1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. LIFESTYLE
6 Jenis minyak yang aman dikonsumsi penderita diabetes

Penulis : Redaksi Harian

9 Mei 2021 22:47

Merdeka.com - Saat Anda menderita diabetes, makanan merupakan hal yang harus Anda perhatikan dengan seksama. Sebab, jika Anda salah dalam memilih makanan maka risiko lonjakan gula darah bisa berlangsung secara drastis.

Selain gula dan karbohidrat, pemilihan jenis minyak merupakan hal yang harus diperhatikan penderita diabetes dengan seksama. Hal ini disebabkan karena minyak mengandung tiga jenis asam lemak yaitu lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, dan lemak jenuh. Salah dalam memilih jenis minyak bisa berakibat menumpuknya lemak dalam tubuh yang membuat metabolisme gula jadi lambat.

Berikut adalah beberapa jenis minyak goreng baik yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Minyak kelapa



Banyak kontroversi yang muncul dari konsumsi minyak kelapa bagi penderita diabetes. Namun para peneliti telah mengonfirmasi bahwa minyak kelapa adalah salah satu jenis minyak yang bagi dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Minyak zaitun ekstra murni



Minyak zaitun telah terkenal manfaat sehatnya. Termasuk juga bermanfaat sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes. Walaupun begitu, hindari pemanasan tinggi saat Anda menggunakan minyak ini sebab mampu merusak kesehatan minyak zaitun.

Minyak kacang kenari



Para peneliti telah mengungkap bahwa minyak kenari mengandung asam lemak tak jenuh ganda, omega 3, dan banyak vitamin yang berguna untuk kesehatan penderita diabetes.

Minyak olahan


Minyak olahan atau refined oil adalah minyak yang melalui tahap penyulingan yang lebih sempurna. Sehingga membuat minyak ini stabil saat dipanaskan dengan suhu yang tinggi sehingga bisa menjadi pilihan sehat bagi penderita diabetes.

Minyak flaxseed

Salah satu jenis minyak yang aman dikonsumsi penderita diabetes adalah minyak yang terbuat dari flaxseed. Selain itu minyak ini juga kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk meningkatkan konsentrasi penderita diabetes.

Minyak kanola



Minyak kanola terbuat dari ekstraksi rapeseed. Karena minyak ini tinggi akan asam lemak omega 3 dan rendah lemak jenuh, maka baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.


Itulah sejumlah minyak yang sehat dan aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain menggunakan minyak tersebut, gunakan pula makanan sehat tinggi serat agar kesehatan tubuh Anda terjaga.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : redaksiharian

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya