1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SEHAT
Awas! Tidak Semua Jenis Susu Sapi Baik Dikonsumsi, Begini Penjelasannya

Penulis : Yuli Astutik

17 Maret 2021 14:14

Planet Merdeka - Banyak orang di Indonesia bahkan dunia mengkonsumsi susu. Susu dikonsumsi karena susu dianggap memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan gizi. Namun ternyata tidak semua jenis susu baik untuk dikonsumsi manusia. Beberapa susu tidak dianjurkan.

Seperti kita ketahui bersama, secangkir susu mengandung 37% laktosa dan 27% protein, 30% lemak, dan sisanya mikronutrien. Ada beberapa protein dalam susu, seperti kasein, β-kasein dan protein tinggi.

Fiastuti Witjaksono, Pakar Gizi Klinik di Departemen Gizi FKUI RSCM, baru-baru ini menyampaikan dalam sambutannya bahwa untuk B-kasein, protein susu mengandung sedikitnya 39% β-kasein.

Ada dua jenis beta-kasein yang dikenal luas yaitu beta-kasein A1 dan beta-kasein A2.

Beta-kasein pada sapi di Eropa berbeda dengan mamalia lain karena adanya sejarah mutasi. Ahli dari Lincoln University, Selandia Baru, Profesor Keith Bernard Woodford mengatakan belum jelas penyebab mutasi tersebut.

Baca Selanjutnya: Beta-kasein pada mamalia di...

Halaman

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : yuli-astutik

KOMENTAR ANDA

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Artikel Lainnya