1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. METRO
Geger Pemuda Kencingi Bendera Merah Putih, Polisi Beberkan Fakta Sebenarnya

Penulis : Moana

12 Agustus 2019 13:19

Geger pemuda kecingi Bendera Merah Putih

Belakangan, beredar sebuah video yang menunjukkan beberapa pemuda nampak sedang buang air kencing di atas Bendera Merah Putih.

Video itupun beredar luas di media sosial hingga viral. Terkait hal tersebut, pihak kepolisian pun langsung melakukan penyelidikan dan mengamankan para pemuda tersebut.

2 dari 10 halaman

Polisi beberkan fakta yang sebenarnya

Empat pemuda asal Riau itu diamankan karena diduga telah melakukan penistaan terhadap bendera Merah Putih. Pihak kepolisian kemudian membeberkan fakta di balik viralnya video tersebut. Kejadian tersebut rupanya terjadi di Indragiri Hulu (Inhu), Riau.

Pihak Polres Indragiri Hulu, Riau pun kemudian menangkap keempat pemuda dalam video tersebut. Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting pun kemudian melakukan interogasi terhadap empat pemuda yang diduga kencingi bendera Merah Putih itu. 
3 dari 10 halaman

Tak mengencingi bendera

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto menyampaikan bahwa air seni para pemuda tersebut tidak mengenai bendera Merah Putih tersebut. 

"Setelah dilakukan interogasi, dan menganalisa rekaman video yang viral, pemuda yang diamankan Polres Inhu tidak mengencingi bendera," kata Sunarto.
4 dari 10 halaman

Direkam temannya dan ditambah narasi

Lebih lanjut, Sunarto mengatakan bahwa saat kejadian ada dua orang pemuda yang sedang buang air kecil di dekat bendera tersebut.

Dan salah seorang teman mereka kemudian merekam kejadian itu. Video itu pun kemudian diunggah ke akun media sosialnya dan diberi tambahan narasi.
5 dari 10 halaman

Empat pemuda diamankan

Narasi itu seakan-akan menggambarkan bahwa para pemuda tersebut tengah mengencingi bendera Merah Putih dan lafadz Allah yang ada di sebuah pohon.

Dari penangkapan itu, empat pemuda diamankan yakni berinisial BO (22), FS (22), MS (25) dan DS (21). Keempat pemuda itu merupakan warga Kecamatan Lirik, Inhu, Riau. 
6 dari 10 halaman

Terjadi di warung makan Kecamatan Pasir Penyu

Lebih lanjut, Sunarto membeberkan mengenai kejadian tersebut. Menurut Sunarto, kejadian itu terjadi pada Jumat (09/08/2019) sekitar pukul 23.00 WIB.

Peristiwa itu terjadi di halaman sebuah warung makan yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Inhu. 

 
7 dari 10 halaman

Kencing di bawah bendera dan disamping pohon

Awalnya, keempat orang tersebut tengah melakukan perjalanan dari Kecamatan Lirik menuju ke sebuah kafe yang berada di Kecamatan Pasir Penyu. Usai minum kopi di kafe tersebut, keempat pemuda itu pun keluar.

Mereka menuju ke tempat parkir mobil. Disaat itulah kemudian MS dan DS ingin buang air kecil. Dan mereka pun kemudian kencing di bawah bendera yang tergantung di dekat tempat parkir dan MS kencing di samping pohon. 

"MS buang air seni di bawah bendera dan tidak mengenai bendera yang tergantung. Sedangkan, MS buang air di samping pohon. Di lokasi memang ada yang menjual bendera menjelang peringatan HUT RI," kata Sunarto.
8 dari 10 halaman

Langsung diamankan

Ketika kencing itulah teman MS dan DS merekamnya lalu diunggah ke instagram tanpa sepengetahuan keduanya. Dan setelah viral, keempatnya pun kemudian langsung diamankan. 

"Setelah diselidiki Polres Inhu, keempat pemuda dapat diamankan untuk dimintai keterangan," kata Sunarto.
9 dari 10 halaman

Masih lakukan pemeriksaan

Sementara itu Humas Polres Inhu Aipda Misran mengatakan bahwa keempat pemuda tersebut kini masih diamankan di Polres Inhu guna pemeriksaan lebih lanjut. 

"Masih. Masih diamankan untuk dilakukan pemeriksaan," kata Misran. 
10 dari 10 halaman

Tak sampai mengenai bendera

Misran pun menjelaskan bahwa dari hasil pemeriksaan alat bukti (rekaman video), tampak secara kasat mata bahwa MS dan DS tidak sedang melakukan aksi penistaan terhadap Bendera Merah Putih seperti narasi video yang viral tersebut.

"Tidak mengenai Bendera," kata Misran.
  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : moana

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam