1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. INSPIRA
Peduli Budaya, Frances Caitlin Bangun Website Tentang Kampung Budaya Betawi Setu Babakan

Penulis : Mulyono Sri Hutomo

6 Mei 2019 18:10

Frances Caitlin Tirtaguna ingin memperkenalkan kebudayaan Betawi kepada seluruh masyarakat Indonesia dan dunia.

Merdeka.com - Frances Caitlin Tirtaguna, penulis buku 'Ondel-Ondel Galau' yang diterbitkan Kompas Gramedia 2018 silam kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap pelestarian budaya Betawi.

Gadis berusia 16 tahun ini mengaku ingin memperkenalkan kebudayaan Betawi kepada seluruh masyarakat Indonesia dan dunia melalui sebuah platform digital website yang akan diserahkan kepada Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan.

“Akan sangat membanggakan, warga Jakarta apabila Perkampungan Budaya Betawi bisa menjadi salah satu tujuan wisata utama para turis saat ke ibukota," kata Frances Caitlin kepada Merdeka.com.

"Dan website resmi ini akan membantu memberikan berbagai informasi tentang budaya asli kota Jakarta beserta peta lokasi untuk mencapai lokasi PBB Setu Babakan,” lanjutnya.

Frances menambahkan, ide membuat sebuah website untuk Perkampungan Budaya Betawi tercetus pada saat dirinya melakukan riset untuk buku 'Ondel – Ondel Galau'.

Ia merasa kesulitan mendapatkan informasi yang valid tentang budaya Betawi di media sosial. Sejak saat itu, Frances bertekad untuk membuat sebuah wadah yang bisa menjadi panduan dan sumber informasi tertulis yang terpercaya tentang Kebudayaan Betawi agar kelak semua masyarakat Indonesia maupun luar negeri bisa mengaksesnya.

Melalui diskusi dengan berbagai pihak, akhirnya ia memutuskan bahwa website adalah wadah yang tepat pada saat ini untuk mendukung PBB Setu Babakan menjadi salah satu tujuan wisata utama para wisatawan yang berkunjung ke Jakarta.

Menurut Frances, kebudayaan Betawi selalu menjadi daya tarik baginya untuk terus dipelajari, dan Ia merasa bersyukur bisa berperan serta dalam pelestariannya.

“Masih banyak yang bisa digali, diperkenalkan, serta dikembangkan dari budaya Betawi. Begitu pun dengan website ini,” ujar Frances.

Ia menuturkan, isi dari website masih bisa terus ditambah, dikembangkan agar kelak menjadi sumber informasi yang terlengkap tentang kebudayaan Betawi.

Frances Caitlin juga masih bermimpi agar kebudayaan Betawi bisa mendunia, misalnya melihat kesenian Betawi bisa tampil di New York dan Batik Betawi bisa muncul di Paris Fashion Week.

"Dengan adanya website PBB Setu Babakan ini, siapapun bisa mengakses dengan mudah informasi lengkap tentang Betawi dan Perkampungan Budaya Betawi. Masyarakat juga dapat mengetahui berita terbaru dan acara-acara yang diselenggarakan di PBB Setu Babakan," ujar Frances Caitlin memungkasi.

Maksud dan tujuan Frances mebangun website ini didukung penuh oleh para tokoh Betawi dan Unit Pengelola Kawasan (UPK) PBB Setu Babakan. Atas permintaan Abang dan Mpok di UPK PBB Setu Babakan serta Bang Indra Sutisna dan Bang Yahya Andi Saputra sebagai tokoh masyarakat Betawi, sekaligus pembimbing dan pendamping Frances dan timnya dalam penyusunan isi website ini, maka disepakati nama website yang representatif dan mudah diingat oleh masyarakat.

Website ini akan diserahterimakan pada pertengahan bulan Mei 2019 mendatang di UPK Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan yang beralamat di Jl. RM. Kahfi II, RT.13/RW.8, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12640.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : mulyono-sri-hutomo

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam