1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. INSPIRA
Tips Mendidik Anak pada Era Digital Seperti Sekarang Ini yang Perlu Orang Tua Pahami dan Ketahui

Penulis : khairul kamal

6 April 2021 15:57

Cara Mendidik Anak pada Era Digital

Mempunyai anak di era millennial atau digital seperti sekarang ini memang sangat menantang. Sebab mendidik anak di era ini cukup membutuhkan otak dan tenaga agar anak tumbuh serta berkembang sesuai jalurnya.

Karena bahaya dari era digital ini adalah adanya cyberbullying, pemerasan, phedofilia hingga perjudian online, pornografi dan lain sebagainya, di mana bisa mengintai anak kapan saja.

Untuk itu, orang tua perlu tips atau cara mendidik anak yang benar agar mereka tumbuh dan berkembang secara maksimal sesuai dengan apa yang orang tua harapkan.

Dari tahun ke tahun perkembangan teknologi semakin cepat dan bisa diibaratkan menjadi pisau bermata dua untuk anak-anak. hal ini dikarenakan kemudahan mengakses berbagai hal hanya dengan menggunakan smartphone.

Peran orang tua di sini dalam mendidik anak sangat diperlukan untuk membimbing mereka ke jalan yang benar. Karena sebagai orang tua tentu kita sudah mengecap asam manis garam kehidupan.

Sehingga kitalah yang perlu memproteksi diri anak akan bahaya di luar. Dengan membekali ilmu pada anak bahwa mana yang baik dan yang buruk sejak dini penting untuk dilakukan.

Cara Mendidik Anak pada Era Digital

Karena mendidik anak secara konvensional saja belum cukup sebab orang tua juga perlu untuk memahami dan mengetahui dampak-dampak era digital ini pada anak.

Berikut ini ada tips dalam proses mendidik buah hati Anda di era digital untuk menghindarkan anak dari bahaya dunia maya yang mengintai atau mengancam anak:

1. Memakai Aplikasi-Aplikasi Yang Ramah Untuk Anak

Sebagai orang tua maka kita wajib untuk mengawasi apa yang anak lakukan, tidak terkecuali saat anak mulai aktif berselancar ke dunia maya. Biasanya iklan dan konten-konten dewasa akan secara tiba-tiba bermunculan di beranda dunia maya.

Dengan begitu, orang tua perlu untuk memasang aplikasi ramah anak. perkembangan perangkat lunak pun sudah bagus kok dari tahun ke tahun, ada aplikan yang bisa mengontrol apa yang boleh dan tidak anak lihat melalui parenting control (parental control).

Parenting control ini bisa orang tua dapatkan pada perangkat lunak seperti Net Nanny atau Kaspersky Safe Kids.

Untuk aplikasinya yang menarik namun ramah anak bisa orang tua dapatkan di Wackysafe, Kidrex dan Kiddle. Jadi orang tua bisa memasang aplikasi tersebut di smartphone baik smartphone orang tua atau anak ya.

Dan sebaiknya juga perlu untuk menjelaskan pada anak perihal parental control pada smartphone karena anak perlu untuk mengetahui apa yang baik dan buruk sehingga mengantisipasi anak mencari tahu sendiri.

Hal ini juga bisa membentuk komunikasi yang bagus pada anak bahwa orang tua perlu terbuka pada anak dan sebaliknya.

2. Atur Zona Bebas Teknologi Saat Berada Di Rumah

Cara mendidik anak di era digital memang gampang-gampang susah. Jadi agar anak tidak kecanduan pada smartphonenya maka penting sekali menerapkan zona bebas teknologi ketika di rumah.

Hal ini cukup efektif dalam mengurangi kecanduan gadget pada anak. Berikan penjelasan pada anak dengan baik dan bisa dengan mudah membuat anak memahami atau mengerti.

Atur beberapa waktu dalam sehari bahwa saat itu adalah zona bebas teknologi dan mengisinya dengan berbincang untuk meningkatkan komunikasi antara orang tua dan anak.

Kebiasaan ini perlu dibangun sejak dini, bahwa hal paling penting dalam sebuah keluarga adalah komunikasi yang baik.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : khairul-kamal

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya