1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. INSPIRA
Kisah Japris Bonuo, Bangun Mimpi Siswa Berasas Seni

Penulis : Panji Achmad Syuhada

14 Agustus 2019 12:48

Perjuangan Merajut Benang Kusut

PULUHAN Piala dan piagam penghargaan tersusun rapi dalam lemari kaca. Bukti prestasi diruangan mini sudut sekolah itu membuat Japris Bonuo bahagia. Setidaknya, perjuangan dirinya menuntun siswa dari ketertinggalan telah menunjukan hasil.

Japris Bonuo, yang kini didapuk sebagai kepala SMP Negeri 3 Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Riau itu setitik cahaya dalam kegelapan. Disela-sela menjalankan tugas administrasi sekolah, dia membina siswa secara langsung dengan mengandalkan materi bidang Seni dan IT (Informasi dan Teknologi).

SMP Negeri 3 Rambah adalah salah satu dari sekian banyak sekolah yang berada di Kabupaten berjuluk Negeri Seribu Suluk. Jaraknya dari Pasir Pangaraian, Ibu kota Rokan Hulu sekitar 7 kilometer. Namun lokasi sekolah termasuk jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, karena menjuru kedalam melewati perkebunan karet.

Dalam suatu kesempatan saat diutus pemerintah kesekolah itu tahun 2014 silam, alumnus Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Riau ini merasa pilu. Kondisi sekolah yang lusuh dan murid yang sedikit menjadi tantangan baru baginya. Disaat itulah, insting seniman muda ini terpacu untuk mengembangkan budaya kreatif dan inovatif yang diusung dia.

Sekolah yang hampir 'mati' itu disulap jadi bergelimang prestasi dalam kurun waktu singkat. Dalam prakteknya, Japris tak sendiri, dia dibantu para guru yang mendedikasikan diri demi generasi bangsa. " Ini semua berkat Allah, tiada upaya yang melebihi. Selama Allah memberi anugrah, kekuatan inipun timbul," katanya.

Terbukti, dua tahun berselang, siswa disekolah binaan Japris Bonuo sudah bisa mandiri dan kreatif. Mereka berhasil merakit komputer dari barang rongsokan untuk dijadikan sarana dalam mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2016.

2 dari 4 halaman
  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : panjisyuhada

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam