1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. LIFESTYLE
Apa Sih Anak Generasi X Y Z Itu?

Penulis : Alberamory

5 Januari 2019 14:29

Apa Sih Anak Generasi X, Y, dan Z Itu?

Haloo sobat semua, pada ulasan artikel dari blog Jarco kali ini, akan menyinggung tentang generasi Z, namun juga perlu membahas terlebih dahulu tentang generasi pendahulunya, yaitu generasi X dan juga generasi Y. Generasi Z merupakan peralihan dari Generasi Y, dimana teknologi sedang berkembang baik, maju dan pesat. Pola pikir mereka cenderung ingin serba instan, cepat, simpel dan praktis.

Anda pun pasti sudah sering mendengar istilah “Generasi Milenial” bukan? Di mana kebanyakan orang mungkin masih belum terlalu mengetahui arti dan maksud yang sebenarnya. Tak jarang istilah tersebut masuk dalam percakapan orang tua dan muda pada sela-sela pembicaraan mereka saat asyik ngobrol.

Generasi Milenial, juga mempunyai nama lain, yaitu “Generasi Y”, merupakan kelompok manusia yang lahir di atas tahun 1980-an hingga 1997. Mereka disebut generasi Milenial dikarenakan, merekalah satu-satunya golongan generasi yang pernah melewati milenium kedua sejak teori generasi ini diembuskan pertama kali oleh Karl Mannheim pada tahun 1923.

Dalam esai yang berjudul "The Problem of Generation," sosiolog Mannheim memperkenalkan teorinya tentang generasi. Menurutnya, manusia-manusia di dunia ini akan saling memengaruhi dan membentuk karakter yang sama, karena mereka telah melalui masa sosio-sejarah yang sama. Maksudnya adalah, manusia-manusia pada zaman Perang Dunia II dan manusia pasca Perang Dunia II dipastikan memiliki karakter yang berbeda, walau keduanya telah saling memengaruhi dan berkaitan cukup erat.

Berdasarkan judul teori di atas, kini para soliolog yang bias Amerika Serikat telah membagi generasi manusia menjadi beberapa golongan generasi, berdasarkan rentang tahun kelahiran mereka:

Generasi Era Depresi, (orang yang lahir sebelum dan setelah perang Dunia I dan II) – menurut para sosiolog, Generasi Era Depresi juga dinamakan generasi era 70-an.
Generasi Perang Dunia I, (kelompok ini lahir pada rentang tahun 1860 hingga 1938)
Generasi Perang Dunia II, (lahir pada rentang tahun 1939 hingga 1945)

Kategori Generasi (Gen) Pasca-Perang Dunia II:
Generasi Baby Boomer, (lahir setelah berakhirnya Perang Dunia II), dan
Generasi Baby Boomer II, (lahir pada rentang tahun 1946 – 1964)
Generasi X, (lahir pada rentang tahun 1965 - 1980)
Generasi Y (Milenial), - lahir pada rentang tahun 1980-an hingga 1997
Generasi Z, – tahun 1998 hingga 2014 (Generasi anak saat ini)
Generasi Alfa (yang akan datang) - lahir pada rentang tahun 2014 hingga 2025.
Hal tersebut dibuat berdasarkan rentang tahun kelahiran orang. Namun, dalam pembagian rentang tahun yang telah di definisikan tersebut, oleh beberapa pakar masih banyak yang berbeda-beda, namun pendapat mereka tersebut tak terlalu berbeda jauh.

Informasi selengkapnya disini

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : alberamory

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam