1. MERDEKA.COM
  2. >
  3. PLANET MERDEKA
  4. >
  5. SEHAT
Ibu Hamil Jangan Stres, Efeknya Bisa Buruk untuk Janin

Penulis : Gawean Ruhiyat

1 Februari 2019 10:32

Bahaya Ibu Hamil Stres Bagi Janin

Planet Merdeka - Stres selama kehamilan adalah kondisi normal yang dialami banyak wanita hamil. Tetapi jika terus menerus, itu akan berdampak pada kesehatan janin. Jadi mari kita lihat efek stres pada kesehatan janin dan cara mencegahnya.

Jika wanita hamil dapat mengatasi stres dengan baik, respons tubuh terhadap stres akan berkurang dan tubuh akan kembali ke keadaan semula. Sebaliknya, stres yang tidak dikelola dengan baik berisiko meningkatkan hormon stres ibu yang dapat memengaruhi kesehatan janin di dalam rahim.

Berbagai efek stres selama kehamilan

Jika stres pada ibu hamil tidak diobati dengan baik, kesehatan ibu dan janin dapat terganggu. Berikut ini adalah beberapa masalah yang terjadi ketika wanita hamil menjadi stres:

  • Mempengaruhi otak janin

Stres kronis selama kehamilan diyakini berkontribusi pada kelainan proses pembentukan otak janin dan peningkatan risiko penyakit mental di masa depan pada janin. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi hubungan antara stres dan kelainan pembentukan otak janin lebih lanjut.

  • Konsekuensi untuk pertumbuhan bayi

Beberapa data menunjukkan bahwa wanita hamil yang tidak mampu mengatasi stres berisiko melahirkan bayi dengan berat badan rendah atau prematur. Penelitian juga menunjukkan hubungan antara stres selama kehamilan dan peningkatan risiko mengembangkan gangguan bayi, seperti ADHD dan autisme.

  • Mempengaruhi pertumbuhan bayi

Stres juga dapat mempengaruhi plasenta wanita hamil. Ketika wanita hamil mengalami stres, terutama pada trimester pertama, tubuh akan menghasilkan hormon stres kortisol. Jika kadar hormon stres yang berlebihan dapat memengaruhi kesehatan bayi karena dapat menembus membran melalui plasenta, pertumbuhan bayi akan terlalu cepat. Meskipun efeknya tidak selalu buruk, penting untuk mengurangi stres selama kehamilan sehingga bayi di dalam rahim dapat tumbuh secara normal dan berkembang.

  • Pasokan oksigen berkurang untuk janin

Ketika seorang wanita hamil merasa cemas, tubuhnya menghasilkan hormon stres yang dapat memengaruhi janin, yaitu epinefrin dan norepinefrin. Produksi berlebihan kedua hormon ini dapat menyebabkan pengetatan pembuluh darah dan mengurangi suplai oksigen ke rahim.

Cara Mengatasi Stres Saat Hamil

  • Curhat

Dengan bertukar pikiran dan perasaan, wanita hamil bisa merasa lebih baik. Katakan apa yang dikhawatirkan pasangan itu. Berbagi pengalaman dengan sesama wanita hamil juga dapat membantu.

  • Cukupi Istirahat

Wanita hamil harus beristirahat dan memiliki waktu khusus untuk diri mereka sendiri dan janin. Karena itu, cobalah tidur siang secara teratur. Selain itu, menyanyikan lagu-lagu untuk janin juga berguna sebagai ikatan penguat antara ibu dan bayi. Sejak berusia sekitar 23 minggu, bayi dalam kandungan bisa mendengar suara Anda, lho!

  • olahraga

Latihan ringan seperti berenang dan berjalan aman untuk dilakukan ibu hamil. Aktivitas ini dapat membantu meningkatkan mood. Jangan lupa untuk melakukan sedikit pemanasan.

  • Buat daftar kebutuhan

Jika Anda khawatir tentang masalah keuangan, buat semacam daftar prioritas. Pilih barang mana yang masih bisa dipinjam dari anggota keluarga dan barang mana yang harus dibeli saja. Ini bisa mengurangi rasa takut ibu.

  • Diet yang baik

Makanan sehat diperlukan untuk kesehatan fisik dan psikologis ibu dan janin. Cobalah mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3, protein, karbohidrat, vitamin dan mineral, seperti asam folat dan zat besi yang cukup. Juga sediakan setidaknya 1,5 liter air per hari. Jika perlu, Anda dapat meminta suplemen kehamilan yang direkomendasikan oleh dokter Anda.

  • relaksasi

Cobalah belajar teknik pernapasan dan meditasi. Juga berpikir positif untuk mencegah stres. Tertawa, bertemu teman, menonton film lucu, juga bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk bersantai.

Mungkin itulah penjelasan tentang "Bahaya Ibu Hamil Stres Bagi Janin" yang bisa kami sampaikan dalam kesempatan kali ini, Semoga apa yang sudah kami sampaikan diatas bisa bermanfaat bagi anda semua, Salam sehat dari kami :)

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : gawean-ruhiyat

KOMENTAR ANDA

Artikel Lainnya

Mengapa anda tidak ingin melihat berita ini ?

X
  • Ini mengganggu dan atau tidak etis
  • Tak seharusnya ada di Planet Merdeka
  • Spam