1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. METRO
Sandiaga Uno Disebut Pemimpin Masa Depan yang Bisa Majukan Produk Lokal

Penulis : Mulyono Sri Hutomo

23 September 2021 09:22

Kampung Yoboi, Distrik Sentani Jayapura jadi satu dari 50 kampung dan desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno melakukan kunjungan kerja ke Kampung Yoboi, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (22/9/2021). Kunjungan kerja Menteri Sandiaga Uno ini merupakan bagian dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dimana Kampung Yoboi terpilih sebagai satu dari 50 kampung dan desa wisata terbaik.

Saat berkunjung ke Kampung Yoboi, Menteri Sandiaga Uno mencicipi es krim sagu, yang dikenal sebagai gelato-nya Kampung Yoboi. Pada kesempatan tersebut, Sandiaga berbincang dengan Mama Marice yang menjadi penjual es krim yang terbuat dari sagu.

Kuliner es krim unik yang diproduksi khas Kampung Yoboi, telah banyak dikenal kelezatan rasanya dengan bahan dasar sagu yang dipadukan dengan buah naga.

“Saya minta pak Sandiaga sebagai pimpinan masa depan kami, bisa promosikan es krim sagu kami sehingga produksinya bisa dikenal lebih banyak lagi,” kata Mama Marice.

Menanggapi permintaan tersebut, Sandi mengungkapkan bahwa dia akan membantu promosikan hasil karya dari mama Marice yang nantinya setiap wisatawan yang datang bisa mencoba es krim unik tersebut.

“Saya akan membantu promosikan, dan akan kami bantu supaya setiap yang datang bisa menikmati es krim ini,” kata Menteri Sandiaga.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang di galakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dengan mengangkat tema “Indonesia Bangkit”.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang di galakkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dengan mengangkat tema “Indonesia Bangkit”, program ini diharapkan mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 mengusung 7 tujuh kategori penilaian bagi desa wisata pendaftar, diantaranya: CHSE, Desa Digital, Souvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan), Konten Kreatif, Homestay dan Toilet.

Dimana kategori tersebut diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi wisata berkelanjutan dan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas yang dapat diikuti oleh semua desa di Indonesia.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : mulyono-sri-hutomo

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya