1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. LIFESTYLE
Tips Menurunkan Berat Badan Untuk yang Suka Makan

Penulis : Kris Santi Handayani

27 Desember 2018 15:06

Tips Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh ideal bak artis Korea adalah dambaan setiap wanita. Untuk anda yang memiliki hobi makan, anda jangan khawatir karena anda bisa menurunkan berat badan dengan mudah tanpa tersiksa. Ingin tahu seperti apa cara menurunkan berat badan yang tepat untuk anda yang hobi makan? Yuk simak berikut ini.

agi anda yang hobi makan, menurunkan berat badan mungkin bukanlah hal yang mudah. Namun, anda jangan khawatir, sebab cara menurunkan berat badan berikut ini bisa anda coba:

Makan Menggunakan Piring Kecil

Makan dengan menggunakan piring kecil dimaksudkan untuk mengurangi porsi makan atau mengurangi nafsu makan. Anda tetap bisa mengonsumsi aneka makanan yang anda sukai, namun porsinya lebih sedikit. Berdasarkan para peneliti di University of Groningen menyatakan bahwa piring yang terisi penuh 70% biasanya lebih digemari ketika makan. Nah, makan dengan menggunakan piring kecil seakan-akan piring sudah terisi penuh. Dengan cara ini juga dapat memangkas kalori yang berlebih.

Ganti Makanan Manis

Sebagai cara menurunkan berat badan, mengurangi asupan gula adalah hal yang penting untuk dilakukan. Jika anda tidak bisa menghindari makanan manis, anda bisa mengganti gula dengan menggunakan bahan pemanis alami yang lebih sehat dan tentunya tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan.

Memilih Karbohidrat dengan Kandungan Serat Tinggi

Untuk anda yang hobi makan sebaiknya dengan perlahan ganti karbohidrat anda dengan makanan berbahan gandum utuh. Anda dapat mengganti makanan sehari-hari anda seperti roti tawar, nasi putih dengan nasi merah atau roti gandum.

Makanan yang berbahan dari biji-bijian dan gandum tersebut jika dimakan dalam jumlah banyak aman. Kandungan serat pada makanan tersebut akan membuat anda kenyang dalam waktu yang lebih lama dan baik untuk menurunkan berat badan.

Minum Sebelum Makan

Sebelum anda makan sebaiknya anda minum terlebih dahulu sebanyak 2 gelas. Ini dilakukan untuk membantu anda agar merasa kenyang lebih lama. Minum air sebelum makan akan membuat anda makan lebih sedikit dan membantu anda dalam menurunkan berat badan. Berdasarkan penelitian, minum air sebelum makan akan berhasil membantu mengurangi berat badan pada mereka yang memiliki berat badan berlebih.

Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Protein

Cara ini diketahui ampuh dalam menurunkan berat badan, serta baik untuk membangun massa otot tubuh. Beberapa makanan yang mengandung protein yaitu ayam, daging merah, susu dan lain sebagainya. Dimana nutrisi tersebut penting untuk mempertahankan otot ketika anda sedang berusaha memangkas lemak sehingga tidak akan membuat badan anda kurus dengan kelebihan lemak.

Selain itu, para ahli menyarankan untuk mengatur makan setiap 3 sampai 4 jam. Ini dilakukan untuk menjaga agar kadar gula darah tetap stabil sehingga tubuh anda akan tetap sehat.

Aktif Bergerak

Melakukan aktifitas yang cukup atau bergerak aktif penting dilakukan dalam rangka menurunkan berat badan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan berat badan ideal anda harus aktif bergerak. Anda bisa memulainya dengan gerakan sederhana seperti jalan-jalan atau naik turun tangga. Dengan banyak bergerak maka dapat membakar kalori dalam tubuh.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : kris-santi-handayani

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam