1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. METRO
Manfaat Perdagangan Internasional dalam Berbagai Bidang

Penulis : Surya Setiawan

13 Agustus 2019 11:40

Manfaat Perdagangan Internasional Secara Umum

Menurut Wikipedia.org perdagangan internasional yaitu usaha perdagangan yang dilakukan penduduk sebuah negara ke penduduk negara lainnya.

Tentu saja kedua negara sebelumnya sudah membuat kesepakatan. Perdagangan internasional ini membawa banyak manfaat antara kedua belah pihak.

Baik bidang sosial, ekonomi, serta keamanan dan politik. Berikut manfaat perdagangan internasional bagi kamu yang belum tahu

Manfaat Perdagangan Internasional Secara Umum

Pertama, perdagangan internasional memiliki manfaat secara umum. Manfaat ini dirasakan oleh setiap negara yang terlibat dalam perdagangan internasional. Berikut apa saja keuntungan perdagangan internasional secara umum :

1. Memperoleh Devisa

Misalnya Indonesia, ketika melakukan ekspor barang ke Amerika otomatis akan mendapatkan mata uang asing berupa dollar amerika. Nah, dollar Amerika ini bisa juga disebut sebagai devisa. Hal ini disebabkan karena Indonesia bisa memanfaatkannya untuk mengimpor barang dari negara lain, menggunakan devisa (mata uang asing tersebut).

2. Memperluas Kesempatan Kerja

Dari sisi tenaga kerja, perdagangan internasional ini juga sangat berguna. Dengan aktivitas suatu negara yang mengekspor barang, maka dapat memperluas kesempatan kerja baik lebih banyak orang. Bayangkan jika sumber daya tambang, atau kerajinan misalnya di suatu negara tidak diekspor. Tentu saja banyak sekali individu negara tersebut yang justru menganggur.

3. Menstabilkan Harga-harga

Kadang terjadi produk dalam negeri yang justru berharga mahal, serta justru kurang memadahi dan tidak memenuhi kebutuhan pasar. Untuk mengatasi hal ini, perlu dilakukan aktivitas impor. Dengan begitu, harga produk tersebut dapat dipastikan stabil sekaligus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam negeri.

4. Meningkatkan Kualitas Konsumsi

Jika diperhatikan kegiatan perdagangan internasional secara tidak langsung akan membantu masyarakat. Misalnya masyarakat yang kurang puas dengan kualitas produk dalam negeri bisa memperolehnya barang dengan standart internasional. Selain itu, para produsen dalam negeri pun ikut terpacu untuk memproduksi barang yang berkualitas sama dengan produk internasional.

Hal ini dilakukan mereka tentu saja, agar produk buatannya dapat bersaing dalam kancah luar negeri. Kalau di Indonesia produk seperti ini misalnya televisi, sepatu, dan macam-macam perabotan lainnya.

5. Mempercepat Transfer Teknologi

Untuk menggunakan produk buatan luar negeri, tentunya dibutuhkan pengetahuan dan pemahaman khususnya bagi negara pengimpor produk tersebut. Hal ini mengakibatkan pihak produsen harus gencar melakukan edukasi serta pelatihan pada pengimpor. Tentu saja secara tidak langsung akan mempengaruhi cepatnya transfer teknologi.

Seiring berjalannya waktu, suatu negara akan lebih mudah mengetahui tentang banyak teknik seputar manufaktur modern.

Manfaat Perdagangan Internasional Di Bidang Ekonomi

Tidak hanya dari sisi secara umum saja. Manfaat adanya perdagangan internasional juga dapat dirasakan negara yang terlibat dari segi ekonomi & Bisnis. Dikutip dari income.id Berikut apa saja manfaat adanya perdagangan internasional terutama dari segi ekonomi suatu negara :

1. Memenuhi Permintaan Dalam Negara

Negara bisa diumpamakan sebagai manusia. Manusia perlu orang lain untuk menjalani kehidupannya. Begitu juga sebuah negara. Perdagangan internasional merupakan sebuah bentuk kerja sama yang bisa dilakukan suatu negara dengan negara lain. Maka dari itu, mereka bisa saling memenuhi kekurangan masing-masing.

2. Menambah Kemakmuran Suatu Negara

Begitu juga dari segi pendapatan yang akan diterima oleh negara. Semakin aktif negara ikut perdagangan internasional, maka semakin tinggi pula pendapatan negara tersebut. Hal ini karena aktivitas timbal balik yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

Dalam arti penjual akan dapat mengurangi stok produk di negaranya pada negara lain yang justru membutuhkan produk tersebut.

3. Memperluas Lapangan Pekerjaan

Perdagangan internasional juga bermanfaat untuk meningkatkan kuantitas barang produksi suatu negara. Nantinya produk yang diproduksi tersebut bisa diekspor. Jika produksi barang meningkat, maka meningkat pula tenaga kerja yang dibutuhkan. Inilah mengapa perdagangan internasional juga punya manfaat untuk memperluas lapangan pekerjaan.

4. Meningkatkan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

Perdagangan internasional juga dapat memaksa suatu negara untuk lebih terpacu meningkatkan kualitas dan mutu barang yang diproduksi. Hal ini harus dilakukan demi produk mereka bisa bersaing di kancah persaingan internasional. Sehingga suka tidak suka mereka harus mengupayakan produknya bagus dalam hal mutu atau kualitas.

5. Mengurangi Angka Kemiskinan

Secara tidak langsung perdagangan internasional juga dapat memerangi kemiskinan di suatu negara. Betapa tidak, suatu negara yang melakukan aktivitas ekspor tentu saja akan membutuhkan tenaga kerja lebih banyak. Sehingga membuka peluang lapangan kerja lebih banyak.

Hal ini membuat masyarakat yang sebelumnya tidak punya pekerjaan menjadi punya. Akibatnya, kemiskinan makin lama semakin sedikit.

Manfaat Perdagangan Internasional Di Bidang Sosial

Dari adanya kegiatan perdagangan internasional juga punya manfaat lain. Salah satunya dalam bidang sosial. Tentunya semakin erat hubungan sosial antar negara, perdamaian dunia akan semakin nyata terwujud. Berikut apa saja keuntungan perdagangan internasional dari sisi sosial :

Mempererat hubungan antar negara. Perdagangan internasional bisa bermanfaat untuk menjalin persaudaraan dengan negara lain. Jadi bisa saling membantu apabila salah satu mendapatkan kesulitan Mencegah terjadinya krisis. Secara tidak langsung perdagangan internasional juga dapat menghalau krisis yang dialami oleh salah satu negara yang terkait hubungan perdagangan. Misalnya negara A mengalami krisis gagal panen. Oleh karena punya hubungan erat dengan negara B yang berasnya melimpah, maka dibantulah negara A. Sehingga tidak jadi mengalami krisis. Terwujudnya perdamaian dunia. Jika antarnegara punya hubungan yang baik, terutama dalam hal perdagangan internasional maka akan membawa dampak baik. Salah satunya adalah terwujudnya perdamaian dunia.
Manfaat Perdagangan Internasional Di Bidang Keamanan Dan Politik

Terakhir perdagangan internasional juga punya manfaat dari sisi politik. Selain itu dapat juga bermanfaat untuk mewujudkan keamanan dalam negeri. Berikut uraian selengkapnya :

Kebutuhan senjata untuk aktivitas pertahanan negara terpenuhi. Bagi negara yang kurang bisa memproduksi sendiri senjata yang berkualitas, maka mengimpor merupakan pilihan yang terbaik. Impor senjata bisa dilakukan dari negara Jerman maupun Rusia. Meminimalisir adanya pemicu peperangan. Aktivitas perdagangan internasional akan membuat semua negara yang terlibat mau tidak mau harus mentaati semua peraturan yang berlaku. Ini akan meminimalisir adanya peperangan, misalnya pembuatan nuklir dan lain-lain Menumpas perdagangan barang ilegal. Bahkan perdagangan internasional juga berdampak baik untuk menghalau peredaran barang terlarang. Negara-negara yang terlibat dalam perdagangan internasional akan bahu-membahu untuk menumpas perdagangan ilegal. Termasuk narkoba, perdagangan manusia, hewan langka, dan lain-lain.
Itulah beberapa macam manfaat perdagangan internasional jika dilihat dari berbagai segi. Baik manfaat secara umum, dari segi ekonomi & Bisnis, sosial, maupun bidang keamanan dan politik. Jadi perdagangan internasional sudah sepatutnya diikuti oleh semua negara-negara di dunia khususnya negara kita tercinta Indonesia.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : surya-setiawan

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam