1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. METRO
Ledakan di Monas Korban Tergeletak Dengan Kondisi Terluka Parah

Penulis : Moana

3 Desember 2019 10:43

Terjadi ledakan di Monas

Planet Merdeka - Selasa (03/11/2019) pagi, terjadi sebuah ledakan di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Ledakan tersebut terjadi sekitar pukul 07.05 WIB.

Akibat ledakan tersebut terdapat dua korban yang merupakan anggota TNI. Setelah ledakan itu, korban pun langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

2 dari 5 halaman

Masih dalam penanganan polisi

Terkait ledakan tersebut, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Argo Yuwono mengatakan bahwa saat ini kepolisi masih mendalami ledakan yang terjadi di kawasan Monas tersebut. 

"Ada ledakan, tapi masih kita cari ledakan dari apa," ujar Argo Yuwono.

Lebih lanjut, Argo mengatakan bahwa sampai saat ini, pihak kepolisian masih berada di sekitar lokasi kejadian. 

"Area tersebut dalam penanganan kepolisian," kata Argo.

Pihak kepolisian pun saat ini masih belum mengetahui penyebab ledakan yang terjadi di Monas tersebut karena masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

"Polisi akan mendalami penyebab ledakan," kata Argo.
3 dari 5 halaman

Korban tergeletak.

Dua korban diketahui bernama Serka Fajar dan Prada Gunawan. Kedua korban merupakan anggota TNI. Korban berasal dari Ganisun 1 Jakarta. Usai ledakan tersebut, di media sosial beredar video pasca ledakan.

Dari video yang beredar itu, tampak seorang korban tergeletak di tanah. Korban diduga mengalami luka parah akibat ledakan tersebut. Namun, siapa yang menyangka, korban yang sebelumnya tergeletak, nampak bangkit ketika mendengar rekannya berteriak saat menelepon ambulans.

"Fajar, mobil ambulans, anggota kita !" teriak salah seorang pria yang diduga anggota TNI rekan korban.
4 dari 5 halaman

Berasal dari granat

Sementara itu, setelah melakukan pemeriksaan di lokasi, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan bahwa ledakan berasal dari granat.

"Hasil temuan tim di lapangan ini adalah granat asap yang meledak," kata Eddy. 

Granat asap tersebut meledak saat dipegang anggota TNI Serka Fajar. Akibat ledakan tersebut, Serka Fajar pun mengalami luka parah di tangannya bagian kiri. Sementara itu Prada Gunawan mengalami luka di bagian pahanya.
5 dari 5 halaman

Ledakan terdengar kencang

Sampai saat ini, petugas masih menyelidiki bagaimana kronologi hingga ledakan tersebut terjadi. Sementara itu, seorang petugas kebersihan bernama Mariyati mengaku mendengar ledakan tersebut. Saat itu, Mariyati tengah menyapu jalanan di sekitar Gedung Mahkamah Agung. Ledakan itu sendiri terjadi di kompleks Monas atau tepatnya di seberang Kantor Kementerian Dalam Negeri di Jalan Medan Merdeka Utara. 

"Sekali ledakan kenceng banget," kata Mariyati.
  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : moana

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam