1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. LIFESTYLE
5 Cara Membuat Bonsai dengan Mudah dan Praktis, Cocok Bagi Pemula

Penulis : Redaksi Harian

29 Maret 2021 15:25


Cara membuat bonsai sebenarnya tidak terlalu sulit. Popularitas tanaman bonsai tampaknya tak pernah padam di Indonesia. Sebab, tanaman ini biasanya di tampilkan dengan bentuk yang cukup unik. Pecinta tanaman bonsai juga berasal dari usia mana saja, baik itu remaja, dewasa maupun lansia.

Tak heran jika tanaman bonsai bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Terlebih bila kalian bisa membentuk tanaman bonsai semakin unik, itu nantinya akan mempengaruhi harga jualnya. Biasanya, semakin unik bentuk bonsai maka harga jual juga kian tinggi. Bagi para pemula tak perlu khawatir, cara membuat bonsai tak sesulit yang dibayangkan.

Penasaran dengan cara membuat bonsai dengan mudah? Melansir dari BonsaiKita.Com dan berbagai sumber.  simak ulasan informasinya berikut ini.

Memilih Tanaman


Cara membuat bonsai yang pertama yakni memilih tanaman bonsai yang tepat. Jenis tanaman bonsai rupanya berasal dari tanaman yang dikembang biakkan melalui metode okulasi dan enten. Akan tetapi, tidak semua tanaman bisa dijadikan bonsai.

Beberapa jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai merupakan tanaman dikotik. Di mana memiliki usia yang panjang seperti bonsai pohon serut. Tak hanya itu, tanaman yang bisa dijadikan bonsai harus memiliki daya tahan yang baik. Sebab, cara membuat bonsai akan menggunakan kawat, pemotong batang serta berada di dalam pot yang sempit untuk waktu lama.

Bahkan, saat melakukannya tanaman akan minim nutrisi. Kemudian, tanaman yang dipilih dari awal harus sudah memiliki bentuk yang indah. Pada umumnya ciri tanaman yang bisa dijadikan bonsai yakni memiliki daun rindang, jenis batang yang menarik dan bunga yang cantik.

Paham Media Tanam Bonsai


Cara membuat bonsai yang kedua adalah dengan memahami media tanam bonsai. Seperti dikatakan sebelumnya, bonsai di tanam dalam wadah atau pot dengan keterbatasan ukuran. Karenanya, persediaan nutrisi yang dimiliki oleh bonsai juga terbatas. Untuk itu, media tanam bonsai sangat lah penting untuk diperhatikan dan pahami.

Baca Selanjutnya: Hal ini demi kelangsungan...

Halaman

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : redaksiharian

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya