1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SEHAT
Bagaimana Cara Mengatasi Ejakulasi Dini ?

Penulis : Putri Diandra

8 April 2019 10:18

Waspada Jangan Sampai Terlalu Cemas

Ejakulasi dini ialah proses ejakulasi yang terjadi pada masa-masa yang belum diharapkan, yakni sebelum penetrasi atau tidak lama sesudah penetrasi terjadi. Dengan kata lain, lelaki dapat merasakan ejakulasi bahkan dengan tidak banyak rangsangan saja dan sebelum masa-masa yang diharapkan.

Sebenarnya susah menilai kapan batas masa-masa normal seorang pria merasakan ejakulasi saat bersangkutan seksual. Namun, rata-rata pria merasakan ejakulasi sesudah lima sampai tujuh menit saat bersangkutan seksual. Jika lebih cepat dari itu, maka barangkali seorang pria merasakan ejakulasi dini.

Ejakulasi dini dapat dirasakan oleh tidak sedikit orang dalam kondisi tertentu, seperti ketika merasa resah, stres, depresi, bersangkutan seksual guna kesatu kalinya dengan pasangan baru, atau andai sudah lama tidak bersangkutan seksual. Pada beberapa kasus, situasi ini dapat berhubungan dengan efek samping obat-obatan, cedera, atau gangguan hormonal. Namun, penyebab yang jelas pada beberapa besar permasalahan ejakulasi dini tidak diketahui.

Satu urusan yang butuh diperhatikan, walau tidak berbahaya, situasi semacam ini bisa menjadi serius sebab berisiko menyebabkan kekecewaan pada pasangan dan bisa memengaruhi hubungan dalam jangka panjang.

Baca Juga : Obat Lemah Syahwat Alami
Meskipun banyak hal dapat menyebabkan ejakulasi dini, Anda dapat menggunakan tips berikut tentang bagaimana mengalami ejakulasi dini: Tingkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan dan makanan bergizi lainnya. Program latihan untuk menjaga kebugaran. Hindari stres dan beban kerja yang berlebihan. Latihan pernapasan dan kontrol emosional. Latihan kegel memperkuat otot-otot di sekitar penis. Latihan untuk menunda ejakulasi dengan mengambil jeda ketika sensasi terjadi, sehingga tidak terjadi ejakulasi. Penggunaan obat-obatan herbal untuk ejakulasi dini (sangat disarankan) karena obat-obatan herbal 100% tidak menyebabkan efek samping yang berbahaya. Masturbasi 1-2 jam sebelum hubungan intim, agar tidak mudah ejakulasi. Gunakan kondom tebal saat menghubungkan untuk mengurangi sensitivitas penis Ciptakan suasana santai dan rileks saat berhubungan seks, kondisi lingkungan semenyenangkan mungkin, hindari kecemasan, kegelisahan, ketidaknyamanan atau kurang percaya diri. Ejakulasi dini juga dapat dicegah dengan menekan perineum (area antara anus dan skrotum). Jika Anda telah melakukan beberapa tips yang disebutkan di atas dan masih mengalami ejakulasi dini, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli andrologi untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Dokter dapat meresepkan obat untuk menunda ejakulasi dini pada pria. Obat ini mungkin mengandung antidepresan dan analgesik. Tetapi obat-obatan ini secara alami dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala.

Baca Juga : Resep Obat Tradisional Lemah Syahwat
Beberapa contoh obat termasuk fluoxetine, sertraline, paroxetine dan dapoxetine. Semua obat-obatan ini termasuk kelompok antidepresan.

Selain itu, beberapa perawatan dapat dilakukan, yaitu konseling, anestesi topikal untuk mengurangi sensitivitas penis, atau selective serotonin reuptake inhibitor.

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : putrid14n

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam