1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. LIFESTYLE
Ikan Mas Menu Favorit di Indonesia, Namun di Australia Jadi Hama Berbahaya

Penulis : Yuli Astutik

1 April 2021 10:19

Planet Merdeka - Bagi rakyat Indonesia, ikan mas ialah lauk favorit yang dapat dijodohkan dengan lalapan, namun bagi Australia, mereka adalah hama buat ekosistemnya 

Berbahaya? Bagaimana tidak, para peneliti menduga  jumlah ikan mas di sana mencapai 360 juta ikan mas. Jumlah itu berpotensi menyumpal  saluran air Australia dalam satu tahun "basah".

Saking berbahayanya, nyatanya  Australia berwujud  program khusus buat membatasi  "hama" tersebut. Nama programnya Rencana Pengendalian Ikan Mas Nasional.

Laman abc.net.au melaporkan, para peneliti telah mengidentifikasi biomassa dan kepadatan spesies hama perusak dalam studi pertama di Australia yang diterbitkan pada jurnal Biological Conservation. Tim peneliti menyusun data dari 4.831 lokasi di bermacam tipe habitat tergolong sungai, danau, lahan basah, dan memakai pendekatan berbasis model untuk menduga sebagian banyak ikan mas yang ada di aliran air.

Baca Selanjutnya: Dr Lyon, mengatakan, sebagian...

Halaman

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : yuli-astutik

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya