1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. INSPIRA

Cara Memulai Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik Terbaru 2022

Penulis : sulaiman nur rahman

20 Juni 2022 11:10

Bagaimana cara memulai bisnis daun ulang sampah plastik? Gampang banget, lewat postingan ini kami akan membagikan panduannya untuk Anda. Simak langkahnya sampai selesai, ya!

Tak bisa dipungkiri, bahkan sampai saat ini masih banyak orang yang dengan seenaknya membuang sampah tidak pada tempatnya, terutama untuk jenis sampah plastik. Sampah plastik sendiri merupakan jenis yang membutuhkan waktu hingga ratusan tahun untuk hancur di dalam tanah. Tahukah Anda, selain menyelamatkan lingkungan, menjalankan bisnis dari daur ulang sampah plastik ternyata bisa menjadi ladang bisnis yang menggiurkan sekali, lho. Daripada semakin penasaran, mari simak panduan bisnisnya berikut ini.

Cara Memulai Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik Terbaru 2022

Daur ulang sampah adalah salah satu cara untuk kelola sampah agar dapat digunakan kembali, menjadi barang yang bernilai dan bermanfaat sehingga bisa diperjualbelikan kembali. Khususnya untuk jenis sampah plastik, Anda bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Bagaimana caranya? Berikut adalah cara memulai bisnis daur ulang sampah plastik yang bisa Anda ikuti.

Melakukan Beberapa Riset di Awal Berbisnis

Langkah pertama cara memulai bisnis daur ulang sampah plastik adalah melakukan beberapa riset. Silakan Anda lihat pasar daur ulang tempat Anda akan memulai bisnis tersebut. Anda bisa melihatnya secara online atau didaftar bisnis lokalmu sendiri untuk menemukan pendaur ulang plastic terdekat. Selain itu, Anda juga harus teliti dalam memilih produsen di daerah Anda yang nantinya akan membayar plastic daur ulangmu.

Membuat Rencana Koleksi

Selanjutnya adalah memutuskan bagaimana Anda akan kumpulkan sampah – sampah plastic yang bisa didaur ulang. Apakah Anda nanti akan mengambilnya sendiri di daerah permukiman atau mengontrak kelompok sukarelawan yang bisa kumpulkan sampah plastik untuk Anda. Selain itu, Anda juga bisa buat pusat pengiriman sampah plastik di lokasi bisnismu.

Menghitung Kebutuhan Modal Bisnis

Pada dasarnya siapa pun yang ingin menjalankan bisnis sendiri, pastinya harus melakukan persiapan sejumlah dana yang akan dijadikan sebagai modal awal berbisnis. Meski tidak terlalu besar, tetapi biasanya modal bisnis daur ulang sampah plastik ini misalnya baru bisa diketahui berapa total pastiknya setelah rencana bisnis selesai dibuat.

Jika modal yang dibutuhkan belum cukup, maka ada solusi lainnya yang bisa diambil adalah mencari dukungan para investor atau sumber modal lain dengan cara meminjam modal bisnis di bank.

Dalam hal ini Anda perlu melakukan perhitungan modal awal berbisnis dengan benar – benar matang dan terperinci. Jangan lupa, kendalikan juga setiap dana yang akan dikeluarkan dan dana masuknya agar nanti tidak ada pembengkakan anggaran bisnis yang bisa mengacaukan bisnis yang sedang Anda jalankan di masa mendatang.

Memiliki Lahan yang Luas

Ketika Anda akan memulai sebuah bisnis, khususnya untuk jenis bisnis di bidang daur ulang sampah plastik maka hal penting lain yang harus diperhatikan adalah lahan yang dimiliki. Pastikan Anda memiliki lahan yang cukup luas sebagai tempat penyimpanan limbah plastik bekas dan hasil biji plastiknya.

Tempat ini juga akan dijadikan sebagai tempat sortir jenis – jenis plastik dan pengelolaannya.

Perizinan Lokasi Bisnis

Selain itu, Anda juga perlu mengunjungi kantor panitera di daerah Anda. Tujuannya, untuk mengamankan dokumen yang dibutuhkan dan mengajukan izin usaha. Sebagian besar daerah menawarkan bantuan kepada beberapa pebisnis atau perusahaan baru untuk membantu pahami peraturan lokal serta membantu melakukan navigasi perizinan juga persyaratan peraturan. Lalu, temukan web komersial untuk jenis bisnis daur ulang sampah plastik Anda.

Menyiapkan Timbangan dan Mesin Penggiling

Berikutnya adalah menyiapkan timbangan dan mesin penggiling plastik untuk kelola limbah plastik jadi biji plastik. Sebagai awalannya, Anda bisa menggunakan mesin penggiling dengan kapasitas cukup. Namun demikian, jika modal yang dimiliki untuk memulai sebuah bisnis cukup besar, maka Anda bisa membeli mesin pengelola limbah plastik dengan kapasitas yang lebih besar lagi.

Pahami Metode Daur Ulang Plastik yang Benar

Dikarenakan Anda akan menjalankan bisnis jenis daur ulang sampah plastik, untuk itu Anda harus pelajari dan memahami metode daur ulang plastik dengan benar, mulai dari cara pengelolaan plastiknya hingga pengelolaan modal yang dibutuhkan agar arus kas tetap lancar.

Anda bisa memperbanyak belajar dan bertukar pikiran dengan para pebisnis serupa yang lebih dulu berpengalaman di bidang tersebut.

Merekrut Beberapa Karyawan

Silakan rekrut beberapa karyawan yang bertugas melakukan penyortiran, membersihkan dan mengelola sampah plastik. Tidak perlu banyak – banyak, asalkan bisa mencukupi kebutuhan SDM bisnismu.

Mencari Koneksi Pengepul Sampah Plastik

Cara memulai bisnis daur ulang sampah plastik lainnya adalah mencari koneksio pengepul sampah plastik. Selain itu Anda juga perlu mencari pembeli biji plastik sebanyak – banyaknya untuk diajak bekerjasama.

Jika sistem pengelolaan biji plastikmu terbilang bersih dan rapih, maka mitramu pastinya akan memberi harga yang bagus.

Pemasaran

Hal penting lainnya yang harus Anda tahu ketika memulai sebuah bisnis, khususnya untuk jenis bisnis daur ulang sampah plastik adalah pemasarannya. Tidak hanya bisa memasarkan bisnis tersebut dengan metode tradisional, seperti memposting brosur, Anda juga bisa banget mempertimbangan pemasaran digital, seperti membuat situs web, memposting di publikasi berita online atau pun beriklan di media cetak.

Namun biar mudah dan lebih hematnya lagi, Anda bisa mencoba beriklan di jejaring media sosial. Dengan beriklan di media sosial, maka bisnis Anda bisa mendapat jangkauan yang lebih luas lagi.

Kelola Keuangan Secara Cermat dan Detail

Pada saat transaksi dalam bisnismu mulai terasa semakin padat, ada baiknya hitung setiap arus pengeluaran dan pemasukan di setiap harinya secara berkala, cermat dan detail. Dengan cara tersebut, maka bisa menghindarkan Anda dari resiko buruk, seperti salah hitung atau kerugian akibat penggelapan dana yang dilakukan oleh oknum – oknum pegawai yang tidak bertanggung jawab misalnya.

Selain itu, dengan pengelolaan keuangan yang baik, maka bisa membuat bisnismu jadi lebih sehat. Sehingga bisnis yang dijalankan pun akan mampu bertahan lebih lama, bahkan bisa lebih berkembang dikarenakan kondisi keuangan yang sehat tersebut.

Jangan Ragu Memulai

Langkah terakhir yang tidak kalah pentingnya dalam memulai sebuah bisnis sendiri adalag sikap berani untuk memulai bisnis tersebut.

Jangan menunggu yang terlalu lama atau memikirkan banyak hal yang justru akan memusingkan Anda sendiri. Sebaiknya, mulai dari sekarang!

Anda hanya perlu menerapkan cara memulai bisnis di bidang daur ulang sampah plastik di atas, lalu mematangkan kembali perencanaan bisnismu dari segala aspek yang dianggap krusial. Karena, Anda tidak tahu ada berapa banyak orang di luaran sana yang mungkin ingin mencoba memulai bisnis di bidang sama sepertimu.

Nah, ketika pada akhirnya menyadari bahwa bisnis tersebut potensial, Anda mungkin sudah terlambat menyadarinya. Bahkan bisa jadi kesempatan mendapatkan kesuksesan yang tadinya ada di depan mata justru berpindah ke tangan orang lain.

Nah, itulah cara memulai bisnis daur ulang sampah plastik terbaru 2022 yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : sulaiman-nur-rahman

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya