1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SEHAT
10 Obat Tradisional Penyakit TBC Paling Cepat Menyembuhkan

Penulis : Mamang Udin

8 Agustus 2019 07:27

10 Obat Tradisional Penyakit TBC Paling Cepat Menyembuhkan

Obat TBC-, Anda sedang menderita tbc yang tak kunjung sembuh dan ingin membeli obat tbc di apotik, Jangan terburu-buru keluar rumah, kini telah hadir obat herbal Jelly Gamat yang merupakan ramuan paling ampuh terbuat dari Ekstrak Teripang Emas yang sudah terbukti manjur khasiatnya, bisa membantu menyembuhkan penyakit tbc.

Penyebab TBC

Penyakit TBC ini diakibatkan infeksi kuman mikobakterium tuberkulosis yang dapat menyerang paru, ataupun organ-organ tubuh lainnya seperti kelenjar getah bening, usus, ginjal, kandungan, tulang, sampai otak. TBC dapat mengakibatkan kematian dan merupakan salah satu penyakit infeksi yang menyebabkan kematian tertinggi di negeri ini.

Kali ini yang dibahas adalah TBC paru. TBC sangat mudah menular, yaitu lewat cairan di saluran napas yang keluar ke udara lewat batuk/bersin & dihirup oleh orang-orang di sekitarnya. Tidak semua orang yang menghirup udara yang mengandung kuman TBC akan sakit.

Pada orang-orang yang memiliki tubuh yang sehat karena daya tahan tubuh yang tinggi dan gizi yang baik, penyakit ini tidak akan muncul dan kuman TBC akan “tertidur”. Namun, pada mereka yang mengalami kekurangan gizi, daya tahan tubuh menurun/ buruk, atau terus-menerus menghirup udara yang mengandung kuman TBC akibat lingkungan yang buruk, akan lebih mudah terinfeksi TBC (menjadi ‘TBC aktif’) atau dapat juga mengakibatkan kuman TBC yang “tertidur” di dalam tubuh dapat aktif kembali (reaktivasi).

Infeksi TBC yang paling sering terjadi, yaitu pada paru, sering kali muncul tanpa gejala apa pun yang khas, misalnya hanya batuk-batuk ringan sehingga sering diabaikan dan tidak diobati. Padahal, penderita TBC paru dapat dengan mudah menularkan kuman TBC ke orang lain dan kuman TBC terus merusak jaringan paru sampai menimbulkan gejala-gejala yang khas saat penyakitnya telah cukup parah.

Gejala TBC

Gejala penyakit TBC dapat dibagi menjadi gejala umum dan gejala khusus yang timbul sesuai dengan organ yang terlibat. Gambaran secara klinis tidak terlalu khas terutama pada kasus baru, sehingga cukup sulit untuk menegakkan diagnosa secara klinik.

1. Gejala Sistemik/umum

Demam tidak terlalu tinggi yang berlangsung lama, biasanya dirasakan malam hari disertai keringat malam. Kadang-kadang serangan demam seperti influenza dan bersifat hilang timbul.

Penurunan nafsu makan dan berat badan.
Batuk-batuk selama lebih dari 3 minggu (dapat disertai dengan darah).
Perasaan tidak enak (malaise).
Lemah dan lemas.

2. Gejala Khusus

Tergantung dari organ tubuh mana yang terkena, bila terjadi sumbatan sebagian bronkus (saluran yang menuju ke paru-paru) akibat penekanan kelenjar getah bening yang membesar, akan menimbulkan suara “mengi”, suara nafas melemah yang disertai sesak.

Kalau ada cairan dirongga pleura (pembungkus paru-paru), dapat disertai dengan keluhan sakit dada.

Bila mengenai tulang, maka akan terjadi gejala seperti infeksi tulang yang pada suatu saat dapat membentuk saluran dan bermuara pada kulit di atasnya, pada muara ini akan keluar cairan nanah.

Pada anak-anak dapat mengenai otak (lapisan pembungkus otak) dan disebut sebagai meningitis (radang selaput otak), gejalanya adalah demam tinggi, adanya penurunan kesadaran dan kejang-kejang.

Pada pasien anak yang tidak menimbulkan gejala, TBC dapat terdeteksi kalau diketahui adanya kontak dengan pasien TBC dewasa. Kira-kira 30-50% anak yang kontak dengan penderita TBC paru dewasa memberikan hasil uji tuberkulin positif. Pada anak usia 3 bulan sampai 5 tahun yang tinggal serumah dengan penderita TBC paru dewasa dengan BTA positif, dilaporkan 30% terinfeksi berdasarkan pemeriksaan serologi/darah.
10 Obat Tradisional Penyakit TBC Dari Tumbuhan Obat tradisional untuk TBC harus memperhatikan beberapa hal yaitu obat tersebut harus mengandung antioksidan yang menangkal radikal bebas dan antibakteri agar bakteri penyebab TBC dapat dilumpuhkan.

Berikut ini beberapa tanaman obat serta ramuan herbal untuk mengobati TBC :

1. Daun Sirih Merah

Cuci bersih 7 Lembar Daun Sirih Merah lalu potong kecil-kecil. Rebus dengan 3 gelas air hingga air berkurang setengahnya. Minum ramuan ini tiga kali sehari dengan menambahkan 1 sdm madu.

2. Sambiloto

Ambil Daun Sambiloto kering 1 genggam kemudian digiling halus hingga menjadi bubuk. Tambahkan madu ke bubuk Sambiloto tersebut kemudian dibuat bulatan-bulatan kecil berdiameter 0,5 cm atau berbentuk seperti pil. Minum 15-30 pil dengan air hangat 2-3 x sehari.

3. Bawang Putih

Ambil Bawang Putih 2-4 butir, dicuci bersih, kemudian dikunyah, dan airnya ditelan.

4. Lempuyang Wangi

Cuci bersih 1 genggam Akar Lempuyang Wangi kemudian dipotong-potong dan direbus dengan 5 gelas air hingga air tersisa setengahnya. Saring dan dinginkan, diminum ¾ gelas 2 kali sehari.

5. Buah Kelapa Hijau

Kelapa Hijau ini merupakan satu dari 10 Obat Tradisional Penyakit TBC yang mudah didapat dan harganya sangat terjangkau. Caranya potong bagian bawah dan bagian atas kelapa hijau dan beri lubang di bagian atasnya. Panaskan kelapa hijau diatas bara api hingga mendidih, diamkan selama 15 menit, dan air kelapa diminum setelah dingin pada pagi dan sore hari.

6. Kembang Sepatu

Giling 3 kuntum Kembang Sepatu hingga halus, tambahkan 1 sdm madu dan ½ gelas air matang. Peras dan saring. Minum air seduhannya 3 x sehari.

7. Daun Sisik Naga

Cuci bersih 30 gram Daun Sisik Naga Segar, rebus dengan 3 gelas air hingga air tersisa setengahnya. Minum ramuan ini 2 x sehari dan setiap minum sebanyak ½ gelas.

8. Bambu Tali atau Bambu Apus

Ambil 6-12 gram umbi atau rebung Bambu Tali kering, direbus dengan 1,5 gelas air. Minum air rebusan dalam keadaan hangat 2 x sehari sampai penyakit sembuh. Ramuan ini efektif untuk menyembuhkan TBC yang disertai batuk berdarah.

9. Bidara Upas

Cuci bersih ¼ jari Bidara Upas kemudian diparut. Tambahkan 2 sendok teh madu dan 1 sendok makan air matang. Peras dan saring. Diminum tiga kali sehari.

10. Singawalang

Singawalang termasuk 10 Obat Tradisional Penyakit TBC. Cuci bersih 5 lembar Daun Singawalang kemudian ditumbuk hingga halus. Seduh hasil tumbukan dengan air panas, tambahkan gula merah dan garam secukupnya. Aduk hingga larut, saring, dan dinginkan. Minum ramuan ini 2 x sehari.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari 10 Obat Tradisional Penyakit TBC ini, Anda harus melakukan beberapa hal diantaranya: berhenti merokok, tinggal di lingkungan yang sehat, tidak makan tauge atau kecambah, dan konsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Lakukan pengobatan tradisional ini secara teratur dan bila sakit berlanjut atau semakin berat, segera konsultasikan ke dokter. Selamat mencoba. Semoga Allah segera memberikan kesembuhan kepada Anda.

Selain dengan 10 obat tradisional diatas, Jika Anda tidak ingin repot kini hadir QnC Jelly Gamat Obat TBC Ampuh Cepat Menyembuhkan. KLIK DISINI

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : mamang-udin

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam