1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. METRO
Sosialiasi Anugerah Desa Wisata Indonesia di Deli Serdang, Menparekraf Sandiaga Uno: Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional

Penulis : Mulyono Sri Hutomo

10 Juni 2021 16:58

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno bersama Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, dan Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan melakukan kunjungan kerja di Desa Denai Lama, Kabupaten Deli Serdang

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan kunjungan kerja sekaligus Sandiaga Salahuddin Uno sosialisasi ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 bertema 'Indonesia Bangkit' di Agrowisata Paloh Naga di Desa Denai Lama, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Menteri Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja bersama Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, dan Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan.

"Wisata Pasar Paloh Naga memang unik. Meskipun nilai transaksi menggunakan kepeng masih belum signifikan dalam industri pariwisata, namun kami melihat semangat menjadikan desa wisata ini memiliki keunikan dan tumbuh berkembang merupakan prestasi tersendiri bagi kami di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,"  ujar Menteri Sandiaga Salahuddin Uno, Rabu (9/6/2021).

Desa Wisata Denai Lama, Kabupaten Deli Serdang dipilih dalam kegiatan sosialisasi ini karena Desa Denai Lama terkenal dengan Literasi adat budayanya, seperti budaya Jawa, Melayu dan Batak. Desa ini juga menghasilkan kerajinan yang beragam, seperti kain tenun khas Desa Denai Lama, Kain Batik Jumputan, dan Kerajinan dari batok kelapa.

Desa Wisata Denai Lama juga berkembang dalam pemanfaatan potensi desa, seperti dibangunnya sanggar lingkaran yang memiliki kafe baca, yaitu kafe yang juga berfungsi sebagai taman bacaan yang salah satu manfaatnya untuk pengembangan karakter sumber daya masyarakatnya, dikelola oleh remaja desa Denai Lama.

"Menghargai semangat desa untuk membangun desa wisata dengan agrowisata yang unik merupakan simbol kebangkitan ekonomi nasional," imbuh Sandiaga Salahuddin Uno.

Selain itu, Desa Denai Lama berhasil berkembang dibidang agrowisata salah satunya agrowisata Paloh Naga sebagai pusat produksi jajanan dan oleh-oleh khas dari Desa Denai Lama, yang mempunyai ciri khas dalam setiap transaksi jual belinya masih menggunakan cara menukarkan uang dalam bentuk koin kayu.

Desa Wisata Denai Lama, Kabupaten Deli Serdang dipilih dalam kegiatan sosialisasi ini karena Desa Denai Lama terkenal dengan literasi adat budayanya, seperti budaya Jawa, Melayu dan Batak yang juga menghasilkan kerajinan yang beragam, seperti kain tenun khas Desa Denai Lama, Kain Batik Jumputan, dan Kerajinan dari batok kelapa.

Desa Wisata Denai Lama juga berkembang dalam pemanfaatan potensi desa, seperti dibangunnya Sanggar lingkaran yang memiliki kafe baca, yaitu kafe yang juga berfungsi sebagai taman bacaan yang salah satu manfaatnya untuk pengembangan karakter Sumber Daya Masyarakatnya, dikelola oleh remaja desa Denai Lama.

Selain itu, Denai lama berhasil berkembang dibidang agrowisata salah satunya agrowisata Paloh Naga sebagai pusat produksi jajanan dan oleh-oleh khas dari Desa Denai Lama, yang mempunyai ciri khas dalam setiap transaksi jual belinya masih menggunakan cara menukarkan uang dalam bentuk koin kayu.

"Desa wisata kami dukung untuk meningkatkan keterampilan masyarakat. Fokus di sini wisata edukasi, karena di sini ada kafe baca, setiap minggunya selalu ada menyuguhkan kearifan lokal. Harapannya sama-sama kita bergandengan tangan untuk mendukung keberadaan tempat ini," ujarnya.

Sebagai bagian dari acara sosialisasi ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 bertema 'Indonesia Bangkit', Menteri Sandiaga Uno mengajak masyarakat untuk saling bersinergi membangun Indonesia.

“Ajang ini merupakan upaya untuk mendorong desa-desa wisata berbenah dan turut serta untuk mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang bertujuan untuk membangkitkan perekonomian sektor wisata di Indonesia. Anugerah Desa Wisata sebagai program unggulan dan program andalan masyarakat untuk pelaku wisata di Indonesia," kata Menteri Sandiaga Uno.

"Desa wisata menjadi cerminan kebangkitan ekonomi di tengah hantaman pandemik COVID-19 yang juga berimbas pada ekonomi dan wisata,” ujarnya menambahkan. Melalui ajang ADWI 2021, Sandiaga ingin masyarakat Indonesia bahkan dunia mengetahui potensi besar desa wisata.

"Dengan sosialisasi ini, kita harapkan akan membangkitkan minat dari desa-desa wisata yang ada di seluruh Indonesia untuk mendaftarkan diri. Jadi jangan lupa daftarkan desa anda di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 di laman www.jadesta.com/adwi2021 sampai 26 Juni 2021," ujarnya.

Menteri Sandiga Uno pada akhir acara mengajak seluruh lapisan masyarakat melalui media sosial untuk mengikuti ajang pemilihan ADWI 2021 yang bertujuan untuk memilih desa wisata yang memiliki potensi pariwisata.

“Ayo sukseskan ADWI melalui media sosial yang mungkin ada desa wisata berpotensi dan bisa ikut serta dalam ajang ini,” ujar Sandiaga Uno memungkasi.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : mulyono-sri-hutomo

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya