1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. LIFESTYLE
Sederet Bisnis Kuliner yang Digeluti Kedua Putera Presiden Jokowi

Penulis : imron

22 Juli 2019 12:01

Sederet bisnis kuliner telah dijalani kedua putera Presiden.

Planet Merdeka - Dua anak Presiden Joko Widodo yaitu Gibran Rakabuming, dan Kaesang Pangarep sangat menekuni dunia bisnis kuliner. Sederet bisnis kuliner telah dijalani oleh putra bungsu dan sulung Presiden Jokowi.

Putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming telah menjalani bisnis kuliner sejak lama. Ketika sang Bapak masih menjabat Walikota Solo hingga menjadi Gubernur Jakarta, Gibran telah memiliki usaha catering yang dikenal dengan nama catering Chilli pari.

Berikut ini sederet usaha kuliner yang tengah dijalani oleh kedua putra Presiden Jokowi dari yang terlama hingga terbaru.

2 dari 7 halaman

1. Chilli Pari

Chilli Pari merupakan usaha catering sekaligus wedding organizer yang dijalani putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming. Dikutip dari laman situs chilliparicatering.com, usaha ini berdiri sejak tahun 2010 di kota Solo, Jawa Tengah.

Tidak hanya usaha catering, Gibran juga membawa Chilli Pari mengembangkan bisnisnya dan keluar dari zona nyaman dengan menjadi wedding organizer di Solo.

Chilli Pari juga menawarkan berbagai kebutuhan pesta seperti Catering solo, Gedung Pernikahan, dekorasi, rias pengantin, souvenir, undangan, entertainment, mc, dan lain sebagainya.

3 dari 7 halaman

2. Markobar

Selain Chilli Pari, Gibran juga menjalani bisnis kuliner lainnya yaitu Markobar. Dikutip dari laman markobar1996.net, MARKOBAR adalah usaha yang bergerak di bidang kuliner yang sudah berdiri sejak 1996, yang berkonsentrasi pada jenis kudapan yaitu martabak manis.

MARKOBAR terus berinovasi untuk mengembangkan produknya menjadi top market di bidangnya. Saat ini MARKOBAR sudah mempunyai 33 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.

4 dari 7 halaman

3. Pasta Buntel (Pastel)

Pasta Buntel merupakan bisnis kuliner yang dijalani oleh Gibran dan Kaesang bersama tiga orang temannya dan hanya baru buka di kota Solo. Harganya juga cukup terjangkau, berkisar Rp 17.000–Rp 20.000. Cita rasa makanannya pun sangat khas dengan masakan Jawa.

Semua makanan yang disajikan di Pasta Buntel dibungkus dengan daun pisang. Harganya juga cukup terjangkau, berkisar Rp 17.000–Rp 20.000.

5 dari 7 halaman

4. Sang Pisang

Bisnis kuliner Sang Pisang juga dijalani oleh Putra Bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep. Dirinya telah merintis bisnis pisang ini sejak November 2017 dan sudah buka di 24 kota di Indonesia dengan total 54 outlet.

Dikutip dari laman liputan6.com, kuliner yang semuanya serba pisang ini lebih menjanjikan karena ketersediaannya juga lebih terjamin dibandingkan jenis buah lainnya.

6 dari 7 halaman

5. Mangkokku

Bisnis ini merupakan bisnis kuliner terbaru yang baru dijalani kedua putra Presiden Jokowi bersama Chef Arnold dan seorang temannya. Bisnis kuliner ini menyajikan menu rice bowl baru di launching, 29 Juni 2019.

Ketika mendirikan usaha ini, ternyata ada keterlibatan Presiden Jokowi di sana yang mengenalkan sang anak dengan Chef Arnold.

Dikutip dari laman liputan6.com, Restoran yang berdiri di kawasan Tanjung Duren, Grogol, Jakarta Barat ini memiliki tagline "Bersih Merakyat Nikmat Nyata".

7 dari 7 halaman

Dalam video terlihat Gibran menyuapi Raffi Ahmad

Dalam vlog terbaru Rans Entertainmen, Raffi dan Nagita mereview makanan mangkokku yang disajikan langsung oleh Chef Arnold dan Kaesang.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : imron

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam