1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. LIFESTYLE
Dampak Buruk Bahasa Gaul Di Indonesia Untuk Masa Depan

Penulis : Apriliani

14 Juli 2021 19:04

Bahasa yaitu perananan penting dalam kehidupan sehari-hari, karena bahasa merupakan alat komunikasi dan alat untuk berfikir manusia. Di Indonesia sendiri, bahasa Indonesia jadi hal utama yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia. Namun sayangnya, di zaman sekarang pemakaian Bahasa Indonesia yang baik dan benar mulai kurang diminati dan tergantikan oleh bahasa anak remaja yang disebut dengan bahasa gaul. Terkadang sampai muncul dalam surat resmi atau situasi resmi dan menyebabkan penggunaan bahasa yang tidak baik dan tidak benar.


Bahasa gaul digunakan oleh kalangan remaja sebagai alat komunikasi dalam waktu tertentu, dan akan terus muncul bahasa yang semakin modern, dikarenakan anak remaja mempunyai cara berbeda-beda dalam mengekspresikan dirinya. Contohnya saat ini bahasa gaul yang terkenal yaitu pengucapan kata Anjay yang dapat diartikan sebagai pengungkapan rasa takjub. Dikarenakan perkembangan zaman bahasa gaul pun kian marak dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari.


Beberapa dampak buruk yang ditimbulkan seperti:
1. Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar akan tergantikan oleh Bahasa Gaul.
2. Menurunnya derajat Bahasa Indonesia.
3. Menyebabkan punahnya penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.
4. Kesalahpahaman pengertian Bahasa Indonesia yang tidak benar.
5. Serta akan menyebabkan kepunahan mengenai penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.


Ditambah kurangnya kesadaran masyarakat untuk mencintai dan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar berdampak pada kelunturan dan hilangnya penggunaan Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari terutama dikalangan remaja. Apalagi dengan maraknya dunia kalangan selebriti yang menggunakan bahasa gaul di media elektronik, membuat remaja semakin sering menirukannya dalam kehidupan sehari-hari. Memang tidak mudah membiasakannya. Sayapun terkadang masih menggunakan bahasa gaul. Maka dari itu mari kita biasakan berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : apriliani

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya