1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. INSPIRA
Usai salat Jumat, Bocah ini Tangkap Hewan Langka yang Ada Dalam Dongeng

Penulis : Hole Puncher

14 Juli 2017 14:05

Burung Gagak putih hanya ada dalam kisah dongeng saja


Planet Merdeka - Jika mendengar kata-kata negeri dongeng, pastilah banyak yang mengira bahwa semua makhluk di dalamnya hanya ada dalam cerita tersebut dan tak akan ada di dunia nyata. Seperti misalnya kisah seekor burung gagak putih yang mana berubah menjadi hitam karena berebut makanan bersama burung merak.

Hingga pada suatu hari ketika si gagak dan merak ingin mempunyai bulu yang indah, malangnya gagak malah tak sengaja terkena tumpahan cat hitam karena terburu-buru. Sampai akhirnya bulu gagak yang putih dan indah itu berubah menjadi hitam kelam.

Akan tetapi jika mendengarkan burung gagak putih di dunia nyata memang cukup mustahil bukan? Mungkin hal itu hanya ada di dalam dongeng saja. Tapi sebelum itu, ternyata gagak berbulu putih memang ada lho, dan malahan ditangkap oleh seorang anak kecil seusai melaksanakan shalat Jum'at.

Sang Ayah Dr Mohd Hisham Surgi (43) kaget ketika anaknya, Muhammad Amirul Fahmi (15), pulang ke rumah, Kamis (6/7/2017) dengan kabar yang mengejutkan pula. Warga Malaysia ini terkejut anaknya membawa pulang burung dalam sangkar.

Yang membuat Hisham kaget, adalah jenis burung yang dibawa pulang Amirul. Burung itu ternyata seekor burung gagak. Lho, bukannya Gagak adalah burung yang biasa saja?

Burung gagak itu ternyata berbulu putih. Menurut Hisham, dia sebenarnya sudah dikabari anaknya, dia akan pulang membawa gagak putih.

"Ketika anak bilang dia menembak gagak putih, saya menyangka dia berbohong kerana gagak putih hanya kisah dongeng semata-mata."


Hisham mengatakan, anaknya menembak burung itu dengan pistol mainan.

“Anak saya bersama rakannya menembak burung itu menggunakan pistol mainan peluru plastik, selepas pulang dari surau," ujarnya lagi.

Awalnya, Amirul mengira dia menemukan burung nuri. Tapi setelah burung itu jatuh, dia kaget karena menangkap gagak. Burung itu ditangkap Amirul selepas menunaikan Salat Jumat. Berita penangkapan gagak putih ini pun bikin heboh para tetangga Hisham. Tapi, beberapa orang malah mengkritik Hisham, yang justru tak memarahi anaknya menangkap satwa liar.

"Bagus betul didikan bapak dia, kecil-kecil dah dibiasakan menembak," ujar Atan Hunt.

Sementara, dari blog berjudul callmefadh, gagak putih sebenarnya merupakan fenomena menarik dalam spesies gagak. Burung gagak putih mengalami kondisi bernama Leucism, sebuah kelainan genetik yang membuat pigment melanin tidak tersimpan di bulu-bulunya.

Hal ini berbeda dari albino, karena memang albino adalah kondisi dimana tubuh tidak bisa memproduksi melanin, sehingga warna tubuhnya putih. Sementara Leucism tubuhnya bisa memproduksi melanin tapi tidak tersimpan di bulu-bulunya.

Sumber: wajibbaca
  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : hole-puncher-1008542

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam