1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. LIFESTYLE
Cara Puasa Bagi Ibu Hamil Yang Sangat Bagi Janin di Dalam Perut

Penulis : Fauzi Noer

14 Mei 2019 11:12

Puasa Ibu Hamil Yang Aman

Cara Puasa Bagi Ibu Hamil Yang Sangat Bagi Janin di Dalam Perut

Hukum berpuasa bagi wanita hamil adalah sunnah. Namun, banyak orang menganjurkan para ibu hamil ini untuk tidak ikut berpuasa karena khawatir akan kesehatan sang janin.

Hal ini ternyata tidak menyurutkan semangat para ibu hamil untuk tetap ikut menjalankan ibadah yang hanya datang setahun sekali ini karena dapat dikatakan bahwa puasa bagi ibu hamil itu cukup aman. Asalkan tetap memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan kesehatan si ibu dan janinnya.

Untuk kamu yang sedang mengandung dan ingin ikut berpuasa tahun ini, ada baiknya kamu simak tips berikut ini.

1. Istirahat yang cukup

Selama berpuasa, ibu hamil akan lebih mudah kelelahan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya kamu mendapatkan istirahat yang cukup dan tidak melakukan aktivitas berat selama berpuasa, ya.

2. Perbanyak minum air putih dan susu

Mengonsumsi air putih yang cukup dari berbuka puasa hingga sahur dapat menghindarkan kamu dari terserang dehidrasi selama berpuasa. Sementara susu yang kamu minum saat sahur dapat menjadi energi tambahan agar kamu tidak mudah lemas saat berpuasa.


3. Hindari makanan pedas saat sahur dan berbuka puasa

Makanan pedas memang sangat menggugah selera, Moms. Tapi, untuk kamu yang sedang mengandung, sebaiknya hindari makanan pedas. Selain dapat menyebabkan sakit perut dan diare, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas juga dapat memicu terjadinya kontraksi.

Karena sudah menahan lapar seharian, pastinya kamu ingin menyantap semua hidangan yang tersaji di meja makan dalam waktu yang hampir bersamaan. Ternyata, hal ini kurang baik untuk ibu hamil karena dapat membuat perut kamu kaget dan mengalami keram.

Untuk menghindari hal tersebut, mulailah dengan camilan seperti kurma atau buah-buahan. Setelah perut kamu mulai terisi, baru deh kamu bisa menyantap makanan utama kamu secukupnya saja, ya.

4. Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks dan serat

Karena tahun ini kamu berpuasa bersama si janin, kamu harus lebih memperhatikan kandungan gizi dalam makanan yang kamu konsumsi selama sahur dan berbuka puasa agar janin kamu tetap mendapatkan saluran gizi yang cukup.

Selain memenuhi kebutuhan gizi janin yang sedang kamu kandung, dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, roti, dan kacang-kacangan saat sahur akan membuat perut kamu terasa kenyang lebih lama. Sementara serat yang bisa kamu dapatkan dari buah dan sayuran yang kamu konsumsi berfungsi untuk melancarkan BAB. Hal ini pun dapat membuat kamu merasa nyaman selama berpuasa.

5. Rutin konsumsi madu untuk jaga metabolisme tubuh

Dengan mengonsumsi madu secara rutin saat berbuka dan sahur dapat membuat puasa kamu menjadi lebih ringan. Madu sendiri berkhasiat menjaga kelembaban tubuh kamu sehingga terhindar dari resiko dehidrasi. Selain itu, madu juga dapat menjaga keseimbangan metabolisme tubuh dan mampu membuat kamu lebih kuat selama berpuasa.

Jadi, untuk ibu hamil yang ingin berpuasa dan ingin tetap menjaga pertumbuhan sang buah hati, jangan lupa untuk menerapkan tips di atas, ya!

Selamat berpuasa bagi yang menjalankan, semoga kita meraih kemenangan di hari yang fitri nanti.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : fauzi-noer

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam