1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. METRO
Kunjungan Kerja ke Desa Wisata Tipang, Menteri Sandiaga Uno Berikan Alat Pertukangan ke Sanggar Seni Delloid

Penulis : Mulyono Sri Hutomo

30 November 2021 17:35

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno berikan bantuan untuk sanggar seni Delloid di Desa Wisata Tipang, Kecamatan Bukitraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara.

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menggelar kunjungan kerja ke sanggar seni Delloid di Desa Wisata Tipang, Kecamatan Bukitraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara. Mas menteri, panggilan akrabnya, mengunjungi Desa Wisata Tipang, sebagai bagian dalam rangkaian kerja Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Pada kesempatan tersebut, Sandiaga Uno memberi bantuan alat pertukangan untuk membuat alat musik tradisional Batak.

"Saya mengapresiasi Sanggar Delloid di Humbang Hasundutan, Sumut yang mempertahankan alat musik tradisional. Untuk itu bantuan alat pertukangan diberikan untuk membantu peningkatan produksi dan mutu alat musik tradisional itu," kata Menteri Sandiaga Uno dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (30/11/2021).

Dia menegaskan, saat ini sudah sangat sulit mencari masyarakat yang mau melestarikan budaya asli bangsa ini. Sehingga dia mengaku bangga dengan sanggar Delloid yang masih melestarikan alat musik khas Batak hingga saat ini.

“Ini adalah salah satu upaya dalam mengangakat budaya dan musik memang menjadi khas suatu daerah,” katanya.

Kepada awak media, Sandiaga menjelaskan memang mencari tahu apa tantangan yang dimiliki desa dalam mengembangkan paket wisata dan pembukaan lapangan pekerjaan. Hingga akhirnya dia mendapatkan informasi kalau desa sangat membutuhkan alat-alat pertukangan. Alat seperti bor listrik, alat ampelas, ketam listrik, alat pemotong kayu, dan lainnya. Maka dari itu Mas Menteri ingin memberikan dukungan berupa alat-alat tersebut.

Sandiaga  juga berharap dengan bertambahnya alat-alat ini, Sanggar Delloid, para pengurus pokdarwis, serta anak-anak muda di Desa Wisata Tipang semakin bersemangat melestarikan alat musik tradisional batak, dan memperkenalkannya, tidak hanya ke seluruh Indonesia tetapi juga kepada dunia.

“Kita harapkan ini juga bisa membuka lapangan perkerjaan sehingga bisa bangkitkan ekonomi masyaraat dan desa,” ujarnya.

2 dari 2 halaman

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Desa Wisata Tipang terletak di kecamatan Bukitraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara, masuk dalam 50 Desa Wisata dalam rangkaian Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang di galakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dengan mengangkat tema “Indonesia Bangkit”.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang di galakkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dengan mengangkat tema “Indonesia Bangkit”, program ini diharapkan mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 mengusung 7 tujuh kategori penilaian bagi desa wisata pendaftar, diantaranya: CHSE, Desa Digital, Souvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan), Konten Kreatif, Homestay dan Toilet.

Dimana kategori tersebut diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi wisata berkelanjutan dan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas yang dapat diikuti oleh semua desa di Indonesia.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : mulyono-sri-hutomo

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya