situasi seperti ini. Pasalnya, brand lokal lebih mudah memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui daring dan berbagai macam situs e-commerce, seperti Shopee, BukaLapak, Tokopedia, Lazada dan sebagainya. 

"Karena produk lokal, jadi lebih akomodatif. Beda dengan barang impor, yang pengirimannya ikut terdampak karena pandemi," tuturnya. 

Hal ini kemudian juga dibarengi brand fashion lokal sudah bisa menghadirkan kualitas yang tidak kalah dengan brand internasional. Banyak brand lokal yang sudah mampu menunjukkan tajinya, seiring semakin digaungkannya slogan cintai produk dalam negeri. 

"Misalnya saja produk kami. Tas yang kami produksi memang semua bahan baku dan proses pembuatannya asli Indonesia, tapi kami bisa menjamin kualitasnya. Dengan desain yang unik dan estetik, produk kami ini sudah pasti bisa bersaing di pasaran," ujar Muldhan. 

Svggest memiliki berbagai macam model tas. Modelnya yang unisex (bisa dipakai wanita dan pria), coraknya yang unik namun tetap simpel, membuat tas dari Svggest ini cocok bagi para traveller, mahasiswa, pecinta alam, dan masih banyak lagi. 

Muldhan mengklaim, yang membuat brand Svggest ini berbeda dari brand lainnya adalah tema yang diusung, yakni alam. Selain itu, jahitan produk-produk Svggest sangat rapi dan rapat. Jadi penggunanya tidak perlu takut membawa barang bawaan berat karena sangat aman dan tidak perlu takut jebol. 

"Harganya mungkin sedikit lebih mahal daripada produk lokal lainnya, tapi kualitasnya sangat terjamin," tambahnya.

Oleh karena itu, Muldhan merasa percaya diri dengan rencananya ke depan, yakni membuat brand Svggest go international. Sudah ada beberapa negara yang menjadi daerah sasarannya dan hanya tinggal menunggu kapan akan mulai dipasarkan. 

"Secepatnya. Semoga pandemi ini juga segera berlalu, agar rencana jangka panjang kami ini bisa segera dimulai," pungkasnya. (*)

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : seo

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya