1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. LIFESTYLE
Mau Liburan Singkat di Bogor? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Kuliner Legendaris Ini!

Penulis : Estrin Vanadianti Lestari

5 Agustus 2019 18:16

Maraknya kuliner kekinian tak membuat tempat wisata kuliner kehabisan pelanggan, khususnya di kota Bogor. Nah, berikut beberapa tempat wisata kuliner paling rekomended yang bisa temani Anda untuk liburan singkat di Bogor.

Kurang lengkap rasanya jika Anda pergi liburan singkat di Bogor tanpa mengunjungi tempat wisata kuliner paling rekomended ini. Selain terkenal dengan banyaknya wisata destinasi yang sejuk, kota Bogor juga terkenal dengan wisata kulinernya yang sangat legendaris. Maka tak heran jika banyak warga luar kota Bogor yang mampir ke sini hanya untuk berburu kuliner.

Biasanya setiap akhir pekan, mobil berplat B dan D yakni warga Jakarta atau Jabodetabek dan Bandung, penuh memadati ruas jalan kota Bogor untuk liburan singkat. Sambil berlibur, mereka biasanya membawa sekeluarga untuk mengisi akhir pekan, salah satunya datang ke lokasi-lokasi kuliner yang sangat terkenal.

Terlebih, wisata kuliner di kota hujan ini juga terus berinovasi, sehingga semakin banyak ragam jenis wisata kuliner yang bisa dikunjungi. Nah, bagi Anda yang ingin mencari tahu, wisata kuliner apa saja yang paling direkomendasikan, yuk simak di sini:

1. Doclang Mak Icoh

Tempat wisata kuliner untuk mengisi liburan singkat di Bogor yang pertama adalah Doclang Mak Icoh. Kuliner yang satu ini sebenarnya sangat mirip dengan ketoprak yang biasa ditemukan di Jakarta. Namun, ada perbedaan dari kedua makanan ini, yakni dari bungkusnya.

Jika ketorpak hanya dibungkus kertas nasi, Doclang dibungkus dengan daun patat. Daun patat sendiri biasa tumbuh di lereng Gunung Salak. Untuk isinya, Doclang terdiri dari irisan tahu goreng, kentang goreng, telur rebus, dan pesor, yang disajikan dengan bumbu kacang, kecap, dan kerupuk.

Untuk lokasinya, Anda bisa kunjungi Doclang Mak Icoh di Jalan Mantarena Jembatan Merah, kota Bogor.

2. Asisnan Bogor Gedung Dalam

Jika Anda sedang liburan singkat di Bogor, maka kurang lengkap jika tidak mencicipi makanan khas Bogor, yakni Asinan Bogor. Dari banyaknya penjual Asinan di Bogor, ada salah satu asinan yang sangat direkomendasikan untuk Anda, yakni Asinan Bogor Gedung Dalam.

Berlokasi di Jalan Siliwangi No. 27, Bogor Timur, asinan ini dibanderol dengan harga terjangkau, dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Sama seperti asinan pada umumnya, Asinana Bogor Gedung Dalam dibagi menjadi 3 varian, yakni asinan buah, asinan sayur, dan asinan buah dan sayur. Buah yang dipakai di sini adalah buah-buahan tropis seperti bengkuang, kedongdong, jambu, nanas, dan mentimun. Sedangkan asinan sayur, menggunakan bahan sayuran seperti tauge dan kol.

3. Soto Kuning Pak Yusuf

Soto Kuning memang selalu menjadi santapan yang pas ketika Anda mengisi liburan akhir pekan nan singkat di Bogor. Apalagi jika Anda mengunjungi Soto Kuning Pak Yusuf yang sudah sangat terkenal. Bukan sembarang soto kuning, karena soto ini memiliki ciri khas yang unik, yakni warna kuning yang berasal dari bumbu kunyit dan rempah-rempah pilihan.

Di Soto Kuning Pak Yusuf ini terdiri dari 4 varian, yakni soto limpa, daging, ayam, dan babat. Lokasinya pun sangat strategis, Anda hanya tinggal menyusuri Jalan Surya Kencana No. 103. Selamat mencoba!

4. Bir Kotjok Abah Acep

Minuman tradisional bernama bir kotjok yang satu ini bukan minuman keras yang memabukan, melainkan jamu. Tidak seperti namanya, bir kotjok ini terdiri dari berbagai rempah-rempah asli Indonesia yang dipadukan menjadi sebuah minuman kesehatan.

Bir kotjok yang terdiri dari jahe, kayu manis, cengkeh, gula pasih dan gula aren ini bisa digunakan sebagai minuman kesehatan, terutama bermanfaat untuk sirkulasi darah. Tidak hanya diminum cuma-cuma, bir ini juga bisa dicampurkan dengan es batu, sehingga cocok untuk menemani liburan singkat di Bogor, dibawah teriknya matahari.

Lokasi: Gang Aut, Jalan Suryakencana, Bogor.

5. Toge Goreng Ibu Hj. Omah

Bagi Anda penggemar toge goreng, Anda wajib banget buat kunjungi tempat kuliner toge goreng yang satu ini yakni Toge Goreng Ibu Hj. Omah. Meski ditengah maraknya makanan kekinian, Toge Goreng Ibu Hj. Omah selalu memikat para pecinta kuliner legendaris.

Tumisan kecambah, potongan tahu, ketupat, serta mie kuning yang disiram bumbu oncom ini memiliki rasa gurih. Selain itu, makanan ini juga rendah lemak dan kaya protein, sehingga makanan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin diet.

Lokasi: Jalan Jend. Sudirman No. 23 A, Pabaton, Bogor Tengah, Sempur, Bogor Tengah, Kota Bogor.

6. Makaroni Panggang

Tempat wisata kuliner legendaris selanjutnya yang cocok untuk temani liburan singkat di Bogor adalah Makaroni Panggang atau biasa disingkat MP. Makanan ala Eropa ini memang sangat disukai pecinta pasta, namun Makaroni Panggang tetap menciptakan cita rasa yang cocok untuk lidah orang Indonesia.

Makaroni Panggang disajikan dalam berbagai ukuran, yang sangat cocok untuk dinikmati bareng keluarga. Untuk lokasinya, Anda bisa kunjungi di alamat berikut : Jl. Salak No.24, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Ketahui juga beragam lokasi wisata untuk liburan singkat Anda di daerah Jabodetabek di sini.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : estrin-vanadianti-lestari

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam