1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. INSPIRA
Manfaat Kata Maaf, Tolong dan Terima Kasih

Penulis : santi eka putry

14 Juli 2021 11:20

Ciri-ciri Kepribadian yang Baik

Seringkali kita mengabaikan kata maaf, tolong dan terimakasih. 3 kata ajaib yang penuh dengan makna, namun selalu diabaikan.

Seseorang yang terbiasa menggunakan kata "maaf" jika melakukan kesalahan yang sengaja atau tidak, ketika membutuhkan bantuan berkata "tolong" dan mengucapkan "terima kasih" setelah dimaafkan atau menerima bantuan itu ciri-ciri orang yang berakhlaq baik dan menghargai orang lain.

Karena, jika kita ingin dihargai maka hargailah orang lain, karena apa yang kita perbuat itulah apa yang akan kita dapat.

Mari kita pelajari bersama, apa sih yang pentingnya kata maaf, tolong dan terima kasih. apakah kalian sudah sering menggunakan kalimat tersebut?

Menurut KBBI maaf berarti, ungkapan permintaan ampun atau penyeselan, dan ungkapan permintaan izin untuk melakukan sesuatu. Contoh penggunaan kata maaf dalam pengungkapan permintaan ampun inilah tanda bahwa seseorang telah menyesal melakukan kesalahan tersebut.

Apa yang kalian ketahui tentang kata tolong? kata tolong adalah ungkapan untuk meminta bantuan. Siapapun yang dimintai bantuan jika ia berkata "tolong" maka dengan senang hati akan menolongnya, jika tidak berkenan yang dimintai pertolongan pasti akan menolak secara sopan dengan mengucapkan kata "maaf".

Kemudian yang pastinya sudah kita ketahui, apa arti kata terima kasih yaitu, rasa syukur. rasa yang timbul karena sudah dimaafkan, diberikan bantuan dan lainnya.
Dan yang baru-baru terjadi pada putri keraton jogya yang mengucapkan "terima kasih" kepada satpam yang membantunya menyebrang, malah ditertawai oleh segerombolan pemuda dibelakangnya dan diledek "kampungan"

“Nyebrang dr Plaza Senayan ke Senayan City ngucapin ‘makasih pak’ sama tiap satpam yg nyebrangin. Diketawin gerombolan di belakang. Bisik2 ngatain kampungan,” tulis putri Keraton Yogyakarta itu di akun Twitternya, @GKRHayu.

Kalimat yang sopan seperti itu saja sudah dicap kampungan oleh para pemuda tersebut. Jika bukan kita yang memperbaiki, siapa lagi?

Kata maaf, tolong, dan terima kasih kata dasar yang wajib ditanamkan kepada anak usia dini, demi mempertahankan akhlaq yang baik anak pada jaman sekarang ini.
Maka dari itu, mari kita sebarkan kebaikan kebahagian, dengan mengucapkan kata maaf, tolong dan terima kasih karena 3 kata ajaib tersebut bisa membuat seseorang lebih berguna dan merasa dihargai dan dihormati.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : santi-eka-putry

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya