1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. INSPIRA
Kimin Tanoto, Menjawab Tantangan dalam Mengembangkan Bisnis di Masa Pandemi

Penulis : Luis Andrianto

26 Juli 2021 16:16

Kehidupan setelah pandemi Covid-19 tidak akan sama lagi. Sejumlah pihak berjibaku untuk bangkit dari berbagai keterpurukan akibat pandemi yang telah berlangsung selama hampir 2 tahun ini.

Tidak terkecuali dalam hal bisnis, pemerintah beserta para pengusaha harus berjuang lebih keras untuk mengembalikan kondisi ekonomi masyarakat.

Tantangan ini pun dihadapi oleh Kimin Tanoto. Sebagai salah satu dewan komisaris di PT Gunung Raja Paksi (GRP), ia perlu melakukan sejumlah terobosan agar bisnis yang dijalankannya tetap berkembang.

PT Gunung Raja Paksi adalah perusahaan yang bergerak di industri besi dan baja. Perusahaan ini merupakan anggota Gunung Steel Group, salah satu perusahaan baja swasta terbesar di Indonesia yang berdiri sejak 1970 di Sumatera Utara.

Ditunjuk sebagai dewan komisaris pada bulan Mei 2019, Kimin Tanoto mendorong kemajuan GRP group terutama di bidang structure development .

Melalui pengalamannya di bidang teknik sejak tahun 1995, alumni Cornell University ini sukses mengubah perusahaan baja milik keluarga tersebut menjadi salah satu perusahaan baja yang terintegrasi vertikal di Asia Tenggara.

Di masa pandemi, Kimin mengaku perlu melakukan sejumlah terobosan penting di masa pandemi saat ini. Perusahaannya harus terus melakukan investasi digital, mengekspansi kapasitas pabrik, dan merekrut sejumlah tenaga profesional.

Kabar baiknya, ia telah melakukan transformasi tersebut sebelum masa pandemi, sehingga manfaatnya sudah dapat dirasakan pada saat ini.

Menurut Kimin, transformasi bisnis adalah hal yang niscaya agar perusahaan tetap bertahan dan terus beradaptasi dengan berbagai tantangan yang tak terduga, termasuk wabah Covid-19 yang berdampak signifikan terhadap stabilitas ekonomi.

Meski begitu, proses transformasi tersebut menuai sejumlah tantangan dari pihak-pihak yang mungkin sulit menerima perubahan dengan cepat.

Kimin Tanoto mengakui bahwa menghadapi masa transisi bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan penyempurnaan perangkat family governance, serta keterlibatannya sebagai pemegang saham mayoritas di PT Gunung Raja Paksi dapat mendorong agar proses transformasi berlangsung lebih cepat.

Kondisi pandemi nyatanya tidak menyurutkan langkah Kimin Tanoto dalam mengembangkan perusahaannya. Ia terus menjalin relasi bisnis dengan berbagai perusahaan di dalam dan luar negeri,

Perusahaan yang kini telah memiliki sejumlah cabang yang telah tersebar di lebih dari 40 negara ini telah melalui masa transformasi yang luar biasa di bawah kepemimpinan Kimin Tanoto.

Keputusannya untuk beraliansi dengan perusahaan baja terbesar di Cina berhasil mendorong bisnisnya agar terus maju dan bersaing di kelas dunia.

Kimin Tanoto berhasil menjalin hubungan yang kuat dengan institusi keuangan di dalam dan luar negeri. Ia pun bekerjasama dengan sejumlah perusahaan infrastruktur dengan menyediakan produk besi dan baja yang berkualitas.

Dengan pengalaman dan relasinya yang mumpuni di pasar internasional, Kimin Tanoto juga menjadi sosok yang seringkali ditunjuk untuk menghubungkan calon investor dan investor asing untuk berkontribusi di Indonesia.

Sambil membuka jalan untuk mempertemukan perusahaan lokal dengan investor, Kimin Tanoto juga sekaligus memperluas jaringan koneksi untuk GRP di dunia global.

Hal ini pula lah yang mendorong dirinya untuk mengembangkan sektor investasi di GRP group dengan membentuk Gunung Capital.

Gunung Capital (GC) merupakan perusahaan yang bertujuan untuk mengelola investasi dan memberikan pendampingan positif kepada sejumlah perusahaan kecil dan menengah yang membutuhkan dukungan dana dan support system.

Melalui Gunung GC, Kimin bertekad untuk mengidentifikasi aspek penciptaan nilai, memberikan pendekatan operasional secara langsung, serta mendorong peningkatan ekonomi bagi sejumlah perusahaan lain.

Ia percaya, dengan memberikan sejumlah investasi, masyarakat Indonesia dapat bangkit bersama-sama untuk menstabilkan kembali situasi ekonomi di tengah pandemi. Serta menyambut masa depan yang lebih baik untuk semua.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : luis-andrianto

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya