1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. METRO
Viral Muncul Kerajaan Agung Sejagat Di Purworejo Yang Mengaku Sebagai Juru Damai Dunia

Penulis : Queen

14 Januari 2020 11:14

Muncul Kerajaan Agung Sejagat

Beredar berita viral munculnya Kerajaan Agung Sejagat (KAS) di Purworejo. Sang Sinuwun mengaku memiliki ratusan pengikut setia dan sebagai juru damai dunia.
Kemunculan Kerajaan Agung Sejagat (KAS) di Purworejo berhasil menjadi viral di berbagai media sosial.

Pimpinan Kerajaan Agung Sejagat (KAS) Purworejo mengaku sebagai juru damai dunia. Kehadirannya mengaku menunaikan janji 500 tahun akan runtuhnya Kerajaan Majapahit.

2 dari 7 halaman

Kerajaan Agung Sejagat mulai mendeklarasikan diri


Tak tanggung-tanggung, Totok Santosa Hadiningrat pria yang dipanggil Sinuhun sebagai pimpinan di Kerajaan Agung Sejagat Purworejo ini mengaku memiliki ratusan pengikut setia. Kerajaan ini mengklaim beberapa hal, diantaranya bahkan mengklaim memiliki kekuasaan di seluruh di dunia.

Mereka mempunyai bangunan layaknya keraton pada umumnya dan bahkan memiliki batu yang dianggap sebagai prasati. Bangunan tersebut berada di Desa Pogung Juru Tengah, Bayan, Purworejo. Layaknya sebuah kerajaan, pada Minggu (12/1/2020), para anggota kerajaan ini berkumpul dengan atribut seperti abdi kerajaan pada umumnya. Mereka berjalan untuk medeklarasikan diri mengenai keberadaan mereka.

3 dari 7 halaman

Alasan kemunculan Kerajaan Agung Sejagat


Kemunculan Kerajaan Agung Sejagat tersebut ikut menghebohkan jagad media sosial. Batu yang diklaim sebagai prasasti Kerajaan Agung Sejagat (asian culture)
Dari video yang beredar di media sosial, sang pimpinan Totok mengatakan ia merupakan Rangkai Mataram Agung.

"Kami muncul menunaikan janji 500 tahun runtuhnya kerjaan Majapahit pada tahun 1518," kata Totok dalam jumpa pers Minggu (12/1/2020).

4 dari 7 halaman

Tujuan berdirinya Kerajaan Agung Sejagat

Ia mengkalim pengikutnya berjumlah 424 orang dan terus bertambah. Bahkan kerjaan itu mengklaim memiliki kekuasan meliputi seluruh dunia, karenanya berhak mengubah sistem politik global.

"Kita umumkan pada dunia, bahwa Keraton Agung Sejagat sebagai induk daripada seluruh Kingdom State Tribune Koloni yang ada di seluruh dunia ini, menyatakan sebagai juru damai terhadap konflik yang terjadi di seluruh dunia," ungkapnya.

Totok menyebut strategi untuk memberikan perdamaian dunia, yaitu dengan memperbaiki sistem dalam skala global.

"Dengan memperbaiki sistem kedaulatan, sistem bernegara, sistem ekonomi, dan moneter secara global," ucap Totok seperti dikutip dari Kompas TV.

5 dari 7 halaman

Sosok Pemimpin Kerajaan Agung Sejagat

Totok Santoso Hadiningrat yang merupakan pimpinan kerjaan tersebut, mempunyai akun Instagram dengan nama @hrhtoto. Tidak ada foto yang mengambarkannya seorang raja karena hanya ada foto-foto selfie yang diungah. Bahkan unggahan terakhirnya diunggah pada 19 Feburari 2019 dan menampilkan lirik lagu Imagine yang dipopulerkan John Lennon 'The Beatles'.

6 dari 7 halaman

Tanggapan Gubernur Jawa Tengah



Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, ikut menanggapi mengenai adanya kemunculan Kerajaan Agung Sejagat tersebut. Ia menilai perlu adanya pengujian lebih lanjut secara ilmiah mengenai keberadaan kerajaan tersebut.

"Syukur-syukur ada perguruan tinggi yang mendampingi. Baik juga untuk didiskusikan," kata Ganjar dalam keterangannya, Senin (13/1/2020).

Ia tak ingin keberadaan Pemimpin Kerajaan Agung Sejagat (KAS) Purworejo ini malah menjadi keresahan masyarakat sebab organisasi ini juga belum diketahui secara jelas. Ia juga meminta Pemerintah Kabupaten Purworejo untuk mengajak komunikasi pentolan KAS sehingga mengetahui tujuan dan maksudnya.

"Pemerintah Purworejo harus memayungi langsung masyarakatnya, memberikan perlindungan, meminta klarifikasi sehingga bisa jadi jelas," tandasnya.
7 dari 7 halaman

Tanggapan netizen

Acara Konferensi pers yang dilakukan oleh Kerajaan Agung Sejagat tersebut terekam dalam sebuah video dan diunggah oleh akun @purwerejo.terkini. Banyak netizen yang ikut mengomentari adanya kerajaan tersebut. Seperti akun @pratiwi_arema87, pemilik akun tersebut merupakan warga asli Purworejo dan baru tahu jika di daerahnya terdapat sebuah kerajaan.

"Hah? Di sisi lain aku seneng krungu purworejo duwe kerajaan, di sisi lain aku bertanya-tanya , asal mula kerajaan ini, Iki Ki bangunan wis ke biyen (sudah dari dulu) / tiba-tiba ana (tiba-tiba ada) (kerajaan tiban), apa aku sing kurang update?" tulis akun tersebut.

"Lumayan buat lucu-lucuan" tulis akun @andri.farrel.

"Pengen ketawa tapi takut dosa," tulis akun @nindadwi_a's.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : queen

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam